Sukses


Selain Menurunkan Kolesterol Jahat, Ini 8 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Daun salam merupakan satu di antara herbal yang sering dipakai dalam masakan Indonesia. Daun tersebut memiliki nama latin Syzygium Polyanthum.

Tak hanya melezatkan makanan, daun salam juga bermanfaat untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Satu di antaranya untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan sampai berat.

Daun salam juga dapat digunakan dalam kondisi segar maupun yang sudah dikeringkan sama-sama memiliki manfaat yang besar.

Daun salam memiliki kandungan vitamin cC, vitamin A, zat besi, kalsium, dan caffeic acid. Beberapa kandungan tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, berikut Bola.com merangkum manfaat daun salam bagi kesehatan dikutip dari dan klikdokter, Minggu (9/8/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

1. Bikin Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman bagi banyak orang. Selain meningkatkan kepercayaan diri, berat badan yang ideal juga dapat mencegah terjadinya obesitas. Anda bisa menjaga berat badan dengan mengonsumsi air rebusan daun salam setiap pagi hari selepas bangun tidur.

2. Mengobati Diabetes

Bagi Anda yang memiliki diabetes, daun salam adalah bahan alami yang ampuh mengatasi masalah diabetes. Senyawa zat polifenol dalam daun salam berperan sebagai antioksidan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Anda bisa meminum air rebusan daun salam secara rutin.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ terpenting guna memompa aliran darah, sehingga wajib dijaga kesehatannya. Penyakit jantung bisa menyebabkan kematian. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun salam untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, jantung koroner, hingga stroke.

4. Memutihkan Gigi

Sebagian besar orang memiliki keluhan dan kurang percaya diri karena memiliki gigi berwarna kekuningan. Bahkan kebanyakan dari mereka rela melakukan berbagai cara untuk memutihkan gigi dengan bahan kimiawi dan perawatan dokter yang mahal.

Namun sebenarnya, memutihkan gigi bisa dilakukan secara alami dengan rajin meminum air rebusan daun salam. Caranya, keringkan daun salam dengan dijemur. Setelah itu, hancurkan daun yang sudah kering dengan perasan jeruk lemon. Gunakan ramuan tersebut dengan cara disikat atau menggosokan pada gigi.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

5. Membunuh Sel Kanker

Setiap orang yang sering beraktivitas di luar rumah berisiko terkena radikal bebas. Padahal, radikal bebas adalah salah satu penyebab pertumbuhan sel kanker.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun salam. Manfaat ini dikarenakan ramuan daun salam dapat menghambat dan membunuh pertumbuhan sel kanker karena adanya senyawa antioksidan cukup tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Memiliki rambut sehat, kuat, dan cantik merupakan idaman bagi banyak orang, khususnya kaum wanita. Anda bisa memiliki rambut sehat dan kuat dengan menggunakan ramuan daun salam.

Caranya, panaskan daun salam yang dicampur dengan minyak zaitun atau minyak kemiri selama beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa menggosokannya pada rambut dalam keadaan hangat.

7. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan asin, Anda perlu meminum daun salam. Makanan dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Daun salah akan bekerja untuk mengurangi urease, yakni enzim yang berlebihan penyebab batu ginjal. Kandungan mineral dalam air rebusan daun salam juga mampu mencegah pembentukan batu ginjal.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun salam mengandung berbagai macam vitamin, satu di antaranya vitamin c. Seperti yang telah diketahui, vitamin C dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Boleh saja jika Anda ingin mengonsumsi daun salam sebagai upaya pencegahan atau pengobatan suatu penyakit, tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan, ya! Agar hasilnya optimal, kombinasikan juga dengan pola hidup sehat.

 

Sumber: Klikdokter

Jelang Restart Shopee Liga 1 2020, Jangan Lewatkan Half Time Show Live Senin 28 September

Video Populer

Foto Populer