Sukses


7 Manfaat Baby Oil untuk Wajah, Sehat dan Aman

Bola.com, Jakarta - Baby oil merupakan satu di antara produk perawatan yang biasanya digunakan oleh bayi. Namun, tak hanya baik untuk bayi, minyak serbaguna ini juga dapat dipakai orang dewasa untuk berbagai hal, termasuk wajah.

Baby oil adalah sejenis minyak mineral yang tidak memiliki bau ataupun warna. Sama halnya dengan petroleum jelly, baby oil adalah produk sampingan dari minyak yang sudah disuling atau melalui proses tertentu.

Kandungan baby oil terdiri dari 98 persen minyak mineral dan 2 persen zat pewangi.

Kandungan mineral oilnya mampu memberi manfaat menarik untuk kecantikan. Ini membuat banyak orang menggunakan manfaat baby oil untuk wajah sebagai produk alternatif.

Selain itu, baby oil juga aman dipakai untuk rambut, karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, ftalat, pewarna, dan aroma. Berikut Bola.com merangkum 7 manfaat baby oil untuk wajah dikutip dari SehatQ, Senin (17/8/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Wajah

1. Melembapkan kulit wajah

Baby oil memiliki kandungan yang dapat mengunci kelembapan kulit sehingga wajah akan terlihat lebih cerah, bercahaya, dan terhidrasi dengan baik. Anda akan terhindar dari kulit yang kering dan pecah-pecah. Untuk mendapatkan manfaat baby oil untuk wajah ini, oleskan pada wajah dengan cara menuangkan baby oil secukupnya pada telapak tangan.

Ingat, jangan terlalu banyak mengoleskannya pada wajah karena dapat berisiko menutup pori-pori kulit. Kemudian, tepuk-tepuk pada seluruh permukaan wajah Anda secara merata.

2. Menghapus make up

Bagi Anda yang ingin menggunakan make up remover tetapi lembut di kulit, baby oil mungkin bisa menjadi solusinya. Ya, manfaat baby oil untuk wajah berikutnya adalah menghapus make up yang menempel di wajah Anda. Cara menggunakan baby oil untuk membersihkan wajah sangat mudah. Tuangkan beberapa tetes baby oil ke bola kapas, lalu usap riasan wajah Anda secara lembut.

Jika sudah, bilas wajah Anda menggunakan air hangat dan keringkan kulit wajah dengan handuk. 

3. Menghilangkan noda di kulit wajah

Anda juga bisa menggunakan baby oil untuk menghapus noda di kulit wajah. Misalnya, jika wajah Anda tidak sengaja terkena coretan spidol atau tinta. Cara menggunakan baby oil untuk menghilangkan noda di kulit wajah sama seperti langkah menghapus make up dengan baby oil. 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Wajah

4. Menyamarkan kantung mata

Menyamarkan kantung mata yang menghitam atau bengkak juga menjadi salah satu manfaat baby oil untuk wajah. Cukup teteskan baby oil secukupnya pada area bawah mata dan pijat ringan menggunakan jari-jari tangan Anda selama kira-kira 2 menit. Lalu, bersihkan sisa-sisa minyak menggunakan kapas atau tisu. 

5. Sebagai scrub bibir

Baby oil diyakini dapat melembutkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Caranya, campurkan beberapa tetesan baby oil dengan perasan jeruk lemon segar dan ½ sendok teh gula pasir dalam sebuah mangkuk kecil, lalu aduk merata. Oleskan pada permukaan bibir Anda seraya digosok secara perlahan selama 3-4 menit untuk membuatnya lembut dan mendapatkan warna bibir pink alami. Anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin saat sedang tidak menggunakan lipstik. 

6. Merapikan bulu alis

Manfaat baby oil untuk wajah selanjutnya adalah merapikan bulu alis. Jika Anda memiliki bulu alis yang sulit untuk dirapikan, mungkin penggunaan baby oil bisa menjadi pilihannya. Baby oil bisa membantu membentuk alis sesuai yang Anda inginkan dan membuatnya tampak lebih rapi. 

Cara menggunakan baby oil untuk merapikan bulu alis adalah dengan menggunakan spoolie. Spoolie adalah sikat yang digunakan untuk merapikan alis, bentuknya mirip dengan aplikator maskara. Oleskan sedikit baby oil pada spoolie lalu aplikasikan sedikit eyeshadow atau maskara untuk mempertegas warna alis yang Anda inginkan. 

7. Sebagai pengganti krim cukur

Ternyata manfaat baby oil untuk wajah bisa digunakan sebagai pengganti krim cukur. Bagi sebagian pria, mencukur rambut di wajah harus dilakukan secara rutin guna menjaga penampilan. Namun, mencukur tanpa menggunakan krim cukur bisa menyebabkan kulit wajah iritasi.

Jadi, jika Anda kehabisan krim pencukur, gunakan baby oil sebagai solusinya. Caranya, cukup oleskan baby oil sebelum dan sesudah mencukur di area kulit wajah yang dicukur. Baby oil bisa membuat kulit lebih licin dan lembap. Hasilnya, kulit menjadi lebih mulus setelah dicukur. 

 

Sumber: SehatQ

Video Populer

Foto Populer