Sukses


8 Manfaat Teh Yerba Mate bagi Kesehatan, Minuman Herbal Favorit Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Teh yerba mate adalah minuman khas Amerika Selatan yang terbuat dari tanaman Ilex paraguariensis. Yerba mate umumnya digunakan sebagai bahan baku obat-obatan.

Yerba mate memang belum banyak diketahui oleh orang di luar benua Amerika. Pohon yerba mate hanya tumbuh di hutan hujan di Argentina, Chile, Peru, Brasil, Uruguay, dan Paraguay.

Minuman yerba mate pada awalnya banyak diminum oleh masyarakat Guarani (masyarakat adat Amerika Selatan), kemudian dikenalkan secara luas oleh bangsa Eropa yang datang.

Yerba mate aman dikonsumsi dari berbagai kelompok umur. Yerba mate dibuat dengan cara memanggang daun-daunan Ilex paraguariensis, kemudian mencelupkannya ke dalam air, layaknya teh.

Teh olahan dari yerba mate diyakini memenuhi kekuatan kopi, kesehatan teh, dan kebahagiaan cokelat.

Di Amerika, mengonsumsi yerba mate bersama teman-teman dan keluarga, dianggap sebagai simbol persahabatan. Olahan teh yerba mate juga cukup populer di kalangan pesepak bola dunia, seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann, Sergio Aguero hingga Paul Pogba.

Mereka menyukai karena khasiatnya. Yerba mate bisa menjadi alternatif minuman pagi, yang menyediakan energi tanpa efek samping seperti halnya kopi.

Yerba mate mengandung 15 asam amino, 24 mineral, juga sederet vitamin penting. Dilansir dari LuckyVitamin, yerba mate mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B5.

Kandungan seperti niasin serta mineral penting seperti kalsium, magnesium, seng, besi, mangan, selenium, kalium dan fosfor juga ada di dalamnya.

Yerba mate biasanya disajikan dalam cangkir khusus dengan sedotan logam yang disebut bombilla. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya setiap hari mengonsumsi tiga cangkir.

Berikut rangkuman manfaat yerba mate bagi kesehatan, minuman herbal kesukaan pesepak bola dunia, dilansir dari Healthline, Kamis (10/9/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Teh Yerba Mate bagi Kesehatan

1. Meningkatkan energi, fokus, dan mental

Diketahui yerba mate mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi. Per cangkir olahan teh yerba mate hanya terdapat 85 mg kafein.

Meski begitu, kandungan kafein yang ada di dalamnya cukup memengaruhi tingkat kinerja otak, membuatnya berperan penting untuk meningkatkan fokus dan mental Anda.

Sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi teh yerba mate mampu meningkatkan kewaspadaan tanpa adanya efek samping gelisah, seperti mengonsumsi kopi.

Yerba mate dipercaya mampu meningkatkan energi dan membuat Anda tidak mudah merasa lelah.

2. Kaya antioksidan

Yerba mate mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti xanthines, derivatives caffeoyl, saponins, dan polyphenols.

Kandungan xanthines memiliki peran sebagai stimulan, derivatives caffeoyl adalah kandungan antioksidan utama, yang bisa mengoptimalkan kesehatan.

Selain itu, kandungan saponins yang memiliki rasa pahit, dipercaya mampu meredakan peradangan dan menurunkan kolesterol, sedangkan kandungan polyphenols ini diyakini berguna untuk menyembuhkan berbagai masalah penyakit dan merupakan antioksidan yang populer.

Perlu diketahui, kandungan antioksidan yang ada dalam yerba mate lebih banyak daripada teh hijau. Yerba mate mengandung 7 dari 9 asam amino penting serta vitamin dan zat mineral yang dibutuhkan tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Teh Yerba Mate bagi Kesehatan

3. Meningkatkan performa fisik

Seudah dijelaskan sebelumnya, yerba mate memiliki kandungan kafein dalam jumlah sedang. Mengonsumsi olahan yerba mate mampu meningkatkan performa fisik Anda.

Kandungan kafein dikenal mampu meningkatkan kontraksi pada otot, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan kinerja atlet hingga lima persen. Minuman ini cocok dikonsumsi sebelum berolahraga.

Sebuah studi membuktikan dengan mengonsumsi 1 kapsul yerba mate, bisa membakar lemak hingga mencapai 24 persen.

4. Mencegah infeksi

Sebuah penelitian mengungkapkan, dengan mengonsumsi yerba mate dalam dosis tertentu mampu membunuh bakteri E. Coli penyebab keracunan makanan, keram perut, hingga diare.

Selain itu, yerba mate dikenal mampu mencegah pertumbuhan jamur Malassezia furfur, yang biasanya menyebabkan ketombe dan masalah kulit.

Namun, manfaat yerba mate ini masih diperlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut.

4 dari 5 halaman

Manfaat Teh Yerba Mate bagi Kesehatan

5. Menurunkan berat badan

Manfaat selanjutnya dari yerba mate adalah mampu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian menyatakan, para responden dengan berat badan berlebihan yang mengonsumsi yerba mate sebanyak 3 gram selama 12 minggu, mampu menurunkan berat badan hingga 0,7 kiogram.

6. Menjaga kesehatan jantung

Yerba mate dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. Dalam sebuah riset pada hewan, membuktikkan yerba mate bisa meredakan peradangan penyebab obesitas.

Hal ini berpotensi dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang bisa memicu penyakit jantung. Yerba mate juga dapat meningkatkan efektivitas penggunaan statin, yaitu obat penurun kolesterol.

5 dari 5 halaman

Manfaat Teh Yerba Mate bagi Kesehatan

7. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Yerba mate memiliki kandungan saponin, senyawa alami yang miliki sifat antiinflamasi. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam yerba mate dapat memperkuat sistem kekebalan dan meningkatkan kesehatan sehingga miliki risiko rendah terjangkit penyakit.

Yerba mate juga mengandung vitamin C, vitamin E, selenium, dan zinc. Hanya, manfaat yerba mate satu ini belum dibuktikan secara ilmiah.

8. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi yerba mate dapat membantu menurunkan gula darah dan mengurangi komplikasi diabetes. Penelitian yang dilakukan pada hewan baru-baru ini melaporkan bahwa yerba mate dapat memperbaiki resistensi insulin dengan obesitas yang diinduksi diet tinggi lemak.

Yerba mate juga dapat mengurangi pembentukan Advanced Glycation End Products (AGEs), yang terlibat dalam perkembangan dan memburuknya banyak penyakit. Namun, penelitian pada manusia saat ini masih kurang.

 

Sumber: Healthline

 

Baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer