Sukses


8 Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan, Mengatasi Mimisan hingga Menyehatkan Jantung

Bola.com, Jakarta - Daun sirih termasuk tanaman yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Anda dengan mudah menemukan daun sirih di manapun.

Daun sirih merupakan tanaman kaya khasiat. Daun sirih secara tradisional sering dimanfaatkan untuk pengobatan.

Daun sirih yang termasuk keluarga tanaman Piperaceae ini berwarna hijau gelap dan berbentuk hati. Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang tumbuh merambat dan mengandung banyak air. 

Sekitar 85-90 persen daun sirih terdiri dari air. Di Indonesia, daun sirih kerap digunakan untuk menginang, khususnya oleh para lansia.

Tidak jarang para lansia dengan kebiasaan menyirih mempunyai susunan gigi yang masih utuh dan kuat, meski sudah usia senja.

Tanaman merambat yang bisa mencapai tinggi 15 m ini mempunyai beberapa kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, seperti kandungan flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri.

Daun ini juga mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, dan sumber kalsium yang baik.

Berikut ini beberapa khasiat yang bisa dirasakan bila Anda mengonsumsi daun sirih, dirangkum dari Klik Dokter dan Hello Sehat, Rabu (12/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

1. Bersifat antikanker

Manfaat pertama yang didapat dari daun sirih berguna sebagai agen antikanker. Daun sirih mengandung sejumlah phytochemical (bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan), yang memiliki manfaat melawan kanker.

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan yang terkandung mampu menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

Cukup dengan merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit, saring, kemudian bisa tambahkan madu. Mengunyah daun sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur.

2. Mengobati gusi berdarah

Bagi Anda yang memiliki masalah gusi sensitif, menggunakan daun sirih dipercaya dapat meredakan pendarahan akibat peradangan gusi. Daun sirih memiliki kandungan saponin, tanin, kalsium, dan fosfor untuk mengatasinya.

3. Mengobati mimisan

Sebagian dari Anda mungkin sudah akrab dengan manfaat daun sirih satu ini. Ya, daun sirih mampu menyembuhkan mimisan.

Kandungan antioksidan tannin yang ada dalam daun sirih bisa mempercepat respons tubuh untuk menyembuhkan luka. Dengan begitu, pembekuan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

Dalam sebuah Phyto Journal menyatakan bahwa daun sirih juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makin kuat daya tubuh Anda, akan makin cepat luka atau peradangan bisa sembuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

4. Obat batuk

Rebusan daun sirih merah dipercaya mampu meringankan batuk. Kandungan vitamin B dan C serta alkaloid yang ada dalam daun sirih bisa meredakan peradangan di tenggorokan penyebab batuk dan tenggorokan gatal.

Untuk mengobati batuk, Anda bisa mengolah daun sirih dengan menyiapkan lima lembar daun sirih yang telah dicuci, lalu rebus sekitar 15-20 menit. Minum satu kali dalam sehari.

5. Mengobati gatal

Manfaat selanjutnya dari daun sirih adalah mampu mengobati gatal pada kulit. Rebusan daun sirih dapat mengatasi gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga atau alergi lain.

Anda bisa segera merebus 20 -30 lembar daun sirih. Gunakan rebusan daun sirih ini untuk mandi.

Dengan begitu, rasa gatal akibat serangga maupun alergi pada kulit bisa berkurang bahkan reda.

6. Menjaga saluran pencernaan

Daun sirih hijau diketahui dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai hal.

Daun sirih sangat efektif untuk mengurangi nyeri lambung, meredakan gejala GERD, dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya.

Selain itu, daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme saluran cerna untuk bekerja lebih baik lagi ketika membuang semua materi limbah yang ada dalam tubuh.

Menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung. Hal ini tentu membantu memudahkan kerja sistem pencernaan Anda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

7. Menyehatkan jantung

Bentuk daun yang seperti hati seakan-akan mencerminkan manfaat daun sirih itu sebagai tanaman yang dapat menyehatkan jantung. Daun sirih dapat menguatkan organ vital tersebut sekaligus mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan ketidakteraturan irama jantung.

8. Mengobati mastitis

Daun sirih dapat mengobati penyakit mastitis. Mastitis adalah kondisi peradangan pada payudara ibu menyusui yang ditandai dengan bengkak, merah, dan terasa hangat saat diraba.

Jika tidak ditangani secara serius, mastitis bisa mengakibatkan infeksi. Daun sirih memiliki kandungan senyawa antibakteri yang dapat menghambat beberapa jenis bakteri seperti staphylococcus aureus.

Jenis bakteri ini merupakan satu di antara bakteri penyebab terjangkitnya mastitis.

 

Sumber: Klik Dokter, Hello Sehat

Video Populer

Foto Populer