Sukses


9 Manfaat Apel bagi Kecantikan, Mencerahkan Kulit dan Bikin Rambut Berkilau

Bola.com, Jakarta - Apel merupakan satu di antara buah paling terkenal di dunia. Buah ini sangat mudah ditemukan dan tersedia di seluruh dunia. Terdapat dua jenis apel, yakni merah dan hijau.

Menyantap buah apel bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang cukup lama. Lantaran manfaat tersebut, apel sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet.

Apel disebut sebagai jenis buah yang 'super', sebab memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dan bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, buah apel hampir tidak memiliki kandungan lemak serta rendah kalori sehingga tidak perlu khawatir jika mengonsumsi buah apel dalam jumlah banyak. Dalam satu buah apel banyak terkandung antioksidan, serat, air, vitamin A, C, K, pektrin, dan folat.

Kandungan tersebut membuat buah apel berguna dalam pencegahan penyakit kronis, seperti penyakit Alzheimer, kanker paru, penyakit jantung, kanker payudara, diabetes, dan lain-lain.

Selain berguna bagi kesehatan, apel juga dimanfaatkan dalam bidang kecantikan. Sudah banyak beredar produk kecantikan dengan bahan dasar Apel.

Berikut Bola.com merangkum manfaat apel bagi kecantikan, dikutip dari Halodoc dan SehatQ, Selasa (13/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Apel bagi Kecantikan

1. Dapat dijadikan toner

Anda pasti sudah sering mendengar tentang cuka apel. Cuka apel memiliki manfaat luar biasa untuk membantu mengencangkan kulit dan merangsang sirkulasi darah ke permukaan kulit.

Cuka sari apel membantu membersihkan pori-pori kulit dari patogen dan minyak yang dapat memicu jerawat. Cuka apel juga mampu menyeimbangkan tingkat pH kulit sehingga memungkinkan kulit untuk membatasi produksi minyaknya yang berlebihan.

2. Menghidrasi kulit

Apel menghidrasi sekaligus membersihkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, potong seiris apel dan oleskan jusnya di seluruh wajah sampai mengering. Ini akan menyeimbangkan produksi minyak dalam tubuh dengan menjadikannya masker pelembab yang bagus.

Apel juga bisa digunakan sebagai exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Menghilangkan jerawat, noda, dan bintik-bintik gelap

Untuk menghilangkan jerawat, noda, dan bintik-bintik gelap, Anda bisa menumbuk seperempat apel dengan krim susu dan mengoleskannya di wajah.

Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Apel bagi Kecantikan

4. Menjadikan rambut panjang dan berkilau

Ekstrak apel atau pyrus malus kerap digunakan sebagai bahan pelembap di dalam sampo, kondisioner, serta serum rambut. Anda bisa menggunakan ekstrak apel untuk mendapat rambut panjang dan berkilau dengan dijadikan masker rambut.

Anda hanya perlu menyiapkan apel beserta campurannya, seperti cuka apel, jus lemon, dan tepung jagung.

5. Menguatkan rambut

Penelitian telah menunjukkan bahwa biotin terbukti mampu meningkatkan kekuatan pada setiap helai rambut. Nutrisi antioksidan yang terkandung di dalam buah apel mampu menyehatkan kulit kepala sehingga mampu menopang akar rambut lebih baik.

6. Pembentukan kolagen

Konsumsi apel secara rutin meningkatkan asupan vitamin C atau asam askorbat. Vitamin ini terlibat dalam pembentukan kolagen, protein yang banyak ditemukan di kulit.

Kolagen adalah komponen struktural penting dari kulit yang membantu menjaga penghalang tahan air kulit.

Kekurangan vitamin C menyebabkan produksi kolagen rendah, yang akhirnya menyebabkan pembukaan kembali luka lama dan robeknya kulit.

4 dari 4 halaman

Manfaat Apel bagi Kecantikan

7. Mencerahkan kulit

Buah apel mampu membuat kulit tampak lebih cerah dan menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi. Kandungan kolagen dalam apel berfungsi untuk memberikan elastisitas kulit. Kulit yang lebih elastis memberikan kesan kulit terlihat lebih bercahaya dan awet muda.

8. Agen anti-penuaan

Masker apel bermanfaat sebagai agen anti-penuaan karena mampu mengangkat kulit kusam dan kusut serta menjaga kelembapannya.

Selain dijadikan masker, konsumsi apel secara teratur menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Anda dapat menggosok parutan apel ke bagian wajah dan biarkan selama 10-20 menit.

9. Perlindungan UV

Apel mengandung partikel pertahanan UVB, yang memberikan perlindungan ekstra dari sinar matahari. Buah ini mampu mengobati sengatan matahari dan mencegah kulit mengalami pengelupasan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campur satu sendok teh gliserin dengan apel parut. Kemudian, oleskan pada kulit dan biarkan selama 15 menit. Setelah kering, cuci dengan air dingin hingga bersih.

 

Sumber: Halodoc, SehatQ

 

Yuk, baca artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer