Sukses


10 Manfaat Pare untuk Kesehatan: Menurunkan Kolesterol dan Baik bagi Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Pare merupakan sayuran yang sangat identik dengan bintik-bintik pada kulitnya. Meski memiliki rasa yang pahit, pare punya banyak manfaat bagi tubuh.

Pare mudah dijumpai di Indonesia. Pare, semacam anggur tropis yang masih satu keluarga dengan labu, zucchini dan mentimun.

Pare memiliki beberapa sebutan di tiap daerah. Di daerah Jawa Barat buah pare disebut dengan nama paria, sedangkan di daerah Sumatera disebut pepare. Sementara dalam bahasa Inggris, pare dikenal sebagai bitter melon.

Meski pahit, manfaat pare bagi kesehatan patut diperhitungkan. Pare termasuk satu di antara sayuran sehat yang patut Anda konsumsi.

Pare merupakan bahan makanan yang kandungan gizinya tergolong tinggi. Pare mempunyai khasiat sebagai obat sehingga tidak jarang dimanfaatkan sebagai bahan ramuan jamu oleh masyarakat.

Sayur bernama latin Momordica Charantia ini mengandung banyak  nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari National Nutrient Data Base (USDA), kandungan yang ada dalam pare, seperti vitamin A, vitamin C, folat, niacin, asam pantotenat, rhiboflavin, thiamin, serta pyridoxine.

Pare juga merupakan sumber energi, protein, karbohidrat, dan serat. Semua kandungan dalam pare sangat dibutuhkan tubuh.

Inilah beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika mengonsumsi pare, dirangkum dari Klikdokter dan Healthline, Sabtu (5/9/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Pare memiliki sumber serat yang sangat baik. Mengonsumsi pare yang memiliki serat membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar.

Mengonsumsi pare secara rutin dapat menurunkan lemak perut secara signifikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa meminum air rebusan pare yang cocok dan sangat aman digunakan sebagai bahan diet.

2. Menurunkan kolestrol

Mengonsumsi pare secara rutin sangat efektif untuk menurunkan lemak yang bertumpuk dalam pembuluh darah sehingga risiko terkena kolestrol dapat dihindari. Menurunkan kolesterol dapat mengurangi risiko Anda mengalami penyumbatan di pembuluh darah dan terkena penyakit jantung.

Manfaat pare yang satu ini masih membutuhkan riset lebih lanjut. Namun, menurut beberapa penelitian, pare ditemukan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida.

3 dari 6 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan

3. Mengobati diabetes

Pare memiliki peran sebagai insulin untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Khasiat ini telah lama digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi diabetes.

Pare berfungsi dengan menstimulasi produksi insulin dan meningkatkan proses dicernanya gula dalam tubuh. Kadar kandungan fruktosamin dalam tubuh juga mampu dikontrol, yang dapat membantu Anda untuk mengatur kadar gula darah dalam jangka waktu yang panjang.

Zat-zat tersebut juga membentuk Charantin, yang berguna untuk meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen di dalam sel-sel hati, otot, dan jaringan lemak. Itulah mengapa, pare dianggap ampuh untuk mengurangi kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes tipe-2.

4. Melindungi kehamilan

Pare pahit memiliki kadar folat yang sangat baik untuk tubuh, yaitu 72/100 gram (18 persen dari RDA).

Kandungan folat yang ada dalam pare sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Kandungan folat sangat diutamakan untuk para ibu hamil, apalagi saat awal-awal kehamilan.

Folat dapat membantu mengurangi timbulnya cacat saraf pada bayi.

4 dari 6 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan

5. Meredakan asma

Manfaat selanjutnya, pare dipercaya meredakan asma. Selain itu, mengonsumsi pare yang masih segar sangat baik untuk masalah gangguan pada pernafasan lainnya, seperti batuk, pilek, dan masih banyak lagi.

Hal ini disebabkan karena pare memiliki kandungan antiinflamasi, antivirus, dan antihistamin. Pare menjadi makanan tambahan yang ideal untuk menjaga kesehatan pernapasan.

6. Menjaga kesehatan mata

Diketahui pare mengandung flavonoid seperti alpa-karoten, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan ini dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata.

Mengonsumsi pare dapat meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari, serta memperlambat degenerasi makula.

Kandungan flavonoid yang ada dalam pare berperan untuk melawan efek penuaan, menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen reaktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.

5 dari 6 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Selain kaya vitamin C, pare memiliki kandungan vitamin K. Vitamin K berfungsi untuk mengatur pembekuan darah normal dan menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh.

Rutin mengonsumsi pare yang kaya akan vitamin, khususnya vitamin K, membuat tulang Anda menjadi lebih sehat dan kuat.

8. Mengobati kanker

Tak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan tulang, pare juga dipercaya sangat ampuh untuk mencegah pertumbuhan kanker. Hal ini didukung karena pare mengandung zat lesichin yang cukup tinggi.

Kandungan ini bisa mencegah penyakit kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.

Penelitian mengungkapkan pare memiliki kandungan lain, seperti antikanker yang berpotensi digunakan sebagai agen pembasmi berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati, dan kanker darah.

Namun, penelitian tersebut baru sebatas penelitian di laboratorium. Masih perlu dikaji lebih lanjut secara klinis untuk mendapatkan khasiatnya sebagai pelawan kanker.

6 dari 6 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan

9. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Pare yang dikonsumsi setiap hari mampu untuk melawan infeksi. Hal ini berguna untuk membantu dan menjaga kekebalan sistem imun tubuh.

Pare mengandung antioksidan yang berlimpah, yang berperan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh. Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

10. Mengatasi jerawat

Pare ternyata dapat membantu menghilangkan jerawat. Mengonsumsi pare secara rutin juga bisa mengatasi noda dan infeksi pada kulit Anda.

Antioksidan yang banyak terdapat pada pare berguna sebagai antipenuaan pada kulit wajah. Selain itu, pare berguna untuk mengobati gangguan kulit yang disebabkan oleh darah kotor, seperti bisul, kudis, gatal, dan kurap.

 

Sumber: Klikdokter, Healthline

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer