Sukses


Tak Hanya Bisa Usir Serangga, Ini 7 Manfaat Bunga Lavender untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Seperti yang kita ketahui, bunga lavender (Lavandula spica) memiliki aroma yang sangat khas. Bunga cantik berwarna ungu ini memiliki segudang manfaat.

Biasanya, bunga lavender terkenal ampuh usir serangga, ternyata bunga lavender juga berguna untuk kecantikan. Tanaman ini sering digunakan untuk berbagai produk wewangian seperti parfum, produk mandi dan perawatan tubuh.

Biasanya, bunga lavender ini diolah dalam bentuk minyak sehingga dapat digunakan sebagai perawatan kulit dan rambut. Minyak lavender mungkin satu di antara minyak yang terkenal dan difavoritkan banyak orang.

Bunga lavender adalah tanaman asli Mediterania, Semenanjung Arab, dan Rusia. Saat ini lavender banyak di tanam di seluruh belahan dunia.

Bunga lavender merupakan tanaman yang masuk ke dalam famili Lamiaceae. Bunga ini diyakini sudah ada sejak 2.500 tahun yang lalu.

Berikut ini adalah kumpulan manfaat bunga lavender dari segi kecantikan, dikutip dari Stylecraze dan Herbaldynamicsbeauty, Sabtu (14/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Lavender untuk Kecantikan

1. Mengatasi rambut rontok

Bunga Lavender dipercaya dapat membantu mengatasi kerontokan pada rambut Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bunga ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda hingga 44 persen setelah 7 bulan perawatan.

Namun, khasiat ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

2. Mengatasi masalah rambut

Minyak lavender telah lama digunakan untuk kecantikan rambut. Minyak lavender dapat melembabkan kulit kepala dan helai rambut serta memiliki kandungan antibakteri.

Ini membuatnya ideal untuk mengatasi rambut kering, ketombe, dan kerontokan. Selain itu, minyak lavender dapat menghidrasi dan melembutkan, sehingga rambutmu menjadi sehat dan mudah diatur.

Dalam penggunaannya, kombinasikan beberapa tetes dengan minyak zaitun, jojoba atau kelapa, lalu pijatkan ke kulit kepala.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Lavender untuk Kecantikan

3. Mencegah penuaan dini

Lebih dari sekedar wangi, bunga lavender baik untuk memerangi tanda-tanda penuaan. Kandungan antioksida yang ada di dalamnya mampu melindungi kulit Anda dari paparan  radikal bebas dari sinar matahari dan polusi lingkungan.

Radikal bebas dapat memicu munculnya tanda penuaan lebih cepat, seperti kerutan dan garis halus. Munculnya tanda penuaan dini dapat dicegah dengan menambahkan minyak lavender ke dalam perawatan kulit harian Anda.

Cukup campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan minyak kelapa, dan gunakan sebagai pelembab ketika pagi, malam, atau kapanpun ketika kulit terasa kering.

4. Mengobati jerawat

Minyak esensial yang berasal dari tumbuhan seperti bunga lavender ternyata berpotensi untuk membunuh bakteri, sehingga mencegah sekaligus mengobati jerawat. Hal ini karena bunga lavender memiliki kandungan senyawa antibakteri dan antijamur.

Untuk merasakan manfaatnya yang satu ini, Anda harus melarutkannya dengan minyak kelapa atau carrier oil lainnya, lalu aplikasikan ke wajah setelah cuci muka.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai toner. Sehingga dapat dijadikan sebagai solusi yang lebih alami untuk mengatasi jerawat di wajah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Lavender untuk Kecantikan

5. Mencerahkan wajah

Bunga lavender dapat dijadikan sebagai solusi alami untuk Mencerahkan wajah. Bunga yang telah diolah menjadi minyak mampu mengurangi kondisi diskolorasi (warna tidak merata) pada kulit, termasuk bintik-bintik hitam.

Jika digunakan secara teratur, warna kulit wajah akan lebih merata serta tampak cerah dan bercahaya.

6. Mengatasi bibir pecah-pecah

Manfaat bunga lavender selanjutnya untuk kecantikan dapat menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah. Cukup gosokkan beberapa tetes minyak lavender dengan shea butter, minyak jojoba, atau minyak kelapa ke bibir Anda secara teratur.

7. Meredakan eksim

Eksim bisa menjadi kondisi kulit yang sangat memalukan, membuat pendiritanya tidak nyaman. Tetapi Anda jangan cemas, minyak lavender bisa mengatasi masalah ini.

Hal ini karena minyaknya memiliki kemampuan meredakan gatal dan mengurangi gejala eksim. Tak hanya itu, minyak lavender juga dapat menghilangkan area yang teriritasi pada kulit dengan menambahkan kelembapan, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

 

Sumber: Stylecraze, Herbaldynamicsbeauty

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer