Sukses


Hindari 9 Makanan Penyebab Jerawat Ini agar Kulit Tetap Mulus

Bola.com, Jakarta - Satu di antara penyebab munculnya jerawat yang harus dihindari adalah konsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Beberapa jenis makanan tertentu memang bisa memicu munculnya jerawat, seperti makanan berminyak.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, seperti "gorengan", akan berdampak pada kulit.

Kondisi kulit dapat mencerminkan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Sering mengonsumsi makanan berminyak akan membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak dan bisa menyebabkan peradangan.

Seperti diketahui, jerawat merupakan gangguan pada kulit yang berkaitan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Hal tersebut menyebabkan peradangan dan penyumbatan pada pori-pori kulit.

Peradangan tersebut ditandai dengan munculnya benjolan kecil, yang terkadang berisi nanah, di atas kulit.

Jerawat bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, bagian atas dada, dan di mana terdapat kelenjar minyak terbanyak.

Lalu, jenis makanan apa saja yang wajib Anda hindari jika ingin bebas dari jerawat?

Berikut ini penjelasan singkat, sembilan jenis makanan penyebab jerawat, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (14/8/2020).

2 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Jerawat

1. Ayam

Ayam merupakan makanan favorit dan bisa dibilang telah menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Namun, ayam merupakan satu di antara pemicu munculnya jerawat.

Anda harus mengurangi konsumsi ayam untuk menjaga kulit wajah. Anda perlu mengatur pola konsumsi ayam sehari-hari agar jerawat tidak tumbuh. Jangan terlalu sering mengonsumsinya bila Anda menginginkan wajah yang bersih mulus.

2. Telur

Telur menjadi satu di antara sumber protein yang mudah didapat. Keistimewaan telur ini ternyata tidak dapat disarakan oleh semua orang. Sebagian orang justru merasakan reaksi, seperti jerawat bahkan bisul, setelah mengonsumsi telur.

Sama seperti ayam, Anda harus mengatur agar tidak terlalu sering mengonsumsi telur. Sebenarnya tidak ada larangan untuk mengonsumsinya, namun disarankan untuk tidak terlalu sering menyatapnya karena bisa memicu kehadiran jerawat.

3. Keju

Seperti kebanyakan makanan dalam kategori produk olahan susu, keju merupakan satu di antara bahan makanan penyebab timbulnya jerawat. Keju merupakan satu di antara produk olahan susu yang paling digemari.

Produk olahan susu ini dapat memicu kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak sehingga dapat menimbulkan jerawat. Mulai sekarang, Anda harus jeli dalam melihat dan memesan makanan.

3 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Jerawat

4. Susu

Makanan penyebab timbulnya jerawat selanjutnya adalah susu. Susu sapi sebenarnya terdiri dari hormon, dan produk yang dihasilkan dari susu sapi juga termasuk hormon-hormon ini serta pengawet lainnya yang dapat menyebabkan jerawat.

Jika memiliki kulit berminyak, susu mungkin menjadi musuh terbesar Anda.

Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara produk susu dan keparahan jerawat. Sebuah studi menyebutkan, orang dewasa yang sering mengonsumsi susu dan es krim, empat kali lebih tinggi memiliki risiko berjerawat.

Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

5. Cokelat

Cokelat sebagai satu di antara makanan penyebab timbulnya jerawat telah banyak dipercaya oleh masyarakat sejak dulu. Hal ini berkaitan dengan kandungan olahan cokelat yang banyak mengandung gula sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Peningkatan gula darah dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat. Mengonsumsi cokelat putih bisa menimbulkan jerawat karena bisa memicu panas dalam kulit.

6. Gula

Makanan penyebab timbulnya jerawat selanjutnya adalah gula. Semua hal yang lezat yang Anda jumpai sehari-hari, seperti kue, minuman manis, atau permen dapat meningkatkan tingkat insulin yang mengarah ke peradangan, yang membentuk jerawat.

Selain meningkatkan hormon penyebab jerawat, makanan dengan kandungan gula tinggi juga dapat merusak kerja kolagen dan elastin kulit sehingga kulit dapat turun elastisitasnya dan gejala penuaan bisa muncul lebih cepat.

Sebaiknya, perbanyak makan buah dan camilan yang mengandung pemanis alami untuk menjaga pori-pori tetap sehat.

4 dari 4 halaman

Makanan Penyebab Jerawat

7. Kacang

Produk-produk kacang dan olahannya juga menjadi makanan penyebab jerawat. Hal ini memang tidak berlaku pada setiap orang, namun kacang-kacang juga dapat merangsang minyak berlebih sehingga muncul jerawat.

Kacang menyebabkan produksi sebum meningkat sehingga bakteri pada kulit bisa berkembang menjadi jerawat.

Bagi sebagian orang, kacang merupakan satu di antara makanan penyebab jerawat yang wajib untuk dihindari. Kacang yang dimaksud adalah kacang tanah karena kacang tanah merupakan kacang yang paling umum ditemukan dalam makanan. Meski begitu, banyak juga orang yang sensitif terhadap jenis kacang lainnya.

8. Keripik Kentang

Makanan penyebab timbulnya jerawat berikutnya adalah keripik kentang. Keripik kentang ternyata memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng, dan roti juga memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang sebaiknya Anda hindari.

9. Gorengan

Makanan penyebab timbulnya jerawat yang sudah terkenal adalah gorengan. Makanan yang digoreng adalah makanan favorit semua orang, mulai ayam hingga kentang goreng.

Namun, mengonsumsi makanan yang digoreng berarti dapat menyebabkan kelebihan lemak, yang membuat kulit terilhat lebih kusam dan berkurang keelastisannya.

Gorengan dapat merusak nutrisi dan vitamin yang sangat penting bagi penampilan kulit dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Gorengan dan jerawat seperti menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan. Sudah banyak yang membuktikan konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak juga berpotensi meningkatkan produksi minyak pada wajah. Sebum yang berlebihan menjadi satu di antara penyebab timbulnya jerawat.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 20/10/2019)

 

Yuk, baca artikel lainnya tentang jerawat dengan mengunjungi tautan ini 

Video Populer

Foto Populer