Sukses


9 Manfaat Lemon bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Lemon merupakan satu di antara jenis buah-buahan yang cukup digemari di berbagai penjuru dunia. Lemon memiliki rasa asam yang khas.

Kendati rasanya asam, lemon bisa membuat tubuh lebih sehat dan segar. Manfaat kesehatan satu di antara jenis jeruk ini tentu tak perlu diragukan lagi.

Ada beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda dapat dari meminum air lemon secara rutin.

Buah berwarna kuning segar ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin cukup tinggi. Lemon kaya akan vitamin C dan mengandung banyak zat kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang baik untuk kesehatan.

Lemon juga terkenal mampu mendetoks racun dari tubuh lantaran memiliki senyawa antioksidan yang kuat. Lemon memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sehingga dapat membantu proses diet.

Lemon cukup mudah ditemukan, namun harganya relatif lebih mahal ketimbang jeruk biasa. Lemon biasanya diolah menjadi jus, es teh lemon (lemon tea), infused water, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan alami lain yang baik untuk kesehatan, seperti madu, irisan jahe, kayu manis, kunyit, daun mint, mentimun, atau rempah lain, sesuai selera Anda.

Berikut sederet manfaat mengonsumsi lemon yang perlu Anda ketahui, dirangkum dari Healthline, Kamis (13/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Lemon bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah batu ginjal

Manfaat pertama dari mengonsumsi lemon adalah bisa mencegah timbulnya batu ginjal. Batu ginjal adalah kristal mineral yang membeku sehingga akan menyakitkan ketika hendak buang air kecil.

Biasanya, orang yang mudah terjangkit penyakit ini adalah mereka yang kebiasaan menahan buang air kecil dan kurang minum air putih. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat mencegah batu ginjal. 

Dengan mengonsumsi satu gelas jus lemon, bisa mencegah pembentukkan batu ginjal. Hal ini berkat senyawa asam sitrat yang akan meningkatkan volume buang air kecil dan meningkatkan pH urine.

2. Menurunkan berat badan

Lemon sudah terkenal efektif untuk menurunkan berat badan. Lemon kerap dijadikan menu diet oleh banyak orang.

Buah ini mampu melancarkan pencernaan sehingga lemak tidak terlalu menimbun dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat pektin yang ada dalam lemon dapat mudah larut di dalam perut sehingga akan meluruhkan lemah membandel dan menjadikannya sebagai cadangan energi.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Lemon sangat kaya kandungan vitamin C sama seperti jeruk. Vitamin C yang terkandung dalam lemon dapat membantu berbagai macam masalah pada kulit.

Mengonsumsi lemon dapat mengurangi kulit kering, kerutan pada kulit, dan kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari, khususnya pada kulit wanita. Jika kulit Anda kehilangan kelembaban, bisa menjadi kering dan cenderung keriput.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lemon bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Membantu sistem pencernaan

Mengonsumsi olahan lemon pada pagi hari dipercaya bisa mengatasi sembelit yang disebabkan oleh berbagai alasan. Sebagian orang mengonsumsi air lemon dalam keadaan hangat setelah bangun pada pagi, yang sangat membantu sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik.

Air lemon juga dapat mencegah penumpukan berbagai racun yang ada pada sistem pencernaan. Asam yang terkandung pada buah lemon dapat membantu tubuh untuk mengurai makanan. Sisa-sisa makanan pun bisa lebih cepat keluar.

5. Mengatasi jerawat

Manfaat selanjutnya dari lemon adalah bisa mengatasi jerawat. Bagian dalam dari buah ini bisa digunakan untuk menggosok wajah di bagian yang timbul jerawatnya.

Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi selama beberapa hari agar jerawat bisa segera hilang.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi lemon secara rutin bisa menjaga kesehatan jantung Anda. Lemon memiliki kandungan potasium yang bisa mengontrol tekanan darah tinggi, mengobati sakit kepala dan mual, serta mengurangi stres.

Menurut Journal of Nutrition and Metabolism, mengonsumsi lemon secara rutin diimbangin dengan olah raga, terbukti efektif menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Mengonsumsi lemon secara rutin juga akan membuat Anda memiliki risiko rendah terjangkit dari penyakit jantung dan stroke.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lemon bagi Kesehatan dan Kecantikan

7. Perawatan rambut

Tak hanya kesehatan kulit, manfaat lemon juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut. Kesehatan rambut menjadi satu di antara penunjang kepercayaan diri.

Anda bisa merawat rambut menggunakan cairan lemon yang bisa mengatasi ketombe, rambut rontok, dan masalah lainnya pada kulit kepala.

8. Menyegarkan napas

Banyak obat tradisional yang dibuat dari lemon dan dapat menghilangkan bau mulut. Bau mulut disebabkan berbagai hal, seperti bau bawang atau bau setelah memakan sesuatu.

Lemon dianggap merangsang air liur dan air untuk membantu mencegah mulut kering, yang dapat menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

Perawatan menggunakan lemon juga dapat dilakukan dengan mencampurkan air perasan dengan baking soda sebagai cairan pemutih gigi. Namun, perlu diingat, untuk tidak sering menggunakannya. Pasalnya, kandungan asam pada perasan jeruk lemon bisa berpotensi merusak email gigi.

9. Mencegah anemia

Lemon dikenal sebagai sumber vitamin C. Vitamin C yang tinggi dalam lemon bisa memaksimalkan penyerapan zat besi lebih baik untuk pencegahan terhadap anemia.

Kekurangan zat besi adalah faktor utama mengapa seseorang bisa terserang anemia.

 

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer