Sukses


Cara Bersepeda saat Masa Pandemi COVID-19, Tetap Aman dan Menyenangkan

Bola.com, Jakarta - Bersepeda kembali marak akhir-akhir ini meskipun masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Kegiatan itu kembali tenar karena masyarakat sudah jenuh berlama-lama berada di rumah.

Kegiatan bersepeda tentu saja sangat baik untuk kesehatan jasmani. Namun, beraktivitas di luar ruang seperti bersepeda tentu saja rawan terpapar COVID-19.

Pakar Kedokteran Olahraga, Dosen FKKMK UGM , Dr. dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro,. AIF, menjelaskan kegiatan bersepeda bagi masyarakat sifatnya rekreasional. Selain untuk menyegarkan pikiran karena terlalu lama di rumah, bersepeda juga sangat berguna untuk kekebalan tubuh.

"Bersepeda di luar rumah bersifat rekreasional sehingga menimbulkan rasa senang. Hal ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita," kata Zaenal Muttaqin.

Namun, tetap harus dilakukan dengan cara yang aman. Langkah ini dilakukan agar selama melakukan kegiatan tersebut Anda tetap bisa meminimalkan penyebaran COVID-19.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar bersepeda selama pandemi COVID-19 tetap aman, namun juga menyehatkan dan menyenangkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Cara Aman Bersepeda

1. Perhatikan Intensitas

Bersepeda pada masa pandemi COVID-19 ada baiknya dilakukan dengan intensitas yang ringan. Hal itu akan menjaga suplai oksigen dalam tubuh.

Seperti diketahui, selama bersepeda pada masa pandemi COVID-19 disarankan untuk menggunakan masker. Hal itu tentu saja bisa mengurangi masuknya oksigen ke paru-paru sehingga disarankan untuk tidak dilakukan dalam intensitas berat.

2. Pakai Alat Pelindung

Gunakan alat pelindung diri seperti helm untuk keselamatan saat bersepeda. Kemudian jaga jarak antarpengendara sepeda minimal 3 meter.

Langkah ini dilakukan untuk menjaga keselamatan saat bersepeda di jalan raya. Selain itu juga untuk meminimalisir resiko penularan saat bersepeda.

3. Bawa Minuman

Bawalah minuman sendiri dari rumah. Sehingga selama melakukan kegiatan bersepeda Anda tidak perlu repot membeli ke toko yang berisiko penularan.

Hal ini bisa meminimalisir kontak dengan orang lain. Sehingga selama bersepeda Anda bisa terhindar dari COVID-19.

Sumber: UGM

Video Populer

Foto Populer