Sukses


3 Contoh Pidato Singkat dari Berbagai Topik Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi dalam menyatakan pendapat. Umumnya, pidato dibawakan terhadap hal tertentu yang penting dan harus diperbincangkan kepada orang banyak.

Pidato bertujuan untuk memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain. Sejak dulu pidato telah digunakan, baik dalam acara formal maupun tidak formal.

Pidato merupakan satu di antara teori dari pelajaran bahasa Indonesia. Itulah mengapa, generasi muda perlu tahu bagaimana berpidato yang baik.

Kemampuan berpidato secara baik suatu saat nanti akan sangat menolong dalam menjelaskan suatu hal yang berkaitan dengan bidang masing-masing.

Terdapat empat metode berpidato. Metode seperti impromptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan adalah cara yang sering digunakan.

Pidato yang disampaikan juga tidak harus selalu panjang lebar dan berlama-lama, asalkan hal yang menjadi poin utama sudah tersampaikan.

Dalam berpidato, kamu perlu memiliki keberanian dan kepercayaan diri agar orasi yang disampaikan baik serta membuat orang lain terpukau.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari referensi pidato dari beberapa topik, berikut ini contoh pidato singkat yang menarik, dirangkum dari laman InfoKekinian, Selasa (28/7/2020).

2 dari 4 halaman

1. Pidato Singkat tentang Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Para hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

 

Hadirin yang saya hormati

Menkonsumsi narkoba adalah satu di antara perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan,  perbuatan setan, dan sekaligus perbuatan keji yang harus dijauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tenteram tidak ada satu kejahatan pun.

 

Janganlah sekali-kali mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya, maka akan rugi seumur hidup. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

 

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa, mulai sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

 

Hadirin yang saya hormati

 

Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

3 dari 4 halaman

2. Pidato Singkat tentang Pendidikan

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Hadirin yang saya hormati

 

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat serta hidayahNya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

 

Hadirin yang berbahagia

Dalam mencari ilmu, Allah SWT pernah menguji para malaikat-malaikatNya bahwa ternyata tidak ada seseorang pun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah SWT. Sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipanNya. Bahkan malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu, kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apa pun yang kita miliki, tidak boleh sombong.

 

Hadirin yang saya hormati

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangat penting sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya, walau hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah SWT dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

 

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan diridai Allah SWT. Amin.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4 dari 4 halaman

3. Pidato Singkat tentang Kebersihan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

 

Hadirin yang saya hormati,

Pidato yang akan saya sampaikan kali ini menerangkan menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya. Jadi, marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

 

Hadirin sekalian,

Jika kita menjaga kebersihan lalu ditiru oleh anak-anak kita dan orang-orang dekat kita, maka kita pun akan mendapat manfaatnya. Oleh karenanya, mari ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas, dan suka berbuat kebaikan.

 

Dengan mengajarkan menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka bisa mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan, seperti kita ketahui di masa sekarang masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membiarkannya menjadi kotor.

 

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

Sumber: Infokekinian

Video Populer

Foto Populer