Sukses


5 Manfaat Jahe bagi Kesehatan, Redakan Nyeri Otot dan Kurangi Kolesterol Jahat

Bola.com, Jakarta - Jahe merupakan tanaman herba yang kerap dijadikan sebagai bahan masakan maupun obat alami untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan.

Tanaman herba ini telah digunakan sebagai obat alami semenjak berabad-abad dahulu. Jahe tumbuh subur di negara tropis, seperti Indonesia, dan dibudidayakan di berbagai daerah.

Jahe memiliki berbagai senyawa kimia yang dipercaya banyak orang dapat menyembuhkan atau meredakan berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, penggunaan jahe sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit memiliki lebih sedikit efek samping daripada penggunaan obat kimia.

Jahe memiliki aroma yang cukup khas jika diseduh dengan air panas. Rasanya yang sedikit pedas dan kuat, membedakannya dengan tanaman herba yang lain.

Anda bisa mendapatkan manfaat jahe dengan cara mencampurkannya dengan masakan atau menyeduh bubuk ekstrak jahe secara rutin setiap hari.

Lalu sebenarnya apa manfaat dari tanaman herba yang satu ini? Berikut lima manfaat jahe bagi kesehatan, seperti dirangkum dari Healthline, Kamis (6/8/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Mencegah Kanker

Penyakit kanker dapat muncul karena radikal bebas yang bisa menyebabkan rusaknya sel di dalam tubuh dan menumbuhkan sel kanker.

Jahe menjadi satu di antara obat alami untuk mencegah kanker. Hal inniu karena jahe mengandung sifat antioksidan.

Sifat antioksidan yang terdapat di dalam jahe dapat membantu tubuh menghalau radikal bebas yang dapat menumbuhkan sel kanker sehingga tubuh akan aman dari pertumbuhan penyakit mematikan ini.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, seduhlah jahe mentah yang masih dalam keadaan segar dengan air panas plus madu alami.

3 dari 6 halaman

Mencegah Morning Sickness

Kondisi mual dan mengalami muntah atau morning sickness sering kali dialami oleh wanita hamil di masa-masa awal kehamilan.

Keadaan ini dapat terjadi karena perubahan metabolisme tubuh yang diakibatkan oleh pembuahan yang terjadi di dalam kandungan. Gejala ini dapat dikurangi dengan mengonsumsi jahe.

Akan tetapi, seperti yang diketahui, ibu hamil tidak dapat sembarangan mengonsumsi obat, meski itu obat herba. Untuk mengonsumsinya, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

4 dari 6 halaman

Meredakan Nyeri Otot

Nyeri otot dapat disebabkan karena berbagai hal, satu di antaranya diakibatkan karena aktivitas berolahraga yang menyebabkan otot keram.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, mengonsumsi ektrak jahe secara rutin selama kurang lebih 11 hari dapat meredakan nyeri otot yang Anda alami.

Jahe memang tidak berdampak langsung dengan penyembuhan neyri radang yang dialami, namun jahe dapat meredakan dan memberi efek tenang kepada otot.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Osteoartritis

Osteoartritis adalah peradangan sendi yang diakibatkan oleh rusaknya tulang rawan karena cedera, obesitas, atau penuaan dini.

Menurut sejumlah penelitian yang diterapkan kepada beberapa orang, menyebutkan bahwa gejala osteoartritis dapat dikurangi dengan mengonsumsi ekstrak jahe.

Tidak hanya dapat dikonsumsi saja, meredakan gejala osteoartritis juga dapat menggunakan minyak ekstrak jahe yang dioleskan ke daerah yang terasa sakit.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan, satu di antaranya munculnya penyakit jantung.

Makanan yang Anda konsumsi setiap harinya dapat sangat berpengaruh dengan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga menjaga asupan makanan pun menjadi sesuatu hal yang wajib dilakukan.

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi ekstrak jahe secara rutin setiap harinya. Itu karena jahe mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar LDL.

 

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer