Sukses


8 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Sederhana dan Tanpa Mengeluarkan Biaya Mahal

Bola.com, Jakarta - Memiliki ketombe memang sangat memang sangat mengganggu. Masalah ini kerap merusak kepercayaan diri seseorang.

Apalagi jika ketombe jatuh dan menempel pada baju yang berwarna gelap, tentu bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri dalam berpenampilan. Keluhan ini bisa dialami pria atau wanita, tua maupun muda.

Ketombe akan muncul saat terjadi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala. Selain serpihan putih yang muncul di rambut, ketombe juga bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab munculnya ketombe. Dilansir Alodokter, beberapa faktor penyebab munculnya ketombe antara lain kebersihan kulit kepala dan rambut yang tidak terjaga, kulit kepala yang kering, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, hingga infeksi jamur.

Kondisi itulah yang membuat seseorang melakukan segala cara untuk mengatasi masalah ketombe. Bahkan, tak sedikit yang melakukan perawatan dengan mengeluarkan biaya mahal, hanya untuk membasmi ketombe dan memiliki kulit kepala sehat.

Ketombe bisa dihilangkan dengan cara sederhana dan menggunakan bahan alami tanpa mengeluarkan biaya mahal. Ada baiknya Anda mencoba beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe secara alami, dikutip dari Alodokter dan Healthline, Minggu (1/11/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Minyak kelapa

Bahan pertama yang bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe adalah minyak kelapa. Penggunaan minyak kelapa diyakini bisa meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Di samping itu, minyak kelapa dapat membantu pengobatan eksim, suatu kondisi kulit yang dapat menyebabkan ketombe. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke kulit selama delapan minggu dan mampu mengurangi gejalanya hingga 68 persen.

Manfaat ini dikarenakan minyak kelapa memiliki kandungan antimikroba.

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe secara alami selanutnya adalah dengan lidah buaya. Kandungan antibakteri dan antijamur lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe.

Penggunaan lidah buaya diyakini dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala ketombe.

3. Tea tree oil

Tak hanya bisa mengobati jerawat, tea tree oil juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe. Tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup encampurkan tea tree oil murni dengan sampo yang biasa digunakan. Cara lainnya yang bisa diaplikasikan dengan mengoleskan minyak tea tree oil murni yang telah dicampurkan dengan lidah buaya ke kulit kepala secara merata.

Perlu diperhatikan, jika kulit terlihat memerah, sebaiknya jangan gunakan bahan ini karena mungkin saja Anda alergi.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

4. Cuka apel

Memiliki beragam manfaat, cuka apel diyakini bisa menjadi obat alami mengatasi ketombe. Cuka apel dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Di samping itu, cuka apel pun dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe. Untuk mendapatkan manfaatnya cukup tambahkan beberapa sendok makan cuka apel ke sampo yang biasa digunakan.

5. Baking soda

Selain mudah dijumpai sebagai bahan campuran pembuatan kue, baking soda juga adalah obat alami untuk membantu mengatasi ketombe. Baking soda bertindak sebagai exfoliant lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi scaling dan gatal.

Kandungan antijamur yang ada di dalamnya bisa bermanfaat dalam pengobatan ketombe. Sebuah penelitian menyatakan penggunaan baking soda mampu menghambat pertumbuhan jamur pada 79 persen spesimen setelah tujuh hari pemakaian.

Anda cukup oleskan baking soda langsung ke rambut yang terlah basah dan pijatkan ke kulit kepala Anda. Biarkan selama satu atau dua menit, lalu lanjutkan keramas seperti biasa.

6. Lemon

Memiliki segudang khasiat untuk kecantikan, lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe secara alami. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B kompleks, karbohidrat, lemak, kalsium, protein, magnesium, serat, dan masih banyak lagi dapat menghilangkan ketombe secara tuntas.

Selain itu, lemon juga dipercaya untuk menebalkan dan menumbuhkan rambut.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

7. Bawang merah

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah bisa digunakan sebagai pembasmi ketombe. Beragam kandungan yang ada di dalam bawang merah mampu mencegah munculnya ketombe.

Caranya menghilangkan ketombe dengan bawang merah adalah Siapkan bawang merah secukupnya. Kupas kulitnya terlebih dahulu kemudian blender atau haluskan secara manual.

Aplikasikan ke kulit rambut secara merata, tunggu selama beberapa saat saja. Terakhir, bilas hingga bersih.

8. Larutan garam

Garam yang digunakan sebagai penambah rasa asin bisa Anda jadikan solusi untuk mengatasi ketombe. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup ambil lima sendok garam dan tambahakn air hangat.

Aplikasikan ke kulit kepala Anda lalu pijat halus. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas sampai bersih.

 

Sumber: Alodokter, Healthline

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer