Sukses


7 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Redakan Maag dan Perut Kembung

Bola.com, Jakarta - Kunyit merupakan satu di antara tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu masak. Tanaman yang masuk kategori rempah-rempah ini cukup populer di Amerika Tengah dan Asia, termasuk Indonesia.

Tak hanya sebagai penyedap maupun pewarna masakan, kunyit juga dapat digunakan sebagai obat-obatan alami.

Kunyit memiliki warna kuning pekat karena mengandung kurkumin. Itu merupakan bahan aktif yang memiliki efek anti-peradangan.

Kunyit juga dapat menambah daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Menurut dokter di UCLA, kurkumin dalam kunyit dapat memblokir enzim yang mendorong pertumbuhan kanker di kepala dan leher.

Pusat Medis Universitas Maryland juga meneliti bahwa sifat antioksidan kurkumin mampu memerangi radikal bebas sehingga terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Di sisi lain, kunyit juga dianjurkan bagi yang ingin diet untuk menurunkan berat badan guna terhindar dari diabetes dan obesitas.

Kurkumin kunyit dapat menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak, dan otot. Hal itu dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Kunyit juga memiliki zat yang mampu larut dalam lemak.

Kunyit banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Jika tak ingin repot memarut dan tangan menguning, Anda bisa membeli kunyit yang telah berbentuk bubuk atau yang sudah diolah menjadi jamu.

Berikut ini manfaat kunyit, seperti dirangkum dari hellosehat dan Healthline, Selasa (4/8/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

1. Meredakan peradangan

Kurkumin dalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Ada kurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yang diparut halus atau versi bubuknya.

Kurkumin diyakini bekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara, meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

Hasij uji praklinis dari The AAPS Journal melaporkan khasiat kunyit yang menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait peradangan. Mulai kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan diabetes.

2. Mengobati maag

Kunir sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, tidak ada salahnya menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan nyeri.

Penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek kurkumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

3. Mengempiskan perut kembung

Buang gas (kentut) terlalu sering merupakan tanda penceraan Anda tidak baik-baik saja. Gejala tersebut juga menjadi tanda Anda mengalami perut kembung.

Kurkumin dalam kunyit dapat membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Kuyit juga sekaligus membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

4. Meredakan gejala IBS

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah peradangan usus besar yang menyebabkan masalah BAB jangka panjang. Jika peradangan tersebut membuat kontraksi usus terlalu sering mengejang, akibatnya adalah diare kronis. Sebaliknya, jika peradangan membuat otot usus jadi jarang berkontraksi, akibatnya justru sembelit kronis.

Menurut sejumlah penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018, mengonsumsi kunyit dapat mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh gejala IBS.

5. Meredakan nyeri haid

Kandungan kunyit dalam jamu kunir asam juga dapat membantu meredakan nyeri haid bagi perempuan. Kandungan kurkumin memiliki khasiat pereda nyeri alami (analgesik) yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut keram.

Selain itu, kurkumin juga mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim dan mengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menciptakan rasa sakit dan peradangan.

6. Menurunkan berat badan

Selain menekan peradangan dalam sel tubuh, kurkumin kunyit juga dapat membantu mengurasi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnya akibat berat badan berlebih.

Namun, manfaat kunyit ini bisa Anda peroleh jika mengombinasikannya dengan asam jawa. Sebab dikonsumsi sendiri, kunyit lambat diserap ke dalam darah, tetapi lebih cepat dipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya.

7. Mengobati mual

Kunyit yang diracik dengan bumbu lada hitam manjur untuk meredakan mual. Sebuah studi dalam jurnal Food tahun 2017 membuktikan bahwa menambahkan lada hitam membantu manfaat rempah kuning ini lebih terasa maksimal.

Setelah dikonsumsi, kandungan kurkumin dalam kunyit lambat diserap ke dalam aliran darah. Ini yang membuat Anda bisa kehilangan khasiat dari kunyit itu sendiri.

Penelitian tersebut menunjukkan piperin dalam lada hitam dapat meningkatkan penyerapan kurkumin sampai 2.000 persen lebih cepat ke dalam darah.

 

Sumber: Hellosehat dan Health Line

Video Populer

Foto Populer