Sukses


8 Manfaat Menyegarkan Bunga Mawar untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Bunga mawar sudah dikenal dengan keindahan serta aromanya. Di Indonesia, bunga ini kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias, dekorasi berbagai acara, hingga kado spesial untuk orang terkasih.

Terlepas dari hal tersebut, bunga mawar juga memiliki berbagai kegunaan lain, khususnya bagi kesehatan sekaligus kecantikan. Manfaat bunga ini untuk kecantikan didapatkan terutama dari air mawar.

Air mawar ini dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar. Penyulingan ini akan menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga mawar. 

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan dapat mendukung perawatan kecantikan Anda. Beberapa kandungan bunga mawar yang populer adalah vitamin C, yang dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit.

Bunga mawar juga mengandung vitamin E, vitamin K, vitamin B, zat tanin, geraniol, nerol dan flavanoid.

Dengan kelebihan tersebut tak heran banyak produsen produk kecantikan berbondong-bondong menjadikan bunga mawar sebagai bahan utama dalam produk kecantikan.

Lantas apa lagi khasiat bunga mawar bagi kecantikan? Berikut rangkuman beragam manfaat kecantikan dari bunga mawar, dinukil dari food.ndtv, Jum'at (13/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan

1. Pelembab alami kulit wajah

Manfaat pertama dari bunga mawar untuk kecantikan yaitu untuk mengatasi masalah kulit kering. Untuk menghindari masalah kulit ini, Anda bisa mengaplikasikan air mawar sebagai pembersih atau toner wajah secara rutin.

Ada banyak masalah yang ditimbulkan karena kulit kering, seperti mudah iritasi, jerawat, dan penuaan dini. Kandungan pelembab alami dan antioksidannya, tidak heran bila khasiat bunga mawar adalah sebagai pelembab wajah yang ampuh.

2. Mengatasi jerawat

Bila kulit Anda mengalami masalah kulit ini, bunga mawar bisa sebagai obat jerawat alami. Cara mengatasi masalah kulit berjerawat bisa dengan memanfaatkan air mawar.

Bunga mawar memiliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan jerawat dengan cepat. Selain itu, terdapat etanol fenil atau senyawa antiseptik yang mampu mencegah jerawat untuk tumbuh di kulit.

3. Menghambat penuaan dini

Beberapa penelitian mengungkap bahwa satu di antara khasiat bunga mawar adalah menghambat penuaan dini. Bunga mawar dapat mengurangi garis halus atau kerutan di wajah.

Bunga mawar mengandung zat pelembab sekaligus antioksidan. Kedua kandungan ini diketahui mampu menangkal radikal bebas serta mengatasi masalah kerusakan kulit yang membuat kulit tampak lebih tua dan berkeriput.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguak potensi yang dikandung oleh bunga mawar, khususnya terkait hal ini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan

4. Meredakan peradangan

Manfaat selanjutnya bunga mawar untuk kecantikan, yakni dapat meredakan peradangan. Bunga mawar memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Kandungan ini berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit sehingga diduga dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Cara menggunakannya, Anda bisa mengoleskan kapas yang sudah dibahasi air mawar pada area kulit yang bermasalah. Anda bisa mendapatkan manfaat ini tidak hanya pada kulit wajah saja.

5. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan lainnya adalah untuk mencerahkan kulit. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin A dan vitamin E yang bekerja sangat baik untuk membantu eksfoliasi di kulit wajah.

Selain itu, sifat antioksidan dari air mawar mampu memperkuat sel-sel kulit dan meregenerasi jaringan kulit.

6. Mengurangi mata panda

Hampir semua orang pernah merasakan masalah mata panda atau area sekitar mata yang menghitam. Masalah ini membuat penderitanya tidak nyaman dan dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang.

Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa memanfaatkan bunga mawar sebagai solusi untuk mengurangi mata panda. Anda cukup menaruh kelopak mawar atau gunakan bola kapas yang direndam di air mawar, lalu letakkan di sekitaran lingkaran mata agar mata panda dapat berkurang.

Lakukan setiap hari menjelang waktu tidur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan

7. Toner wajah alami

Manfaat air mawar yang satu ini mungkin sudah sering Anda dengar. Air mawar sering digunakan sebagai toner atau pembersih wajah yang bisa memberikan efek menyegarkan di kulit wajah.

Anda bisa menuangkan air mawar pada kapas, lalu tepuk-tepuk pada permukaan wajah Anda. Lakukan cara ini sebelum tidur secara rutin.

8. Membantu menghilangkan ketombe

Selain digunakan sebagai perawatan kulit, bunga mawar juga dikenal sebagai pengobatan untuk radang kulit kepala dan menghilangkan ketombe pada rambut. Bunga mawar ini dapat dijadikan sebagai kondisioner alami yang memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut Anda.

 

Sumber: food.ndtv

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer