Sukses


5 Tanda-tanda Awal Kehamilan yang Perlu Kamu Ketahui Sejak Dini

Bola.com, Jakarta - Bagi setiap wanita, kehamilan adalah anugerah yang ditunggu-tunggu bersama sang suami. Memiliki buah hati akan membuat kehidupan berumah tangga lebih berwarna.

Untuk mengetahui apakah seorang wanita telah mengalami kehamilan dapat dilakukan dengan cara melakukan tes kehamilan, hal ini mungkin menjadi satu-satunya cara yang akurat untuk mengetahuinya.

Selain itu, ada berbagai cara lai untuk mengetahui bahwa wanita telah mengalami kehamilan, satu di antaranya adalah dengan melihat tanda-tandanya.

Ada beberapa tanda-tanda kehamilan pada seorang wanita yang dapat kamu lihat pada masa-masa awal, perubahan hormon saat hamil pada wanita dapat menimbulkan beberapa gejala.

Dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan ini, dapat meminimalkan risiko yang tidak diinginkan terjadi kepada sang ibu dan juga janin.

Berikut lima tanda awal kehamilan yang perlu kamu ketahui semenjak dini, seperti dirangkum dari Live Science, Minggu (2/8/2020). 

2 dari 6 halaman

Telat Haid

Tanda awal kehamilan yang paling umum dan sering terjadi adalah seorang wanita mengalami keterlambat masa haid mereka.

Jika kamu telah melakukan hubungan seks, dan tidak mengalami haid selama lebih dari satu minggu sejak tanggal atau periode yang seharusnya, bisa saja itu menjadi tanda kamu telah mengalami kehamilan.

Terlambatnya haid dapat kamu jadikan sebagai tanda awal bahwa pembuahan sedang terjadi di dalam perut dan akan segera berubah menjadi bakal janin.

Hormon HGC yang terlepas dari tubuhmu saat kehamilan awal juga memberikan tanda kepada indung telur, untuk tidak memproduksi sel telur, sehingga tidak ada  tidak ada sel telur yang luruh menjadi darah haid.

3 dari 6 halaman

Perubahan Payudara

Enam minggu setelah siklus menstruasi yang terlewat atau dua minggu setelah pembuahan, seorang wanita mungkin memperhatikan bahwa payudaranya terasa lebih penuh, dan putingnya mungkin lebih sensitif.

Selain itu saat wanita mengalami kehamilan, akan muncul garis-garis urat pada area payudara, dan bagian puting juga akan berubah warna menjadi lebih gelap.

Ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon progesteron dan estrogen, serta peningkatan aliran darah ke daerah sekitar payudara, yang terjadi saat masa kehamilan.

 

 

4 dari 6 halaman

Tubuh Mudah Lelah

Seorang wanita yang mengalami kehamilan, akan memiliki tanda awal berupa mudahnya merasa lelah, dan kurang memiliki energi ketika melakukan kegiatan.

Kelelahan sangat umum terjadi pada periode pertama kehamilan, serta selama beberapa bulan terakhir sebelum melahirkan. Ini kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron pada awal kehamilan.

Namun tidak perlu khawatir, karena tanda ini adalah hal yang wajar terjadi, bahkan sistem imun wanita hamil juga akan ikut melemah selama masa kehamilan, yang membuat mereka menjadi mudah lelah.

5 dari 6 halaman

Mual dan Muntah

Tanda awal kehamilan slenjutnya adalah, wanita akan merasa sering mual dan ingin muntah, khususnya di pagi hari ketika baru saja bangun dari tidur.

Wanita mungkin mulai merasa mual di perut mereka antara minggu keenam dan 12 kehamilan, dan beberapa wanita mungkin mulai merasa lega pada minggu ke 14.

Tidak perlu khawatir, tanda ini juga merupakan gejala yang umum terjadi pada ibu hamil, dan akan segera mereda seiring bertambahnya usia kehamilan.

6 dari 6 halaman

Sering Buang Air Kecil

Mulai memasuki enam minggu usia kehamilan, wanita hamil akan mengalami sering buang air kecil, tanda ini merupakan hal yang sering tidak disadari oleh banyak wanita hamil.

Padahal di lain sisi, tanda ini merupakan tanda yang paling awal terjadi pada wanita hamil, tanda ini akan hilang dengan sendirinya setelah janin mengalami pembuahan.

Itu semua terjadi karena, saat wanita mengalami kehamilan, perubahan hormon membuat kendung kemih menjadi lebih sensitif dan sulit untuk menahan buang air kecil.

Sumber: Live Science

Video Populer

Foto Populer