Sukses


6 Manfaat Salat Dhuha Bagi Umat Islam, Dapat Menggugurkan Dosa dan Diganjar Dengan Rumah di Surga

Bola.com, Jakarta - Islam adalah agama yang membawa rahmat dan selalu mengajarkan kebaikan bagi umatnya. Selain itu, Islam juga selalu mengajarkan toleransi kepada sesama manusia.

Untuk menjadi muslim yang beriman dan taat, kita haruslah selalu mengikuti perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan yang telah dibuatNya.

Satu di antara perintah Allah SWT bagi umat Islam yang harus selalu dikerjakan adalah salat, terdapat banyak jenis salat mulai dari salat wajib hingga salat sunnah.

Bahkan salat sunnah pun terdapat beberapa jenis, satu di antara jenis salat sunnah yang sering dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia adalah salat dhuha.

Salat dhuha adalah salat sunnah yang didirikan pada waktu pagi, waktu pelaksanaannya sendiri pada 20 menit setelah matahari terbit dan 10 menit sebelum waktu dzuhur.

Tata cara pelaksanaan salat dhuha pun sama dengan salat wajib lima waktu, diawali dengan wudhu dan dilanjutkan dengan salat minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Shalat dhuha sering dilakukan banyak umat muslim karena ingin mendapatkan keutamaan dan manfaatnya dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Lalu apa sebenanrnya manfaat dari salat dhuha? Berikut enam manfaat salat dhuha bagi umat Islam, seperti dirangkum dari Dalam Islam, Kamis (20/8/2020).

2 dari 4 halaman

Mendapatkan Pahala Seperti Bersedekah

Mendapatkan Pahala Seperti Bersedekah

Menjalankan salat dhuha memiliki nilai pahala yang sama dengan bersedekah. Sesdekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya.

Seorang muslim yang mendirikan salat dhuha akan mendapatkan pahala sebanyak persendiannya itu, seperti dalam hadis Rasulullah yang berbunyi: 

"Di setiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah ) adalah sedekah,s etiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha sebanding dengan pahala semua itu"

Dicukupi Dalam Kebutuhannya

Salat dhuha yang dilakukan di awal hari atau pagi hari oleh seorang muslim, akan mendorong muslim tersebut mendapatkan rejeki atau kebutuhannya di akhir hari.

Salat dhuha biasanya juga digunakan oleh umat muslim sebagai sarana memohon rizki dari Allah SWT, hal tersebut dapat dilihat dari waktu pelaksanaannya di pagi hari dan doa yang dipanjatkan.

Allah juga berjanji kepada umatNya, yang mendirikan salat dhuha secara rutin akan diberikan segala kebutuhannya, setidaknya di waktu sore atau akhir hari.

3 dari 4 halaman

Meraih Ghanimah atau Keuntungan

Meraih Ghanimah atau Keuntungan

Seorang muslim yang menjalankan salat dhuha secara rutin akan meraih ghanimah dan keuntungan secara cepat atas izin langsung dari Allah SWT.

Hal tersebut seperti yang terjadi pada zaman Rasulullah, dimana umat mukmin yang menjalankan salat dhuha sebelum berperang, akan pulang lebih cepat dan membawa harta rampasan perang dan juga kemenangan.

Rasulullah pun menimbang bahwa keuntungan yang akan diperoleh oleh mereka yang melaksanakan shalat dhuha akan berjumlah lebih banyak dibandingkan dengan keuntungan yang bisa diperoleh oleh mereka yang tidak mengerjakannya.

Diganjar Dengan Rumah di Surga

Bagi setiap muslim yang menyempatkan dirinya untuk mengerjakan salat dhuha di awal hari sebanyak 12 rakaat, akan dijanjikan oleh Allah SWT mendapatkan rumah yang indah ketika berada di surgaNya kelak.

Hal ini menurut Anas Bin Malik yang mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda :

"Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga." (HR. Ibnu Majah)

4 dari 4 halaman

Menggugurkan Dosa

Menggugurkan Dosa

Sebagai umat manusia tentunya kita tidak luput dari yang namanya kesalahan dan dosa, karena sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT semata.

Terdapat banyak hal yang dapat menggugurkan dosamu, satu di antaranya adalah dengan rutin menjalankan salat dhuha setiap hari, meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan. Berikut hadis yang memperkuat hal ini. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda,

"Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan" (HR. Tirmidzi)

Mendapat Pahala Haji dan Umrah

Orang yang melaksanakan shalat dhuha dengan tekun akan mendapatkan pahala haji dan umrah yang sempurna. Dari Anas ra berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang mengerjakan salat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia salat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna"

Sumber: Dalam Islam

Video Populer

Foto Populer