Sukses


9 Manfaat Terpendam Kumis Kucing untuk Kesehatan, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kumis kucing termasuk tanaman herbal banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia ini, mirip dengan semak-semak.

Kumis kucing memiliki ciri bunga yang berwarna putih, merah muda, atau ungu. Tanaman ini memiliki benang sari yang menjuntai keluar seolah-olah bentuknya mirip dengan kumis kucing.

Kumis kucing memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus, termasuk tanaman family lamiaceae. Tanaman ini memiliki kandungan tinggi kalium, glikosida, orthosiponon, dan oksalat.

Selain itu, kumis kucing memiliki kandungan antiinflamasi dan antihipertensi. Manfaat Kumis Kucing untuk kesehatan biasanya berhubungan dengan saluran pembuangan manusia dalam tubuh, yakni ginjal dan saluran kemih.

Kumis kucing adalah tanaman herbal abadi yang cepat tumbuh hingga ketinggian 1 hingga 2 meter. Biasanya, bagian daun yang kerap dimanfaatkan sebagai obat-obatan.

Anda bisa mengolah tanaman kumis kucing ini menjadi minuman teh sebagai ramuan herbal. Cara pengolahan kumis kucing, Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun dengan segelas air dan dimasak hingga mendidih. Air rebusan daun kumis kucing bisa diminum tiga kali sehari.

Tertarik untuk merasakan khasiatnya? Berikut beberapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang sayang dilewatkan, dirangkum dari Health Benefits Times, Kamis (27/8/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

1. Menghancurkan batu ginjal

Di Indonesia, kumis kucing kerap diolah menjadi teh. Teh yang berbahan dasar kumis kucing dipercaya bisa menghancurkan batu ginjal.

Namun, mengonsumsi kumis kucing hanya mampu mengatasi batu ginjal yang berukuran kecil atau seukuran kurang dari 5 cm. Selain batu ginjal, ramuan kumis kucing bisa mengobati infeksi ginjal akut dan penyakit kronis lainnya.

Penelitian telah membenarkan hal tersebut secara klinis.

2. Mengatasi masalah kandung kemih

Kumis kucing dipercaya efektif membersihkan traktat dan memudahkan sistem kerja kandung kemih. Mengonsumsi kumis kucing bisa melawan infeksi dan mencegah masalah kandung kemih terjadi di masa depan.

Kandung kemih atau overactive bladder (OAB) adalah masalah fungsi penyimpanan kandung kemih yang menyebabkan dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil.

Kumis kucing juga membantu proses detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi berguna untuk membersihkan racun dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu meminum air rebusan dari tanaman kumis kucing.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

3. Mengontrol gula darah

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat dari mengonsumsi kumis kucing ialah dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan dalam kumis kucing dapat bermanfaat, yang telah terbukti secara efisien, mengendalikan diabetes.

Kumis kucing memiliki kandungan minyak atsiri dan genkosid ortosifonin yang diyakini dapat menurunkan kadar gula darah tinggi.

4. Membantu masalah pernapasan

Kumis kucing diyakini dapat menyembuhkan masalah pernapasan. Caranya dengan mencampurkan ramuan obat kumis kucing dengan ramuan herbal lain.

Selain itu, mengonsumsi tiga gelas air rebusan daun kumis kucing dipercaya bisa meredakan batuk. Namun, manfaat kumis kucing ini masih perlu penelitian lebih lanjut lantaran keefektivitasannya masih belum dapat terbukti secara ilmiah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

5. Antijamur

Kumis kucing dapat diterapkan pada area yang telah terinfeksi oleh jamur. Kandungan yang dimiliki kumis kucing dapat membantu mencegah pertumbuhan parasit dan inang asing yang hidup di tubuh.

Kumis kucing dapat diterapkan ke area kulit yang terinfeksi jamur, yang dapat memotong rantai suplai nutrisi dari jamur.

Manfaat iini dapat Anda peroleh dengan meminum air rebusan daunnya untuk mengurangi gatal akibat jamur.

6. Mengobati encok dan rematik

Mengonsumsi kumis kucing dapat digunakan untuk meringankan gejala rematik karena kumis kucing mengandung enzim flavonoid.

Kandungan enzim flavonoid yang ada dalam kumis kucing mampu meringankan gejala encok.

7. Sifat diuretik

Kumis kucing memiliki senyawa sinensetin dan tetramethoxy-flavon. Kedua kandungan ini membantu meningkatkan aliran urine dengan merelaksasi otot-otot dinding pembuuh internal.

Sifat deuretik pada kumis kucing juga membantu meningkatkan aliran urine dan dapat mengurangi kadar asam urat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan

8. Bagus untuk detoks

Sejak dahulu kumis kucing telah digunakan sebagai ramuan pembersih alami racun-racun yang ada dalam tubuh. Kumis kucing memiliki sifat pembersihan yang dipercaya bisa menyapu racun yang tidak diinginkan dan bahan asing dari tubuh.

9. Mengatasi masuk angin

Kumis kucing berguna dalam penyembuhan masuk angin. Untuk mendapatkan manfaat kumis kucing ini, cukup siapkan tiga lembar daun kumis kucing, dan rebuslah dengan air sebanyak satu gelas.

 

Sumber: Health Benefits Times

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer