Sukses


8 Manfaat Lemon bagi Kecantikan, Membersihkan dan Mencerahkan Kulit

Bola.com, Jakarta - Buah lemon pasti sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Buah ini sangat cocok diolah menjadi minuman segar yang dikonsumsi saat siang hari.

Lemon tidak hanya kaya vitamin C. Buah ini juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B5, B3, B1, B2, C, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi.

Lantaran kandungan nutrisi tersebut, buah lemon tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan semata. Buah lemon memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Buah ini kaya antibakteri dan anti-inflamasi, membantu merawat dan melindungi kulit dari bakteri jahat. Selain alami dan mudah didapat, melakukan perawatan kecantikan dengan buah lemon juga praktis dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Namun, bahan alami ini memiliki sedikit efek samping jika pemakaiannya kurang tepat, terlebih pada area sensitif.

Jadi, agar terhindar dari efek samping tersebut, kamu perlu tahu terlebih dahulu jenis kulitmu. Jika kulitmu sensitif, bisa dipadukan dengan madu agar membantu menetralisasi dan terhindar dari iritasi.

Berikut Bola.com merangkum manfaat lemon bagi kecantikan, dirangkum dari Halodoc, SehatQ, dan Brilio, Rabu (7/10/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Lemon bagi Kecantikan

1. Menghilangkan ketombe

Lemon bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada rambut, seperti rambut rontok dan ketombe. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air perasan lemon ke dalam satu gelas air.

Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala, diamkan selama 2 menit, dan cuci hingga bersih.

2. Mengatasi jerawat

Buat Anda yang memiliki masalah jerawat, pemakaian masker lemon bisa menjadi satu di antara solusi untuk mengatasinya. Pasalnya, kandungan asam sitrat pada lemon mampu mengurangi peradangan dan minyak pada wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Buah lemon juga memiliki efek antimikroba, yang mampu menjinakkan bakteri propionibacterium acnes yang mengarah pada peradangan jerawat. Lemon dipercaya mampu membunuh bakteri dan kuman pada wajah.

3 dari 5 halaman

Manfaat Lemon bagi Kecantikan

3. Mengatasi tanda-tanda penuaan dini

Tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, flek hitam, dan kulit wajah yang kendur, menjadi kekhawatiran setiap orang. Pemakaian masker lemon dapat membantu mengatasi penuaan dini karena kandungan antioksidan yang ada di dalam lemon.

4. Membuat kulit lebih cerah

Hal ini berkat kandungan vitamin C dan asam sitrus yang bisa meningkatkan kecerahan kulit. Vitamin C adalah antioksidan yang bisa menetralisasi radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen di kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Lemon bagi Kecantikan

5. Menghilangkan komedo

Mungkin belum banyak yang tahu, lemon dapat membantu merawat atau menghilangkan komedo. Kandungan asam sitrat pada lemon berbentuk alami asam alfa hidroksi (AHA).

Cara penggunaannya, bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian gosokkan irisan lemon yang dicampur madu. Usapkan pada bagian wajah yang sering muncul komedo. Biasanya ada pada zona T wajah. Rasakan sensasi kandungan AHA saat melakukan pembersihan pori-pori wajah.

6. Pembersih wajah

Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada lemon mampu membantu merawat wajah jadi lebih bersih. Bak alat makeup toner yang berharga mahal, Anda bisa membuat pembersih sendiri cukup dengan bahan dasar lemon.

Caranya, campurkan beberapa tetes minyak esensial, lemon, dan pohon teh sekitar per-enam ons air. Celupkan kapas bersih dengan campuran lemon tadi. Oles pada bagian wajah yang diinginkan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Lemon bagi Kecantikan

7. Menghilangkan minyak berlebih

Asam sitrat di dalam jus lemon bekerja sebagai zat alami. Zat ini mampu menahan dan membersihkan wajah dari minyak.

Caranya mudah, tambahkan beberapa tetes jus lemon dan madu ke kapas. Kemudian usap ke wajah yang sudah dibersihkan.

8. Anti-bakteri

Setiap hari kulit bagian luar rentan akan kotoran dan polusi udara. Kuman dan bakteri mudah masuk ke pori-pori wajah. Untuk menghilangkan dan merawat wajah dari bakteri, Anda bisa menggunakan perasaan jeruk lemon.

Kandungan polifenol pada lemon dapat menjadi antioksidan dan antibakteri. Cukup pakai satu perasaan lemon ukuran kecil, campur dengan minyak esensial. Kemudian aplikasikan pada wajah.

 

Sumber: Halodoc, SehatQ, Brilio.net (Reporter: Nur Luthfiana Hardian. Published: 14/7/2020)

 

Baca artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer