Sukses


8 Manfaat Buah Stroberi untuk Kecantikan Rambut

Bola.com, Jakarta - Buah stroberi tak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah berwarna merah segar ini bisa bermanfaat untuk kecantikan, khususnya rambut.

Hal itu berkat kandungan di dalamnya. Buah stroberi (strawberry atau arbei) ini mengandung beragam zat dan nutrisi.

Buah yang termasuk genus Fragaria dan keluarga Roseceae ini kaya akan vitamin, seperti vitamin C, B-6, B-12, A, E, thiamin, Riboflavin, folate, dan flavoid.

Stroberi juga mengandung banyak jenis mineral, seperti Kalsium, besi, mangnesium, sodium, selenium,  fosfor, dan lainnya. Ditambah lagi, stroberi mengandung serat, protein, serta karbohidrat.

Manfaat stroberi yang terkenal untuk kesehatan tubuh, di antaranya memilihara kesehatan jantung, mencegah stroke, mengatasi diabetes, melancarkan buang air besar hingga membantu menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, stroberi memiliki manfaat untuk kecantikan, seperti kecantikan kulit dan rambut.

Anda penasaran, manfaat seperti apa yang bisa didapatkan dari stroberi, khususnya untuk kecantikan rambut?

Berikut penjelasannya, manfaat buah stroberi untuk kecantikan rambut, seperti disadur dari Fimela dan Merdeka, Senin (5/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Stroberi untuk Kecantikan Rambut

1. Mengatasi rambut kusam dan rusak

Stroberi dapat mengembalikan kilau sehat bagi rambut yang kusam, kering, dan rusak. Tumbuk 7 sampai 8 buah stroberi matang dan tambahkan dengan 1 sendok makan mayones. Oleskan di atas rambut dan kulit kepala, kemudian lakukan pijatan ringan.

Selanjutnya, tutupi kepala dengan topi mandi selama setidaknya 15 sampai 20 menit. Bilas rambut Anda dan keramas seperti biasa.

2. Mengembalikan kelembapan rambut

Stroberi dapat melindungi membran sel kulit kepala karena efek antioksidan di dalamnya yang cukup kuat. Antioksidan ini akan mencegah terbentuknya lapisan hidrofobik pada permukaan kulit kepala.

Terapkan campuran stroberi tumbuk dan kuning telur pada kulit kepala Anda. Lakukan pijatan lembut, kemudian diamkan selama beberapa menit agar meresap. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Stroberi untuk Kecantikan Rambut

3. Mengatasi ketombe

Stroberi dapat dicampur dengan bahan-bahan alami yang memiliki efek antijamur, seperti minyak pohon teh (tea tree oil) atau minyak thyme untuk menyingkirkan ketombe.

Anda tinggal mencampurkan stroberi yang sudah dihaluskan dengan tea tree oil, kemudian oleskan di kulit kepala secara merata. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

4. Mencegah pertumbuhan jamur

Stroberi adalah sumber mineral seperti tembaga, mangan, dan magnesium. Mangan dan tembaga jika diaplikasikan di kulit kepala dapat menghambat pertumbuhan jamur yang bisa menyebabkan pengelupasan kulit kepala atau koreng.

5. Mencegah penipisan rambut

Stroberi memiliki kandungan ellagic acid yang tinggi. Bahan ini akan melindungi rambut dari kerontokan dan penipisan. Stroberi bahkan berguna untuk memperlambat proses kebotakan dini bagi orang-orang yang mengalami kebotakan karena faktor genetis.

Stroberi juga mengandung asam folat, vitamin B5, dan vitamin B6 yang mencegah rambut rontok.

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengonsumsi buah stroberi segar secara teratur dan menggunakan stroberi yang dihaluskan sebagai bahan creambath.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Stroberi untuk Kecantikan Rambut

6. Regenerasi batang rambut

Tak hanya kulit saja yang butuh beregenerasi. Batang rambut perlu beregenerasi agar Anda senantiasa memiliki rambut yang sehat dan kuat.

Campuran stroberi dan yoghurt atau jus jeruk bisa dimanfaatkan untuk mengelupas folikel rambut Anda. Usapkan secara merata ke seluruh bagian rambut, kemudian gosok perlahan. Setelah itu bilas rambut seperti biasa.

7. Merawat rambut panjang

Stroberi memiliki kemampuan untuk mengurangi masalah pada rambut panjang. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat straoberi mampu membantu merawat masalah pada rambut panjang, seperti, rambut bercabang, patah dan rontok.

8. Masalah rambut bercabang

Rambut yang panjang memiliki risiko untuk bercabang. Stroberi memiliki kandungan asam dan vitamin yang membantu untuk mengurangi rambut bercabang.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantri Setyorini. Published 1/10/2014), Fimela.com (Published: 29/3/2016)

Video Populer

Foto Populer