Sukses


9 Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui, Memperbaiki Suasana Hati hingga Sehatkan Jantung Anda

Bola.com, Jakarta - Kerap kali kita merasa mengantuk setelah jam makan siang. Padahal, tidur siang dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Banyak orang merasa sulit atau tidak terbiasa untuk tidur siang. Tidur siang biasanya banyak dilakukan oleh anak-anak demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan waktu istirahat yang cukup.

Manfaat tidur siang juga bisa diperoleh para dewasa, sayangnya belum banyak diketahui karena dianggap mengganggu aktivitas, atau disebabkan tidak ada waktu yang cukup. Tidur pada siang hari sering kali dihadapkan kepada stigma sosok yang malas atau kurang antusias dalam bekerja.

Tidur siang justru bisa meningkatkan daya ingat dan kinerja, sehingga Anda bisa lebih produktif. Menurut penelitian, tidur siang jauh lebih efektif untuk mengatasi kelelahan dibandingkan menambah jam tidur pada malam hari.

Tidur siang mampu merelaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan dapat menenangkan saraf-saraf tegang akibat berbagai kegiatan. Banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk tidur siang selama 30 menit saja per hari.

Tidak ada salahnya bila Anda mengambil waktu sejenak di sela-sela waktu kerja untuk tidur siang. Berikut beberapa manfaat tidur siang untuk kesehatan, dirangkum dari Sehatq dan HaloDoc, Sabtu (5/9/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui

1. Meningkatkan performa kerja

Manfaat pertama dari tidur siang dapat meningkatkan performa kerja melalui peningkatan kewaspadaan dan performa motorik. Tidur dengan waktu yang tepat pula, yakni tidur siang selama 20 menit bisa menjadi lebih berenergi ketika bekerja.

Selain itu, tidur siang juga dipercaya mengistirahatkan Rapid Eye Movement (RED) yang membuat koneksi baru di otak dan menyelesaikan masalah dengan cara kreatif baru.

2. Meningkatkan memori

Sebuah penelitian dari Duke-NUS Medical School di Singapura menyatakan melakukan tidur siang efektif memudahkan pelajaran masuk ke dalam otak. Penelitian ini mengungkapkan bahwa tidur siang  memiliki peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan.

Anda bisa mengingat hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya dengan tidur siang. Tidur siang juga bermanfaat untuk mencegah Anda melupakan hal-hal penting seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.

3. Memperbaiki suasana hati

Tidur sinag efektif mengatasi jika Anda sedang merasa sedih atau bad mood. Tidur siang sejenak mampu mengangkat semangat Anda.

Para ahli mengatakan relaksasi yang dilakukan dengan berbaring atau beristirahat adalah penambah suasana hati yang sangat baik, baik Anda tertidur maupun tidak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui

4. Mengatasi insomnia

Mungkin Anda harus mencoba tidur siang secara rutin untuk mengatasi gangguan kesulitan tidur di malam hari atau insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya.

Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Gangguan insomnia dalam waktu lama pasti akan merusak kinerja tubuh dan bila tak diatasi dengan beristirahat di siang hari, bisa mengancam kesehatan Anda.

5. Mencegah penyakit jantung

Tidur siang juga ternyata mampu mencegah penyakit jantung. Manfaat tidur siang ini akan langsung terasa bila Anda rutin tidur siang sekitar 30 menit saja per harinya.

Tidur siang dapat membantu menstabilkan detak jantung. Selain itu, berdasarkan sebuah studi tidur siang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah setelah melalui tekanan psikologis.

Tidur siang hari bisa menggantikan tidur yang kurang di malam hari, membantu menghilangkan stres, dan dengan demikian melindungi jantung. Anda dianjurkan untuk beristirahat sejenak, walaupun hanya 20-40 menit setiap harinya.

Kebiasaan itu akan mencegah Anda dari risiko penyakit jantung.

6. Meningkatkan kesabaran

Manfaat tidur siang untuk kesehatan berikutnya, yakni membuat diri Anda menjadi lebih sabar. Peneliti dari Universitas Michigan, Amerika menunjukkan bahwa peserta diminta untuk mengerjakan tugas menggambar desain geometris pada layar komputer yang sangat menyebalkan.

Peserta yang sudah tidur diang mampu bersabar dan mengerjakan tugas tersebut selama 90 menit dibandingkan peserta yang tidak hanya mampu bertahan selama 45 menit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui

7. Cegah diabetes

Melakukan tidur siang dapat menurunkan risiko terkena diabetes secara berkala. Tidur siang baik agar hormon kortisol dalam tubuh tetap terjaga.

Ketika tubuh terlalu lelah, maka berakibat dalam peningkatan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol tersebut dapat mengakibatkan pada peningkatan intoleransi glukosa dan lemak pada perut.

Meningkatnya produksi hormon kortisol dapat melemahkan sistem imun dan juga otot hingga pada akhirnya Anda akan rentan terkena diabetes. Tidur siang akan membantu Anda menurunkan hormon kortisol, hingga akhirnya diabetes juga ikut berkurang dengan alami.

8. Menurunkan tekanan darah

Tidur siang baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Penelitian di Inggris menyatakan bahwa tekanan darah peserta uji tes bisa menurun, meski dengan memikirkan tidur siangnya saja.

9. Meningkatkan imunitas

Manfaat selanjutnya dari tidur siang dapat memicu produksi protein antivirus yang dihasilkan sistem imunitas. Tidur siang juga mampu mengembalikan kadar hormon serta protein yang dapat membantu melawan stres.

Hal tersebut yang akan membantu tubuh secara otomatis meningkatkan sistem imunitasnya.

 

Sumber: Sehatq, HaloDoc

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer