Sukses


10 Manfaat Luar Biasa Stroberi bagi Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Stroberi merupakan buah favorit semua orang. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus dan smoothie agar lebih menyegarkan.

Buah stroberi kaya akan vitamin C, B-6, B-12, A, E, thiamin, Riboflavin, folate, dan flavoid.

Stroberi juga mengandung banyak jenis mineral, seperti kalsium, besi, mangnesium, sodium, selenium, fosfor, dan lainnya. Ditambah lagi, stroberi mengandung serat, protein, serta karbohidrat.

Manfaat stroberi yang terkenal untuk kesehatan tubuh, di antaranya memilihara kesehatan jantung, mencegah stroke, mengatasi diabetes, melancarkan buang air besar hingga membantu menurunkan berat badan.

Selain berguna untuk kesehatan, stroberi juga bermanfaat bagi kecantikan.

Penasaran seperti apa manfaat stroberi bagi kecantikan? Berikut penjelasannya, dikutip dari Robintidefarms, Kamis (15/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Stroberi bagi Kecantikan

1. Melindungi kulit dari sinar UV dan radikal bebas

Stroberi kaya akan antioksidan yang terdiri dari asam ellagic dan antosianin. Asam ellagic bisa mengurasi kerusakan kulit akibar sinar UV matahari.

Sementara Antosianin berkontribusi untuk menangkal radikas bebas. Selain itu, kedua zat tersebut juga berguna untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Anda pun tak perlu perawatan yang cukup mahal. Cukup mengonsumsi stroberi secara langsung dan rasakan sendiri manfaatnya.

2. Memutihkan gigi

Selain segar, stroberi juga berguna untuk memutihkan gigi. Anda bisa menggosok gigi dengan irisan stroberi secara bolik-balik dalam beberapa menit.

Biarkan meresap selama beberapa menit, lalu bilas.

3. Mengatasi mata panda

Ketika bangun tidur, Anda sering kesal dengan adanya kantong hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan mata panda.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan buah stroberi. Anda hanya perlu mengiris storberi menjadi dua dan meletakkan irisan tersebut pada kelopak mata.

Anda bisa sambil berbaring dan santai sembari menunggu 15 menit. Setelah itu, angkat, lalu bilas wajah Anda dengan air dingin dan nikmati hasilnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Stroberi bagi Kecantikan

4. Membersihkan sel kulit mati

Stroberi mengandung asam alfa hidroksi, yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan kulit. Selain itu, kandungan Asam salisilat dan hidroksi dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam.

Anda hanya perlu mengoleskan stroberi ke kulit, biarkan beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air dingin.

5. Membantu menjaga kuku tetap sehat

Stroberi juga bermanfaat untuk kesehatan kuku. Buah ini mengandung biotin yang berguna untuk menutrisi kuku.

Jika bosan mengonsumsi stroberi secara langsung, Anda bisa membuatnya menjadi jus, smoothie, salad atau makanan penutup lainnya.

6. Melembutkan dan menghaluskan kaki

Stroberi berguna membuat permukaan kaki Anda lembut dan halus. Anda hanya perlu membuat campuran stroberi, gliserin, dan gandum, lalu menggosoknya ke kaki Anda.

Setelah dibilas, oleskan lotion dan pakai kaus kaki katun untuk hasil yang lebih bagus.

4 dari 4 halaman

Manfaat Stroberi bagi Kecantikan

7. Mencerahkan bibir yang menghitam

Bibir yang hitam kerap menurunkan rasa percaya diri. Bibir hitam terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi kafein dan penggunaan kosmetik yang tidak tepat.

Anda bisa menggunakan stroberi untuk mencerahkan bibir dengan cara alami. Cukup potong stroberi, lalu gosokan pada bibir secara perlahan. Buah ini akan merontokan sel kulit mati dan memberikan kelembapan alami.

8. Mencegah jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap melanda semua orang. Jerawat muncul akibat produksi minyak yang berlebih.

Anda bisa mencegah masalah tersebut dengan menggunakan stroberi sebagai masker wajah. Sifat asam stroberi dapat mengontrol produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat sering muncul.

9. Menurunkan berat badan

Stroberi berguna dalam program diet yang berfungsi menurunkan berat badan. Buah ini rendah kalori, namun seratnya cukup tinggi. Terpenuhinya asupan serat dapat memberikan rasa kenyang tahan lama dan tidak mudah lapar.

Kandungan vitamin C dalam stroberi juga bisa meningkatkan metabolisme yang akan membakar kalori lebih efektif.

Selain itu, stroberi memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, buah ini akan mendorong sisa makanan agar tidak tertimbun terlalu lama, yang bisa menyebabkan badan menjadi gemuk.

Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, dijadikan salad buah, jus, atau infused water.

10. Mengurangi ketombe dan rambut rontok

Stroberi juga berguna untuk kecantikan rambut, seperti mengatasi ketombe dan rambut rontok. Buah ini bisa mengatasi masalah tersebut karena kandungan asam folat dan vitamin C.

Anda bisa menggunakan stroberi sebagai hair mask dan melakukan perawatan secara rutin.

 

Sumber: Robintidefarms

 

Yuk, baca artikel kecantikan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer