Sukses


9 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami, Praktis dan Hemat

Bola.com, Jakarta - Bau kaki sudah lama menjadi permasalahan yang dialami banyak orang. Siapapun bisa saja mengalami bau pada kakinya.

Bau kaki bukan hanya menyebabkan diri sendiri saja yang tidak nyaman, tetapi kondisi ini juga bisa membuat orang sekitar kita, ikut merasa tidak nyaman.

Bau kaki atau dalam istilah medis, Bromodosis, adalah kondisi saat keringat keluar secara berlebih di daerah kaki.

Masalah ini dapat menimbulkan bebauan yang tidak sedap. Jika dibiarkan terus menerus, bau kaki akan berdampak buruk pada penderitanya. Bau kaki bisa merangsang penyakit kesehatan lain, seperti jamur di kaki, gatal-gatal, dan ruam pada kulit.

Apabila Anda sedang mengalami permasalahan yang sama, jangan cemas. Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan bau kaki. Mulai cara medis dengan mengeluarkan biaya banyak hingga cara alami. Kuncinya, pastikan rajin dan rutin melakukan perawatan.

Berikut beberapa cara menghilangkan bau kaki secara alami agar Anda bisa kembali tampil dengan percaya diri lagi, dikutip dari DokterSehat dan Wholelifestylenutrition, Rabu (4/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

1. Rendaman air garam

Cara alami pertama untuk mengatasi masalah bau di kaki dengan air garam. Caranya, Anda cukup merendam kaki dengan air garam secukupnya.

Rendam kaki selama 10-15 menit. Rendaman air garam ini memiliki beragam manfaat lain, seperti merelaksasi dan meredakan eksim.

2. Rendaman air lemon

Cara selanjutnya dengan merendam kaki dengan air lemon. Rendam kaki selama 15 menit.

Lemon dipercaya mampu mengatasi kelebihan keringat dan bakteri penyebab bau kaki. Hal ini karena lemon memiliki kandungan antibakteri.

3. Rendaman air cuka

Anda bisa menggunakan air cuka sebagai bahan alami untuk mengatasi bau kaki. Anda cukup mencampur cuka dan air dengan perbandingan 2:1.

Rendam selama 15 menit. Namun, pastikan tidak ada luka atau iritasi pada kaki Anda.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

4. Rendaman air baking soda

Selain cuka dan lemon, baking soda juga dipercaya bisa mengatasi bau kaki. Cukup campurkan 1/4 gelas baking soda dengan air secukupnya untuk merendam kaki.

Anda juga bisa menambahkan perasan lemon secukupnya untuk menambah aroma pada air rendaman.

5. Rendaman teh hitam

Teh hitam memiliki kandungan asam tanat. Menurut Reader’s Digest Best Health, kandungan ini dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki dan mengurangi produksi keringat pada kaki.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup seduh dua kantong teh hitam dengan dua liter air. Tunggu hingga suhu air ideal untuk merendam kaki, lalu rendam kaki selama 30 menit.

6. Kopi

Selain teh hitam, kopi bisa menjadi bahan alami selanjutnya untuk mengatasi masalah bau kaki.

Mencampurkan kopi dengan minyak kelapa secukupnya dan diolah menjadi scrub. Cara ini juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

7. Cuka apel

Cuka apel bisa menjadi solusi selanjutnya untuk mengatasi masalah bau kaki. Cuka apel bisa membunuh bakteri dan mengeringkan kelembapan berlebih yang menyebabkan bau kaki.

Cara cukup tambahkan 1/2 cangkir cuka apel dengan satu liter air hangat. Lalu, rendam kaki Anda selama 10-15 menit.

Bilas kaki sampai bersih. Ulangan hingga tiga kali seminggu atau sampai bau kaki Anda hilang.

8. Tepung maizena

Tak hanya berguna sebagai bahan pembuat kue, tepung maizena dapat digunakan untuk menghilangkan bau kaki yang ampuh. Caranya pun sangat mudah. Bubuhkan tepung maizena pada kaki sama seperti ketika Anda menggunakan bedak kulit.

9. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung kadar asam dan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini berguna sebagai antibakterial yang kuat dan efektif. Caranya, potong 1 buah jeruk nipis menjadi 2 bagian.

Oleskan jeruk nipis yang telah dibelah pada kaki Anda secara merata. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

 

Sumber: DokterSehat, Wholelifestylenutrition

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer