Sukses


9 Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan, Obat Tradisional yang Aman

Bola.com, Jakarta - Siapa sangka, daun pandan bisa mengatasi beragam penyakit. Daun Pandan adalah satu di antara tanaman yang bisa ditanam di halaman rumah.

Bentuk daun helai mirip pita yang tipis dan licin ini termasuk dalam famili Pandanaceae. Secara ilmiah, daun pandan dikenal dengan nama Pandanus Amaryllifolius.

Daun pandan merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan dikenal sebagai tanaman yang memiliki aroma khas.

Daun pandan cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Daun pandan kerap dipakai sebagai sumber warna hijau bagi makanan.

Selain sebagai pewarna dan pengharum masakan, ada banyak manfaat lain dari daun pandan berkat kandungan berbagai senyawa yang baik bagi tubuh.

Daun pandan mengandung berbagai jenis senyawa, seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Inilah yang membuat daun pandan ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Banyak yang menggunakan daun pandan sebagai sumber obat tradisional yang aman.

Berikut ini penjelasan manfaat daun pandan bagi kesehatan yang sudah tidak diragukan lagi, dirangkum dari DokterSehat, Rabu (26/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bila Anda sering merasakan sakit kepala dan kelelahan, bisa jadi itu adalah gejala hipertensi. Mengonsumsi air rebusan dari daun pandan bisa menjadi alternatif menurunkan tekanan darah tinggi.

Jika dibiarkan, tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Konsumsi air rebusan ini dua kali sehari untuk menormalkan tekanan darah Anda.

2. Terapi kanker

Daun pandan dipercaya bisa menjadi alternatif bagi orang yang sedang menjalani terapi kanker. Daun pandan memiliki memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis.

Untuk mendapat manfaat ini, Anda bisa mengolah daun pandan menjadi minuman teh. Minum dua kali sehari teh pandan, dipercaya menangkal racun dan menghambat perkembangan kanker.

3. Membantu detoksifikasi

Anda bisa menggunakan daun pandan untuk membantu proses detoksifikasi. Menambahkan daun pandan ke dalam minuman sehari-hari membantu mengeluarkan racun dan zat tidak sehat dari hati dan tubuh.

Mengonsumsi daun pandan berguna sebagai pencahar ringan yang memudahkan proses ekskresi limbah. Radikal bebas dalam tubuh harus dilawan agar tidak mengundang penyakit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan

4. Meredakan stres

Terkadang tuntutan pekerjaan dan padatnya rutinitas sehari-hari dapat menyebabkan seseorang mengalami stres. Mengonsumsi secara teratur ekstrak daun pandan dapat secara efektif mencegah gangguan Depresi.

Daun pandan memiliki sifat penenang yang dapat mengurangi stres dan kecemasan yang Anda alami. Selain itu, menggunakan daun pandan sebagai aroma terapi mampu meredakan kepanikan dan menurunkan tingkat stres.

5. Mengatasi insomnia

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi daun pandan ialah mampu mengatasi insomnia. Insomnia adalah suatu kondisi masalah sulit tidur dan sulit tidur nyenyak yang berkelanjutan.

Sebagian besar kasus insomnia terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis, atau obat-obatan tertentu.

Gejala insomnia termasuk kesulitan untuk tertidur atau tetap tertidur dan tidak merasa cukup beristirahat.

Daun pandan dipercaya ampuh karena memiliki kandungan alkaloid yang efektif memberikan efek ketenangan dalam tubuh, terlebih saat tubuh membutuhkan istirahat.

6.  Menjaga kesehatan kulit

Daun pandan ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Daun pandan memiliki kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Kandungan antioksidan ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan

7. Menyembuhkan diare

Daun pandan memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba. Kedua kandungan tersebut dapat mengatasi diare.

Mengonsumsi daun panda dapat membantu membersihkan bakteri berbahaya di dalam usus sehingga hal ini berfungsi efektif mengatasi diare yang disebabkan keracunan makanan.

8. Mengatasi ketombe

Tak hanya untuk kesehatan tubuh saja, daun pandan ternyata juga baik untuk kesehatan rambut. Caranya dengan menghancurkan 10 lembar daun pandan segar dan campurkan ke 100 ml air bersih.

Aplikasikan ke kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi kesehatan rambut.

Selain itu, daun pandan dapat menutrisi kulit kepala Anda.

9. Meredakan rematik

Mengonsumsi makanan yang mengandung purin dapat meningkatkan risiko rematik. Mengonsumsi daun pandan bisa jadi solusi meredakan rematik.

Daun pandan dapat menyeimbangkan asupan purin dalam tubuh. Selain dikonsumsi, daun pandan bisa digunakan sebagai obat pijat untuk meredakan rematik.

 

Sumber: DokterSehat

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer