Sukses


7 Manfaat Buah Naga bagi Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Buah naga merupakan satu di antara buah yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis segar, dengan buah berwarna merah segar maupun putih menggoda, membuat semua kalangan menyukai buah naga.

Buah naga memiliki bentuk unik. Kulitnya berwarna merah dan sedikit bersisik.

Buah naga terdiri dari dua jenis, yakni berasal dari buah naga yang berdaging putih, maupun buah naga merah. Buah yang berasal dari Meksiko ini termasuk jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus.

Selain enak, manfaat buah naga cukup beragam. Ada beberapa kandungan nutrisi dalam buah naga yang memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh, beberapa di antaranya seperti rendah kalori, serat, vitamin, fosfor, protein, kalsium, captin, dan antioksidan.

Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk memelihara kesehatan tubuh. Segudang manfaat, mulai meningkatkan daya tahan tubuh, hingga membantu mencegah kanker.

Tak hanya itu, buah naga juga bermanfaat bagi kecantikan. Manfaat buah naga sangat sayang untuk dilewatkan.

Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat buah naga bagi kecantikan, dikutip dari Klikdokter dan SehatQ, Senin (26/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga bagi Kecantikan

1. Membantu mengurangi berat badan

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan, satu di antaranya akibat terlalu banyaknya mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak.

Buah naga kaya akan serat serta rendah kalori. Buah ini diyakini membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan.

Selain itu serat yang ada pada buah ini juga membantu Anda mengurangi asupan makanan berlebih dan memperlancar pencernaan sehingga tidak banyak makanan yang menumpuk di perut.

2. Mengatasi kerusakan rambut

Buah naga sangat baik untuk perawatan rambut yang telah diwarnai. Rambut yang telah diwarnai dengan zat kimia dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan.

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengolah buah naga menjadi jus, lalu mengoleskannya pada kulit kepala Anda sebelum keramas. Buah naga berperan membantu melindungi kesehatan folikel rambut.

Vitamin dan mineral dalam buah naga dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala agar pertumbuhan rambut Anda sehat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga bagi Kecantikan

3. Mencegah dan mengatasi jerawat

Buah naga kaya antioksidan dan vitamin C. Kedua kandungan ini dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah jerawat yang membandel pada wajah.

Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengolah buah naga menjadi masker. Anda cukup menghaluskan buah naga, lalu mengaplikasikannya pada area wajah yang terkena jerawat.

Tunggu olesan buah naga sampai kering, kemudian basuh dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Buah naga yang kaya vitamin C ini dapat mengurangi proses radang pada wajah akibat jerawat.

4. Mencerahkan dan menghaluskan kulit

Manfaat selanjutnya dari buah naga adalah dapat mencerahkan kulit. Anda bisa mengonsumsi dan memakai masker atau lulur buah naga rutin agar wajah lebih cerah.

Selain itu, buah naga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Manfaat ini didapat karena kandungan vitamin B3, vitamin C, protein, dan asam folat pada buah naga.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga bagi Kecantikan

5. Melembapkan kulit

Mengonsumsi buah naga dapat melembapkan kulit. Kandungan vitamin C, vitamin B3, dan vitamin E pada buah ini bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit.

Rutin mengonsumsinya, kulit wajah dan tubuh yang cenderung kering akan kembali lembap dan terhidrasi dengan baik. Anda pun bisa mengolahnya menjadi masker wajah alami.

Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas. Jadi, kulit Anda akan lembap sepanjang hari.

6. Mengatasi penuaan dini

Rutin mengonsumsi buah naga dapat menjaga kulit Anda tetap awet muda dan tetap kencang. Kandungan vitamin E dan betakaroten pada buah ini dapat menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel.

Biasanya radikal bebas ini yang menimbulkan tanda penuaan dini, berupa keriput hingga kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Anda dapat memperoleh manfaat buah naga yang satu ini dengan menjadikan buah naga sebagai masker wajah.

7. Mengatasi kulit yang terbakar matahari

Manfaat buah naga juga dapat mengatasi luka kulit akibat berjemur. Kandungan buah naga yang tinggi akan vitamin B3 dapat melembapkan kulit yang terbakar.

Anda dapat menggunakan pasta buah naga yang telah dicampur dengan timun dan madu.

 

Sumber: Klikdokter, SehatQ

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer