Sukses


8 Manfaat Kesemek untuk Kesehatan, Buah Genit Kaya Gizi

Bola.com, Jakarta - Buah kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, meski kurang populer di Indonesia. Buah berwarna oranye ini biasa dijajakan dengan balutan serbuk seperti bedak putih.

Hal inilah yang kemudian membuatnya dijuluki sebagai buah genit. Selain penampilannya, buah kesemek juga punya cita rasa unik.

Buah ini punya rasa yang sepat di lidah ketika dikonsumsi. Namun, setelah direndam selama seharian di air kapur, rasanya berubah jadi lebih nikmat.

Kesemek merupakan buah asli China yang telah ditanam sejak ribuan tahun lalu.

Meski berukuran relatif kecil, buah kesemek memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Menurut Healthline, buah kesemek atau Japanese Persimmon mengandung senyawa tanin, kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, tembaga, dan mangan.

Buah kesemek juga mengandung vitamin B6 yang berperan sebagai pyridoxine, serta menjadi sumber vitamin B1, folat, dan fosfor. Semua kandungan tersebut tentu sangat diperlukan oleh kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang perlu kamu diketahui, dirangkum dari Healthline dan Hellosehat, Selasa (4/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kesemek untuk Kesehatan

1. Mencegah kanker

Buah kesemek mengandung banyak sekali antioksidan. Kandungan ini berguna untuk menjadi antikanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas.

Selain itu, kandungan antioksida yang ada dalam buah kesemek juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Senyawa fenolik, vitamin A, dan vitamin C yang terkandung dalam kesemek cukup tinggi sehingga berguna untuk mencegah banyak jenis kanker.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan satu di antara penyakit kronis yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Untuk mencegah penyakit jantung, seseorang dianjurkan rajin mengonsumsi berbagai aneka sayuran dan buah-buahan segar, termasuk kesemek.

Menurut Healthline, kandungan flavonoid dalam kesemek bisa memelihara kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol jahat (LDL) sehingga seseorang yang rajin mengonsumsinya akan terhindar dari serangan jantung maupun penyakit jantung koroner.

3. Menjaga kesehatan mata

Buah kesemek mampu mendukung kesehatan penglihatan. Hal itu dimungkinkan karena tingginya kandungan vitamin A di setiap satu buah kesemek yang dikonsumsi.

Vitamin A merupakan satu di antara komponen penting dari rhodopsin, yaitu protein yang dibutuhkan tubuh untuk dapat melihat secara normal. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin dalam buah kesemek bisa mengurangi risiko penyakit mata tertentu, termasuk degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah penyakit mata yang menyerang retina dan bisa menyebabkan kebutaan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kesemek untuk Kesehatan

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah kesemek memiliki manfaat penting bagi sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam askorbatnya mampu memenuhi 80 persen kebutuhan harian vitamin C harian.

Bahkan, diketahui kesemek adalah satu di antara buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Dalam Journal of Food Quality menyatakan bahwa vitamin C mampu merangsang sistem kekebalan tubuh.

Hal ini mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang menjadi tameng tubuh dari infeksi mikroba, virus, jamur, dan racun sehingga tidak gampang sakit.

5. Membantu program diet

Manfaat selanjutnya dari buah kesemek mampu membantu kamu yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Buah ini bisa menjadi alternatif yang dapat diandalkan.

Kamu bisa menyajikan kesemek ke salad buah, yoghurt, dan oatmeal, atau dimakan secara langsung sebagai menu diet. Kandungan lemak dalam buah kesemek hanya 0,19 gram.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah kesemek merupakan sumber serat yang sangat baik untuk tubuh. Adanya kandungan serat pada kesemek membuat buah satu ini baik untuk merawat fungsi sistem pencernaan dan mencegahnya dari gangguan pencernaan seperti diare, radang usus, dan sembelit.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa serat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kesemek untuk Kesehatan

7. Mencegah penuaan dini

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan polifenol dalam buah kesemek ampuh mencegah kerusakan oksidatif sel kulit. Di samping itu, kandungan vitamin C dan beta karoten pada buah kesemek diklaim membantu kulit agar tetap kencang, lembut, dan bercahaya.

Kandungan antioksidan dalam kesemek juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya tetap terlihat awet muda.

8. Mengatasi stres

Kandungan buah kesemek bisa membuat kamu lebih rileks dan menjaga suasana hati. Kandungan gula dan potassium yang ada dalam buah kesemek berfungsi meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh sehingga tubuh senantiasa penuh energi dan tidak mudah lelah, yang mana keduanya menjadi satu di antara pemicu timbulnya perasaan stres.

 

Sumber: Healthline, Hellosehat

Video Populer

Foto Populer