Sukses


9 Manfaat Hebat Jahe untuk Kecantikan Wajah

Bola.com, Jakarta - Jahe merupakan satu di antara tanaman rimpang (Rhizoma) yang telah terkenal sebagai rempah-rempah untuk bumbu dapur dan bahan obat alami. 

Jahe memiliki berbagai senyawa kimia yang dipercaya banyak orang dapat menyembuhkan atau meredakan berbagai masalah kesehatan. Kandungan yang terdapat dalam jahe, seperti minyak atsiri, antibiotik alami, gingerol yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan kuat.

Berdasarkan penelitian, rimpang jahe mengandung zat aktif seperti phenol, fellandren, minyak damar, sineol, kamfer, vitamin A, B1, C, zingiberin, zingiberol, gigerol, asam amino, zingeron, borneol, lipidas, protein, niacin, dan masih banyak lagi.

Beberapa manfaat jahe bagi kesehatan, di antaranya mencegah kanker, memperkuat sistem imunitas tubuh, meredakan pusing dan nyeri otot, serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

Anda bisa mendapatkan manfaat jahe dengan cara mencampurkannya dengan masakan atau menyeduh bubuk ekstrak jahe secara rutin setiap hari.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dengan segala kandungan penting di dalamnya, jahe juga memiliki manfaat untuk kecantikan wajah, seperti mencegah dan mengatasi jerawat.

Anda tertarik membuktikan kehebatan jahe untuk kecantikan? 

Berikut ini penjelasan perihal manfaat jahe bagi kecantikan wajah, seperti disadur dari Merdeka, Selasa (27/10/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

1. Mengangkat sel kulit mati

Jahe bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengangkat sel kulit mati. Jahe dihaluskan dengan cara diparut, kemudian hasil parutan jahe dioleskan dan sedikit digosok pada permukaan kulit wajah sebagai scrub.

Namun, perlu diingat, menggosokkan parutan jahe ke wajah harus dengan gerakan yang lembut. Hal ini supaya tekstur jahe yang sedikit kasar tidak melukai kulit wajah.

2. Mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari

Jahe dimanfaatkan sebagai pereda sunburn atau kondisi kulit yang terbakar akibat terkena paparan sinar matahari yang cukup lama. Biasanya kulit yang terpapar sinar matahari akan tampak merah dan terasa perih, seperti sensasi terbakar.

Kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan air perasan jahe maupun parutan jahe untuk meredakan rasa panas dan dampak kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

3. Melembapkan kulit

Jahe juga bisa digunakan sebagai bahan untuk melembabkan kulit kering. Kandungan yang terdapat dalam jahe mampu memberikan kelembapan alami kulit, termasuk kulit wajah.

Hal ini bisa didapatkan secara maksimal jika dilakukan dengan rutin. Selain itu juga perlu diimbangi dengan konsumsi air yang cukup agar kulit makin terhidrasi dengan baik.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

4. Mencegah dan mengatasi jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering muncul pada wajah. Terlebih lagi bagi remaja, yang mengalami perubahan hormon serta ibu hamil.

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat, bisa memanfaatkan jahe sebagai obatnya. Kandungan antiseptik dan antioksidan yang terdapat dalam jahe berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Bukan hanya itu, jahe juga dapat membantu mengeringkan jerawat lebih cepat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menghaluskan jahe dan mencampurnya dengan dua sendok makan madu. Setelah itu simpan di dalam lemari es beberapa menit. Jika sudah dingin dapat langsung dioleskan pada wajah yang berjerawat.

5. Mengontrol minyak di wajah

Selain mengatasi jerawat, jahe juga dapat digunakan sebagai pengontrol minyak wajah dengan baik. Pada dasarnya, minyak yang berlebihan pada wajah merupakan satu di antara penyebab munculnya jerawat.

Apalagi jika minyak pada wajah tercampur dengan bakteri dan kotoran yang berasal dari polusi udara, bisa jadi tumbuh menjadi jerawat yang meradang.

Jahe baik digunakan untuk mengurangi minyak pada wajah agar tidak menimbulkan jerawat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

6. Memudarkan flek hitam

Flek hitam pada wajah cukup menjadi masalah karena dapat mengganggu penampilan. Apalagi flek hitam yang muncul adalah bercak hitam kecokelatan pada bekas jerawat.

Banyak orang yang terganggu dengan hal ini sampai rela melakukan perawatan laser dengan harga yang tidak murah demi menghilangkannya dari wajah.

Padahal, ada cara yang lebih alami dan tentunya lebih murah untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan menggunakan jahe.

Selain mengatasi jerawat, jahe juga terbukti membantu memudarkan flek hitam. Dengan mencampurkan parutan jahe dengan teh hijau dan mengoleskannya pada wajah secara rutin, flek hitam bekas jerawat lama-kelamaan akan makin memudar.

7. Menyamarkan bekas luka

Tak hanya mampu memudarkan flek hitam, jahe bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka. Bagi Anda yang memiliki bekas luka di wajah, bisa tanaman super satu ini.

Caranya dengan parut jahe hingga halus, lalu peras parutan jahe tersebut dengan menggunakan kain atau alat penyaring. Gunakan air perasan jahe untuk dioleskan pada area bekas luka di wajah. Cara ini perlu dilakukan secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

8. Menghilangkan kantong mata

Kantong mata yang besar bahkan berwarna kehitaman sering menjadi masalah yang mengganggu penampilan. Namun, Anda tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan operasi pengangkatan lemak di bawah mata.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan kantong mata, bisa dengan menggunakan bahan alami jahe. Caranya dengan menghaluskan jahe, lalu memeras jahe yang sudah halus menjadi cairan.

Setelah itu bisa dituangkan ke dalam cetakan es dan memasukkannya ke kulkas. Setelah menjadi es padat, gunakanlah sebagai kompres mata secara rutin untuk hasil maksimal.

9. Mencegah penuaan dini

Jahe mengandung oksidan tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan ini dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta dapat mencegah dari penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat ini bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi air jahe setiap hari. Jika ingin rasa yang lebih bervariasi, bisa dengan menambahkan madu dan perasan lemon.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 21/2/2020)

Highlights Pertarungan Tinju Mike Tyson Vs Roy Jones Jr yang Berakhir Imbang

Video Populer

Foto Populer