Sukses


10 Manfaat Nanas bagi Kecantikan, Cegah Jerawat dan Hilangkan Bintik Hitam

Bola.com, Jakarta - Menyantap nanas di siang hari atau saat cuaca terik pasti menyegarkan. Dengan tekstur yang khas dan rasa manis asam yang menggoda, membuat orang orang tergoda memakan buah satu ini.

Mengonsumsi nanas bisa dengan berbagai pilihan. Selain menyantapnya secara langsung, Anda juga mengolahnya menjadi rujak atau asinan bersama buah-buahan lain.

Selain itu, Anda juga mengolah nanas menjadi jus yang menyegarkan.

Selain membantu melepaskan dahaga, nutrisi dalam buah nanas juga bagus untuk kecantikan kulit.

Menurut, Nutrition Data, Amerika Serikat, nanas mengandung protein, serat, vitamin C, mangan, vitamin B6, thiamin, folat, kalium, magnesium, niacin, asam pantotenat, riboflavin, zat besi, dan lainnya.

Berikut Bola.com merangkum manfaat nanas bagi kecantikan, dikutip dari Klikdokter dan Brilio, Senin (12/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Nanas bagi Kecantikan

1. Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat juga menjadi satu di antara masalah kulit yang paling umum dialami wanita maupun pria. Namun, dengan menggunakan nanas, kamu bisa mendapatkan kulit yang bebeas jerawat.

Hal ini dikarenakan kandungan enzim bromelain di dalam nanas yang membuat kulit menjadi bersih dan menghilangkan sisa kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori wajah.

2. Menghilangkan bintik-bintik hitam

Bintik hitam yang terdapat di wajah, sangat menganggu penampilan. Bintik hitam biasanya disebabkan bekas jerawat atau siklus menstruasi yang tidak lancar karena darah kotor yang tidak dikeluarkan tubuh.

Dengan mengonsumsi nanas, ini akan sangat membantu membersihkan bintik-bintik hitam di wajah. Pasalnya, antioksidan yang terkandung di dalam nanas mampu mengeluarkan sisa-sisa racun dalam tubuh dan membuat metabolisme kembali lancar.

3. Melembabkan kulit wajah

Memiliki wajah lembab memang sangat diinginkan setiap kaum wanita. Hal ini lantaran kulit wajah yang lembab dapat menjaga kulit agar tidak terlihat kusam.

Anda bisa menggunakan nanas untuk mendapatkan kulit lembab. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki khasiat yang luar biasa untuk kecantikan kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Nanas bagi Kecantikan

4. Kulit tampak lebih cerah

Nanas bisa mencerahkan kulit secara alami. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam nanas, yaitu sebesar 47,8 mg dari setiap 100 gram nanas inilah yang mampu mencerahkan kulit.

5. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori besar merupakan masalah kulit yang begitu menyebalkan. Pori-pori atau kulit yang membesar bisa menjadi sarang kotoran dan polusi yang dapat mengakibatkan permasalahan kulit lainnya.

Jika mengalami masalah ini, Anda bisa mengandalkan nanas sebagai obat ampuh untuk mengatasi pori-pori membesar.

Caranya, yaitu dengan menempelkan potongan-potongan nanas pada kulit wajah yang bermasalah dengan pori-pori. Jika Anda melakukannya secara teratur, pori-pori besar yang Anda miliki makin mengecil.

6. Menjaga kesehatan bibir

Seperti yang diketahui, bibir yang sehat adalah bibir yang memiliki warna rona kemerahan dan tidak pecah-pecah ataupun kering. Untuk bisa menjaga agar bibir selalu sehat, Anda bisa mengonsumsi nanas secara rutin.

Pasalnya, nanas mengandung vitamin C dan air yang tinggi sehingga sangat baik menjaga bibir tetap lembab dan tidak mudah kering atau pecah-pecah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Nanas bagi Kecantikan

7. Mengatasi peradangan kulit wajah

Seseorang terkadang kerap mengalami alergi yang akhirnya terjadi peradangan pada kulit. Peradangan kulit umumnya ditandai dengan kulit yang bintik-bintik kemerahan dan terasa panas atau gatal.

Mengobati peradangan kulit bisa juga menggunakan parutan nanas atau potongan nanas yang sudah dihaluskan, kemudian diletakkan di sekitar kulit yang mengalami peradangan.

8. Menjadikan kulit lebih halus

Nanas memiliki khasiat yang cukup baik untuk menjaga kelembutan kulit. Kerap mengonsumsi nanas, Anda akan merasakan khasiatnya. Anda juga bisa menggunakan nanas sebagai masker.

9. Membuat kulit menjadi kinclong

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah bersih, kencang, dan berkilau? Nah, jika Anda menggunakan nanas, hal ini tidak mustahil. Kandungan vitamin C pada nanas, menjadi alasan mengapa nanas sangat baik untuk kecantikan kulit.

10. Membuat kulit wajah awet muda

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada nanas sangat tinggi. Vitamin C berfungsi untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan mencegah munculnya kerutan-kerutan di kulit wajah.

Sedangkan antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan proses penuaan pada kulit. Tak heran jika kerap menggunakan nanas atau mengonsumsi nanas, dapat membuat seseorang awet muda.

 

Sumber: Klikdokter, Brilio.net (Penulis: Lola Lolita. Published: 26/7/2019)

 

Yuk, baca artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer