Sukses


10 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan, Cocok untuk Anak Gamers

Bola.com, Jakarta - Oatmeal merupakan makanan sarapan yang terdiri dari gandum dan cairan, seperti air, susu sapi atau susu nabati. Manfaat makan oatmeal menyehatkan tubuh karena penuh nutrisi dan serat.

Oatmeal terbuat dari gandung kering. Oat dianggap sebagai gandum utuh dengan sejumlah manfaat gizi. Anda bisa meningkatkan kandungan nutrisi dalam oatmeal dengan menambahkan buah-buahan.

Oatmeal sangat cocok untuk diet. Dalam secangkir oatmeal, Anda mendapatkan 150 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 3,56 gram lemak.

Kandungan tersebut sudah cukup untuk menyediakan energi yang dibutuhkan. Atas penjelasan tersebut, oatmeal dianggap sangat cocok untuk kalangan gamer.

Tak bisa dimungkiri, kalangan gamer kerap mengonsumsi makanan instan yang tak baik bagi kesehatan untuk mengisi tenaga.

Berikut ini manfaat oatmeal bagi kesehatan, seperti dirangkum dari Doktersehat, Kamis (13/8/2020).

2 dari 3 halaman

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

1. Antioksidan

Manfaat makan oatmeal yang pertama, yakni dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh karena makanan ini mengandung antioksidan tingkat tinggi.

Oatmeal secara khusus mengandung polifenol, yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Avenanthramides adalah jenis antioksidan yang ada hampir secara eksklusif di gandum.

2. Baik untuk diabetes

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan, yang dapat membantu meningkatkan respons insulin dan mungkin mengurangi gula darah.

Penderita diabetes tipe 2 dapat mengonsumsi oatmeal untuk membantu mengatur kadar gula darah, selama mereka tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanan.

3. Menyediakan banyak vitamin dan mineral

Manfaat makan oatmeal selanjutnya, yakni dapat mencukupi vitami dan mineral dalam tubuh. Oatmeal merupakan makanan kaya nutrisi yang mengandung banyak vitamin dan mineral, namun rendah kalori.

Mengonsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi dapat memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh sambil membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat.

4. Mengurangi kadar kolesterol

Makan oatmeal juga dapat mengurangi kadar kolesterol total. Ada beberapa bukti yang mendukung pernyataan bahwa manfaat oatmeal dapat mendukung kadar kolesterol sehat karena kandungan beta-glukannya.

5. Menyehatkan pencernaan

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur dengan air. Larutan ini dapat melapisi perut dan saluran pencernaan. Lapisan memberi makan bakteri baik dalam usus, yang meningkatkan tingkat pertumbuhan mereka, dan dapat berkontribusi pada usus yang sehat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

6. Menjaga berat badan

Oatmeal cocok untuk diet karena kaya akan serat larut, jadi orang cenderung merasa kenyang lebih cepat setelah memakannya daripada mengonsumsi makanan lain. Merasa kenyang dapat membantu mengontrol porsi makan dan mencapai tujuan penurunan berat badan.

Para peneliti melihat efek oatmeal pada nafsu makan menyimpulkan sarapan oatmeal membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan selama empat jam ke depan.

7. Mengurangi risiko asma

Asma adalah kondisi umum yang sering berkembang selama masa kanak-kanak. Ada beberapa bukti yang menunjukkan makanan tertentu dapat menjadi faktor risiko untuk mengembangkan penyakit asma, sementara yang lain dapat mengurangi risikonya.

Sebuah penelitian terhadap 3.781 anak-anak menyebutkan mereka yang makan gandum sebagai satu di antara makanan pertama mereka, lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit asma pada usia 5 tahun. Makanan lain yang dapat mengurangi risiko, termasuk:

  • Gandum
  • Gandum hitam
  • Sereal gandum
  • Ikan
  • Telur

8. Menghilangkan sembelit

Sembelit adalah masalah pencernaan yang sudah biasa memengaruhi hampir semua orang. Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga feses di saluran pencernaan tetap bergerak, yang dapat meredakan atau mencegah sembelit.

9. Menurunkan risiko kanker usus besar

Kanker usus besar mengerikan dan bisa sangat menyakitkan. Satu studi yang dikumpulkan oleh para peneliti di Inggris dan Belanda, menerbitkan bukti ada hubungan antara orang yang makan makanan tinggi serat (terutama dari biji-bijian dan sereal seperti gandum), dengan risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal.

Studi ini juga mencakup hampir 2 juta orang dan secara khusus menemukan untuk setiap tambahan 10 gram serat dalam makanan seseorang, ada pengurangan 10 persen dalam risiko mereka terkena kanker kolorektal.

10. Membantu mengatasi insomnia

Oatmeal adalah makanan sarapan, meski juga merupakan pilihan yang tidak biasa jika dimakan sebelum tidur. Orang Skotlandia merekomendasikan makan semangkuk oatmeal di malam hari untuk membuat Anda merasa baik dan mempercepat rasa kantuk.

 

Sumber: Doktersehat

Video Populer

Foto Populer