Sukses


30 Kata-kata Bijak Islami tentang Tahajud, Mendekatkanmu kepada Allah SWT

Bola.com, Jakarta - Kata-kata bijak Islami tentang tahajud akan mendorong dan mengingatkanmu agar selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT dan mengharapkan rahmat dari-Nya.

BACA JUGA: Bacaan Doa Pelunas Hutang Dan Artinya Yang Wajib Diketahui

Salat tahajud merupakan ibadah sunnah atau ibadah yang tidak bersifat wajib. Meski begitu, melaksanakan tahajud dapat memberikan manfaat.

Sebagai umat muslim yang taat, sudah sepatutnya kita berharap rida kepada Allah SWT, satu di antaranya dengan cara rajin beribadah.

Tidak hanya ibadah wajib seperti salat fardhu, kita juga dapat menjalankan ibadah sunnah seperti tahajud untuk mengharap kemudahan hidup dari Tuhan.

Salat tahajud dapat dilakukan dari kurun waktu setelah salat isya hingga sebelum salat subuh, namun diutamakan untuk melakukannya pada waktu sepertiga malam.

Ada banyak keutamaan dari salat tahajud, satu di antaranya mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Hal tersebut seperti tercantum dalam surat Al-Isra' ayat 79 yang artinya: 

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajjud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, semoga Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (Q.S Al-Isra': 79)

Salat tahajud dikerjakan pada malam hari, dan waktu tersebut merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa karena pada waktu itu pula Allah sedang turun ke langit dunia untuk mengabulkan doa hamba-hamba-Nya.

Untuk mendorongmu agar dapat rajin dalam mengerjakan salat tahajud, kamu dapat membaca kata-kata bijak Islami tentang tahajud.

Berikut 30 kata-kata bijak Islami tentang tahajud, seperti dirangkum dari Mutiara Islam, Rabu (16/9/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Islam tentang Tahajud

1. "Bangunlah untuk melaksanakan salat di gelapnya malam ketika semua orang sedang tertidur dan lihatlah bagaimana jalan yang kau tempuh menyala dan kehidupanmu mulai bersinar."

2. "Jangan mengaku sudah mencoba segala cara jika kamu tidak pernah bangun di sepertiga malam terakhir untuk memohon kepada Allah."

3. "Tahajud. Jumpai Allah, sampaikan semua harapanmu dan raih segalanya."

4. "Cobalah untuk melakukan salat tahajud setidaknya satu kali dalam seminggu, maka kamu akan melihat perubahan besar yang kamu rasakan dalam hidupmu. "

5. "Tahajud, waktu di mana Allah turun ke langit dunia."

6. "Tangkap malam dengan keheningan di dalam hati, dengan iman yang tulus kepada Sang Pencipta, dan lakukan salat seolah ini adalah malam terakhir bagimu."

7. "Banyak orang yang membicarakan tentang Allah, tapi sedikit sekali yang mau berbicara kepada Allah. Bawa serta tahajud dan doa ke dalam hidupmu dan berbicaralah kepada-Nya. "

8. "Jika kamu menginginkan sesuatu dalam hidupmu dan kamu belum memintanya di waktu tahajud untuk meraih keinginanmu itu, maka sesungguhnya kamu belum bersungguh-sungguh menginginkannya."

9. "Hal termanis adalah ketika seseorang menyebutkan namamu di dalam tahajud mereka."

10. "Setelah lewat tengah malam, alam semesta mulai tampak cerah kembali dengan warna putih, pink, dan ungu. Ketika tahajud dilakukan secara rutin, maka akan ada banyak manfaat secara psikologis dan mental."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Islam tentang Tahajud

11. "Jangan lupa mengatur alarm untuk bangun tahajud malam ini. Dan jangan lupa untuk mendoakan saudara saudari kita yang sedang menderita di seluruh dunia karena doamu di waktu tahajud sangat dahsyat kekuatannya."

12. "Tahajud adalah salatnya orang-orang yang mencari kesuksesan."

13. "Tahajud adalah perjuangan yang indah, jangan menyerah."

14. "Salat terbaik setelah salat wajib adalah salat malam (tahajud)."

15. "Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan." (Q.S Al-Muzammil: 6)

16. "Ketika kamu terbangun dari tidur yang nyenyak tanpa maksud lain selain untuk beribadah kepada Allah, ketahuilah bahwa kamu telah menemukan tujuan hidup."

17. "Kunci keikhlasan adalah tahajud, karena yang bisa melakukannya hanyalah orang yang bangun dan berdiri dengan penuh keikhlasan di saat orang lain tertidur."

18. "Menangislah kepada yang Maha kuasa di malam hari yang paling gelap di saat orang lain sedang tertidur nyenyak. Lihatlah rahmat-Nya menyentuhmu dengan menakjubkan."

19. "Jika kamu pernah menemukan dirimu kesulitan tidur dan masih terjaga hingga pagi hari, cobalah untuk melakukan salat tahajud. Mungkin saja ketidakmampuan kamu untuk tidur adalah karena keinginan jiwamu untuk berbicara dengan Tuhan."

20. "Barangsiapa mendatangi kasurnya dengan niat ingin bangun untuk melaksanakan salat malam, kemudian dia tertidur hingga pagi hari, niscaya dicatat baginya niatnya itu, dan tidurnya dinilai sebagai sedekah oleh Rabbnya."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Islam tentang Tahajud

21. "Bawalah hatimu yang sedang patah hati ke dalam tahajud dan ungkapkan semuanya kepada Dia (Allah) yang bisa menghibur dan memperbaiki kehancuran hati."

22. "Jangan sia-siakan malammu hanya dengan tidur, bangunlah sesaat untuk menjalankan salat tahajud karena ada sebuah mukjizat yang terkandung di dalamnya."

23. "Tidaklah seseorang meninggalkan salat malam kecuali karena dosa yang dilakukannya. Oleh karena itu, periksalah diri kalian setiap malam ketika matahari terbenam, kemudian bertaubatlah kepada Rabb kalian agar kalian bisa mengerjakan salat malam."

24. "Alangkah beruntungnya bila kita dibangunkan dan dijamu oleh Allah dengan tahajud, munajat, dan doa."

25. "Di sepertiga akhir malam, rembulan menyinari alam, suasana tenang tenteram, tahajud hidupkan malam, dekati Allah Tuhan sekalian alam."

26. "Salat tahajud akan membawa kita dekat dengan Sang Rabb dan akan membuat kita merasakan kebahagiaan hakiki dalam hidup yang fana ini."

27. "Jika impianmu tidak mampu membuatmu bangun malam dan mendirikan tahajud, itu artinya kamu tak serius dalam mengejar impian itu."

28. "Lakukanlah qiyamul lail, karena itu kebiasaan orang shalih sebelum kalian, bentuk taqarrub, penghapus dosa, dan penghalang dari berbuat kemaksiatan." - HR. At-Tirmidzi

29. "Di antara sebab-sebab untuk membentengi diri dari berbagai fitnah adalah salat malam."

30. "Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan salatlah ketika manusia terlelap tidur di waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat."  - HR. Ibnu Majah

 

Sumber: Mutiara Islam

 

Butuh motivasi dalam hidup secara ajaran Islam? Yuk, baca juga kata-kata bijak Islami lainnya dnegan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer