Sukses


8 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui

Bola.com, Jakarta - Tahukah Anda cuka apel merupakan bahan alami untuk bahan perawatan kecantikan? Anda bisa mencoba cara alami yang terkenal murah meriah untuk melakukan perawatan.

Manfaat cuka apel ini sudah dikenal dan sudah banyak yang membuktikan hasil baiknya. Dilansir Hellosehat, cuka apel cukup terkenal dalam dunia kecantikan sebagai pembasmi jerawat.

Cuka apel terbuat dari cairan yang keluar dari hasil penghancuran dan remasan apel, yang kemudian ditambahkan bakteri dan jamur hingga terfermentasi. Proses ini mengubah gula dan pemanis dalam apel menjadi alkohol.

Proses fermentasi kedua mengubah alkohol menjadi cuka. Secara umum, cuka sari apel memiliki kandungan antibakteri, antijamur dan antivirus.

Perlu diperhatikan, Anda jangan menggunakan cuka apel jika kulit Anda sensitif. Ada baiknya konsultasikan cara penggunaan cuka apel dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari cuka apel untuk kecantikan. Berikut berbagai manfaat cuka apel yang wajib Anda ketahui, dikutip dari Hellosehat dan Doktersehat, Minggu (1/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan yang Wajib Diketahui

1. Pembersih wajah

Penggunaan cuka apel cukup efektif untuk membersihkan wajah Anda. Kandungan asam asetat yang ada di dalam cuka apel mampu membunuh bakteri dan kotoran di area wajah Anda.

Cuka apel dianggap dapat menghilangkan bakteri penyebab penyakit kulit, termasuk jerawat dan eksim. Selain itu, kandungan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B-3 juga dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda dan menyeimbangkan pH kulit saat dibersihkan.

2. Mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi ketika warna kulit Anda berubah menjadi belang akibat produksi melanin berlebih. Jika Anda mengalami masalah ini warna kulit Anda akan berubah menjadi gelap apabila memiliki masalah pada konsumsi kosmetik.

Untuk mengatasi hiperpigmentasi Anda cukup memanfaatkan cuka apel. Kandungan asam asetatnya diyakini mampu memberikan manfaat untuk membantu mengatasi masalah ini dan mengembalikan kecerahan kulit wajah.

3. Mengatasi kulit wajah keriput

Secara alami dengan bertambahnya usia kulit akan kehilangan elastisitas hingga akhirnya membentuk keriput. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat merawat kulit sejak dini dengan menggunakan cuka apel.

Penggunaan cuka apel sebagai toner dipercaya mampu mengatasi keriput. Tak hanya itu, cuka apel juga berperan untuk mengencangkan kulit dan melindunginya dari bakteri.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan yang Wajib Diketahui

4. Menyamarkan bekas jerawat

Kandungan asam organik pada cuka apel dapat memicu regenerasi pada kulit tersebut. Di samping itu, kandungan asam laktak juga mampu memperbaiki tekstur dan pigmentasi pada bekas jerawat.

5. Pelepasan sel kulit mati

Manfaat selanjutnya cuka apel baik untuk proses perawatan kulit yang bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang sudah tua. Kandungan asam malat yang ada di dalam cuka apel dapat membantu pengelupasan kulit mati dan meregenerasi sel kulit baru.

6. Mengatasi jerawat

Sudah disebutkan di awal, cuka apel ampuh dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Jerawat disebabkan menumpuknya bakteri dan minyak sehingga menyumbat pori-pori di wajah.

Gunakan cuka apel sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah sehari-hari untuk manfaat yang maksimal.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan yang Wajib Diketahui

7. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit adalah metode perawatan kulit untuk melepaskan sel-sel mati di bagian kulit terluar. Anda dapat menggunakan cuka apel untuk melakukan eksfoliasi kulit secara alami.

Cuka apel dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membuka penyumbatan pori-pori, dan juga menghilangkan bakteri dengan metode eksfoliasi kulit. Perlu diperhatikan, ada baiknya cuka apel hanya digunakan seminggu sekali karena akan mengiritasi kulit bila digunakan terlalu sering.

8. Mengatasi komedo

Masalah kulit ini umum yang terjadi baik pada wanita atau laki-laki. Komedo disebabkan adanya penyumbatan pada pori-pori dan penumpukan bakteri di area wajah Anda.

Anda dapat menggunakan sari cuka apel yang dicampur dengan soda kue untuk mengatasi komedo.

 

Sumber: Hellosehat, Doktersehat

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer