Sukses


6 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan, Kaya Protein dan Cegah Diabetes

Bola.com, Jakarta - Susu kedelai adalah satu di antara minuman menyehatkan yang berasal dari sumber makanan nabati, dan sering dijadikan alternatif pengganti susu sapi.

Susu jenis ini terbuat dari kacang kedelai yang diambil sarinya dengan cara diblender atau tumbuk, lalu dicampurkan dengan air dan direbus hingga matang.

Karena terbuat dari sumber non-hewani, susu kedelai bebas dari kandungan kolesterol dan berprotein cukup tinggi.

Bagi mereka yang alergi dengan mengonsumsi susu sapi, susu kedelai dapat menjadi pengganti yang pas karena memiliki manfaat yang sama baiknya.

Kamu dapat membeli susu kedelai diberbagai pusat perbelanjaan, atau  juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah, dengan berbagai cara dan resep yang dapat kamu cari di internet.

Susu kedelai paling cocok dikonsumsi saat sarapan tiba, karena dapat memberikan energi bagi tubuh yang akan melakukan aktivitas di sepanjang hari.

Berikut enam manfaat susu kedelai bagi kesehatan, yang dapat kamu konsumsi secara rutin setiap hari, seperti disadur dari Liputan6, Sabtu (8/8/2020).

 

 

2 dari 4 halaman

Cegah Penyakit Jantung

Cegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat muncul karena berbagai hal, satu di antaranya adalah makanan yang kita konsumsi dan mengandung banyak kolesterol jahat.

Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya protein, dapat membantu seseorang menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang menumpuk di tubuh.

Selain itu mengonsumsi susu kedelai secara rutin juga dapat membantu mengurangi peradangan, yang biasanya juga merupakan penyebab penyakit jantung.

 

Cegah Diabetes

Di dalam susu kedelai mengandung zat yang bernama isoflavon, yang dipercaya dapat menghindarkan seseorang terkena penyakit diabetes karena kadar gula yang terlalu tinggi di darah.

Isoflavon bertugas meningkatkan kinerja insulin, mengatur kadar gula di dalam darah, sehingga dapat menurunkan risiko seseorang terkena diabetes.

3 dari 4 halaman

Kaya Protein

Kaya Protein

Susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang tinggi, setiap cangkir susu kedelai yang tidak diberi pemanis buatan, mengandung sekitar 7 gram protein.

Hal tersebut hampir setara dengan susu sapi yang terkenal kaya kandungan proteinnya, yang dalam segelas mengandung kurang lebih 8 gram - 9 gram protein.

Protein ini berfungsi menambah energi pada tubuh manusia, sehingga aktivitas yang dilakukan sehari-hari lebih berenergi dan lancar.

 

Tinggi Kalsium 

Tak hanya susu sapi yang tinggi kandungan kalsiumnya, susu kedelai yang terbuat dari sumber makanan non-hewani juga mengandung tinggi kalsium.

Mengonsumsinya secara rutin dapat memenuhi asupan kalsium bagi tubuh setiap harinya, yang berguna menjaga kesehatan tulan dan juga gigi.

4 dari 4 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai mengandung nutrisi dan serat yang cukup tinggi. Susu yang terbuat dari sari kacang kedelai ini sangat cocok bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan mengandung serat membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan terus mengonsumsi makanan.

Mengkombinasikan susu kedelai dengan berbagai menu diet yang kaya protein dapat sangat membantu menurunkan berat badanmu.

 

Menyehatkan Kulit

Susu kedelai mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan kulit wajah maupun kulit tubuh.

Sifat anti-inflamasi pada susu kedelai dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak permukaan kulit, sedangkan antioksidannya dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel kulit.

 

Disadur dari: Liputan6 (Penulis: Anugerah Ayu Sendari ,Editor: Septika Shidqiyyah ,Published: 22/4/2020 )

Video Populer

Foto Populer