Sukses


9 Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan yang Menakjubkan

Bola.com, Jakarta - Tak banyak yang mengetahui daun kemangi memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun kemangi lebih dikenal sebagai satu di antara bahan masakan, terutama pengisi menu lalapan.

Daun kemangi memiliki aroma wangi, yang cukup menyengat saat daunnya dipatahkan. Meski wangi, daun ini memiliki rasa yang agak pahit.

Daun kemangi dianggap sebagai tanaman herbal yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Tentunya, khasiat yang dimiliki daun kemangi  tidak lepas dari berbagai kandungan yang dimilikinya.

Daun kemangi memiliki beragam kandungan yang baik untuk tubuh. Di dalam daun kemangi segar terkandung air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta serat.

Daun kemangi juga mengandung nutrisi penting lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K, meski dalam jumlah yang sedikit.

Satu di antara manfaat daun kemangi adalah untuk menghalau bau mulut. Namun, daun hijau kecil-kecil ini masih memiliki beberapa manfaat lain.

Simak, kumpulan manfaat daun kemangi untuk kesehatan berikut ini, seperti dilansir dari MedicalNewsToday, Selasa (25/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

1. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat daun kemangi yang pertama, ialah dapat memelihara kesehatan jantung. Kandungan beta-karoten dan magnesium pada daun kemangi berguna menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Itulah mengapa, selain berolahraga dengan rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi kemangi secara berkala juga dipercaya dapat memperkuat jantung Anda.

2. Berpotensi melawan kanker

Daun kemangi dipercaya berpotensi melawan kanker. Hal ini didukung kandungan fitokimia dalam kemangi.

Daun kemangi dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker di antaranya kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kemangi yang satu ini.

3. Mencegah penuaan dini

Daun kemangi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang ada di daun kemangi, dinilai dapat menghambat dampak buruk radikal bebas.

Radikal bebas berlebih dapat menyebabkan penuaan dini. Mengonsumsi daun kemangi berpotensi mencegah penuaan dini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung. Sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi daun kemangi bisa menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

5. Mencegah stres

Diketahui, daun ini berperan membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks karena memiliki kandungan antidepresan. Daun kemangi memiliki kandungan yang berguna untuk membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres.

Mengonsumsi daun kemangi juga mampu membantu mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu tubuh tidak cepat lelah. Hal ini didukung karena di dalamnya terdapat kandungan adaptogen.

Selain itu, mengonsumsi daun kemangi berdampak positif pada fungsi otak di dalam korteks adrenal, membantu merangsang neurotransmitter, dan membuat Anda bahagia dan energik.

6. Obat radang sendi

Daun kemangi bisa menjadi obat herbal untuk penyakit radang sendi atau arthritis. Penyakit ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup menambahkan daun kemangi pada menu makanan sehari-hari. Daun kemangi mengandung beta-caryophyllene yang berfungsi sebagai senyawa penahan sakit.

Selain itu, sifat anti-inflamasi daun kemangi akan membuat sendi lebih lentur untuk membantu Anda lebih aktif beraktivitas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

7. Mengontrol minyak di wajah

Anda punya wajah berminyak dan berjerawat? Mengatasi masalah ini bisa dengan menggunakan daun kemangi.

Daun kemangi dipercaya bisa mengontrol minyak di wajah. Kandungan antioksidan dan antibakterinya dapat menjaga wajah tetap bersih, kesat, dan bebas dari pori-pori besar.

Kandungan ini dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat dan pengontrol minyak pada wajah.

8. Menyehatkan otak

Mengonsumsi daun kemangi sangat membantu untuk mencegah degradasi kognitif. Penurunan kemampuan kognitif telah menjadi masalah besar bagi para lansia saat ini.

Sebuah penelitian menyatakan daun kemangi mengandung mineral seperti mangan, yang dapat meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Hal ini dikaitkan dengan refleks mental dan dapat membantu merangsang pikiran serta meningkatkan fungsinya.

Metabolisme glycosylceramides juga terkait dengan refleks otak. Glycosylceramides juga dikenal sebagai Sphingolipids, pada dasarnya adalah molekul yang bertindak sebagai perisai pelindung untuk otak.

Perisai ini melindungi otak dari stres radikal bebas dan oksidatif.

9. Mengontrol gula darah

Banyak orang yang tidak tertarik untuk mengonsumsi daun kemangi karena alasan tertentu atau aromanya yang menyengat. Siapa sangka jika satu di antara khasiat daun kemangi untuk kesehatan yang lainnya adalah menurunkan gula darah.

Daun kemangi baik untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Manfaat ini baik bagi penderita diabetes yang bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol.

 

Sumber: MedicalNewsToday

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer