Sukses


10 Manfaat Kacang Hijau, Baik bagi Ibu Hamil dan Pengidap Diabetes

Bola.com, Jakarta - Meski berukuran kecil, kacang hijau memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada beragam keunggulan dan manfaat kacang hijau.

Kacang hijau merupakan satu di antara bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kacang hijau.

Masyarakat Indonesia biasanya mengolah kacang hijau menjadi bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau menjadi hidangan favorit yang banyak disantap saat di pagi hari.

Kacang hijau termasuk satu di antara makanan sehat yang kaya nutrisi. Ada beberapa nutrisi baik yang terkandung dalam kacang hijau seperti, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K.

Nutrisi lainnya yang terdapat di dalam kacang hijau, seperti magnesium, zat besi, karbohidrat, folat, zinc, fosfor, mangan, selenium, dan tembaga. Di samping itu, kacang hijau termasuk jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, antioksidan, rendah lemak serta serat.

Dengan kandungan gizi yang lengkap, tak heran banyak orang menyukai kacang hijau. Beragam kandungan nutrisi yang dimiliki kacang hijau sangat berguna serta dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini beragam manfaat kacang hijau yang sayang jika dilewatkan, dirangkum dari Gooddoctor dan Doktersehat, Selasa (22/9/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

1. Baik untuk pengidap diabetes

Manfaat pertama dari mengonsumsi kacang hijau adalah baik untuk pengidap diabetes. Kacang hijau memiliki kadar indeks glikemik tergolong rendah dibandingkan dengan nasi.

Kandungan magnesium yang adadal am kacang hijau sangat diperlukan oleh pengidap diabetes. Kacang hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes.

Mengonsumsi secara rutin, dengan begitu kadar gula darah dapat diturunkan secara berkala dan tetap terjaga.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kacang hijau mengandung serat tinggi yang mampu menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Tergolong memiliki lemak yang rendah, mengonsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu pengidap kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Bila Anda menderita kolesterol yang tinggi, Anda dapat menguranginya dengan cara yang mudah.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

3. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi kacang hijau adalah menjaga kesehatan tulang. Kacang hijau memiliki kandungan vitamin K, fosfor, dan magnesium yang penting dalam menjaga kekuatan tulang serta gigi.

Mengonsumsi kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.

Selain itu, mengonsumsi kacang hijau sangat penting untuk membantu perkembangan tulang serta gigi pada anak-anak.

4. Menjaga berat badan

Manfaat kacang hijau lainnya adalah dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga dapat membantu menjaga berat badan.

Kacang hijau memiliki kandungan serat dan protein yang dapat membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih.

Kacang hijau juga baik bagi Anda sedang dalam masa diet. Seperti yang telah diketahui, kandungan seratnya yang tinggi serta rendah lemak bisa jadi pilihan untuk menu diet Anda.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

5. Obati anemia

Anemia yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Ini menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh.

Gejala dapat berupa kelelahan, kulit pucat, sesak napas, pusing, limbung, atau detak jantung cepat.

Pengobatan tergantung pada diagnosis utama. Suplemen zat besi dapat digunakan untuk kekurangan zat besi.

Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan zat besi. Kacang hijau adalah satu di antara asupan yang baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami anemia.

6. Menjaga kesehatan janin

Kacang hijau selalu jadi menu yang aman dan dianjurkan oleh para dokter bagi ibu hamil karena dapat menyehatkan janin. Kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan.

Mengonsumsi kacang hijau mampu mencegah kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah hingga mencegah kerusakan saraf janin. Kacang hijau juga baik untuk membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

7. Melawan perkembangan kanker

Kacang hijau mampu melawan perkembangan kanker dalam tubuh. Tingginya kadar asam amino, oligosakarida serta polifenol dalam kacang hijau membantu melawan perkembangan kanker.

Di samping itu, kandungan vitexin dan isovitexin efektif melawan radikal bebas dalam tubuh serta mampu melindungi kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya.

8. Menjaga kesehatan jantung

Melindungi kesehatan jantung sangat penting. Selain berolahraga, mengonsumsi kacang hijau baik untuk jantung.

Kacang hijau memiliki kandungan serat yang dapat menyerap lemak sehingga tak menjadi flak dalam pembuluh darah, yang menjadi penyebab penyakit jantung serta stroke.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kacang hijau penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh. Kacang hijau mengandung fitonutrien yang berperan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menetralkan zat-zat berbahaya seperti bakteri, virus, iritasi, dan sebagainya.

Jika kekebalan tubuh seseorang lemah, dapat dipastikan ada beragam jenis penyakit yang mengintai. Itulah mengapa, menjaga sistem imunitas tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan.

10. Menjaga kulit dan rambut agar tetap sehat

Kacang hijau memiliki kandungan zinc dan protein yang mampu membuat kuku dan juga rambut menjadi lebih sehat. Mengonsumsi kacang hijau juga bermanfaat untuk meremajakan kulit karena mengandung phytoestrogen.

Kandungan ini berperan memproduksi kolagen tetap terjaga dan kulit menjadi lebih elastis, lembut, serta terhindar dari proses penuaan dini.

 

Sumber: Gooddoctor, Doktersehat

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer