Sukses


5 Manfaat Temulawak bagi Kesehatan, Mengatasi Masuk Angin dan Masalah Pencernaan

Bola.com, Jakarta - Temulawak merupakan satu di antara tanaman herba khas Indonesia yang terbukti ampuh untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tanaman herba yang memiliki nama latin curcuma xanthorrhiza ini oleh masyarakat Indonesia seringkali dijadikan sebagi obat alami dalam bentuk jamu.

Dalam penggunaannya, temulawak sering dimanfaatkan dalam berbagai bentuk, ada yang berupa ekstrak bubuk maupun ekstrak berbentuk krim untuk wajah.

Pada awalnya temulawak tumbuh di hutan-hutan yang memiliki tanah kering atau banyak alang-alang, hingga pada akahirnya dibudidayakan oleh masyarakat karena khasiatnya.

Ada banyak kandungan nutrisi dalam temulawak, beberapa di antaranya adalah protein, lemak, serat, dan juga kurkumin.

Selain itu tumbuhan yang sering dijadikan minuman energi ini juga memiliki beberapa kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan.

Untuk mendapatkan temulawak dalam berbagai bentuk pun juga mudah, Anda dapat membelinya di berbagai pusat perbelanjaan atau pasar tradisional.

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari tanaman herba ini.

Berikut lima manfaat temulawak bagi kesehatan, seperti disadur dari Merdeka, Kamis (6/8/2020)

2 dari 6 halaman

Obat Jerawat

Tidak banyak yang menyangka, temulawak yang biasanya dijadikan sebagai obat untuk kesehatan atau minuman energi, dapat membantu untuk mengobati jerawat.

Kandungan sifat astringent dalam temulawak terbukti ampuh melawan jerawat membandel yang sering muncul di wajah.

Hal itu karena astringent dalam temulawak bekerja mengurangi pertumbuhan minyak di kulit wajah, yang biasanya menjadi satu di antara penyebab munculnya jerawat.

Temulawak juga mengandung antiseptik yang bertugas untuk melawan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat di kulit.

3 dari 6 halaman

Mengatasi Masalah Pencernaan

Selain membantu mengobati jerawat membandel pada kulit, temulawak ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan yang sering dialami banyak orang.

Terdapat sebuah studi yang meminta beberapa pasien yang memiliki gangguan pencernaan untuk mengonsumsi ekstrak temulawak secara rutin setiap hari selama satu minggu.

Hasilnya, gangguan yang dimiliki lebih cepat hilang daripada mereka yang tidak mengonsumsi temulawak sama sekali.

Hal itu karena temulawak membantu merangsang empedu untuk memproduksi cairan empedu, yang berguna untuk memperlancar metabolisme pencernaan.

4 dari 6 halaman

Membantu Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin menjadi sebuah penyakit yang paling umum terjadi dan dirasakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Penyakit ini biasanya memiliki gejala seperti perut kembung dan suhu badan panas.

Mayoritas orang yang terserang masuk angin biasanya juga akan merasa kedinginan dan mual hingga muntah-muntah.

Untuk meredakannya bisa menggunakan temulawak. Temulawak berkhasiat mengurangi gejala masuk angin seperti mual-mual dan memberikan efek hangat pada tubuh.

5 dari 6 halaman

Mengatasi Peradangan Sendi

Peradangan yang terjadi pada sendi dapat diakibatkan oleh berbagai hal, seperti obsesitas atau kelebihan berat badan serta penuaan dini.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan kepada orang yang mengalami peradangan sendi, temulawak bekerja sama baiknya dengan efekibuprofen, yang bertugas mengurangi rasa sakit pada sendi.

Untuk mendapatkan manfaat dan hasil terbaik, konsumsilah ekstrak temulawak segar yang diseduh dengan air hangat setiap hari secara rutin.

6 dari 6 halaman

Antijamur dan Antibakteri

Manfaat temulawak berikutnya adalah sebagai obat antijamur dan antibakteri, yang membuat temulawak secara efektif dapat membasmi jamur dan bakteri di dalam tubuh.

Kandungan antibakteri pada temulawak terbukti melawan bakteri jahat, khususnya staphylococcus dan salmonella. Sedangkan antijamurnya efektif menangkal jamur golongan dermatofita.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Vinna Wardhani. Published: 6/3/2020 )

Video Populer

Foto Populer