Sukses


Positif COVID-19 Tanpa Gejala, 5 Hal Ini Perlu Dilakukan saat Isolasi Mandiri di Rumah

Bola.com, Jakarta - Jumlah penderita yang dinyatakan positif virus corona COVID-19 masih menunjukkan grafik meningkat. Melansir dari laman web Worldometers, Minggu (15/11/2020), ada lebih dari 54 juta orang terinfeksi virus corona di dunia.

Lebih dari satu juta orang meninggal dunia. Di Indonesia, hingga tulisan ini dibuat, ada 467 ribu orang terinfeksi virus corona.

Hingga sekarang, angka penambahan mereka yang terpapar virus Corona masih belum terhenti. Apalagi, sejumlah yang dinyatakan positif COVID-19, sebagian besar ternyata tanpa gejala. Jenis inilah yang berisiko tinggi menularkan ke orang lain.

Bagi pengidap positif COVID-19 ringan atau tanpa gejala, kini tidak perlu melakukan karantina di rumah sakit, cukup dengan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun, selama melakukan isolasi mandiri di rumah, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghilangkan virus tersebut dari tubuh.

Apa saja yang harus dilakukan pasien COVID-19 tanpa gejala selama isolasi mandiri di rumah ?

Berikut ini lima hal yang perlu pasien COVID-19 lakukan saat isolasi mandiri di rumah, menurut National Health Service (NHS) Britania Raya, seperti dikutip dari The Guardian, Senin (15/11/2020) 

2 dari 2 halaman

Tips Sembuh dari COVID-19 saat Isolasi Mandiri di Rumah

1. Meningkatkan sistem imun

Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh merupakan tindakan yang wajib dilakukan. Cara meningkatkan imunitas tubuh, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat.

Pola hidup sehat yang bisa dilakukan ialah rajin berolahraga, mengonsumsi sayur dan buah, serta jenis makanan dan minuman sehat lainnya lainnya.

2. Obati gejala

Jika selama menjalani isolasi mandiri tubuh mengalami gejala COVID-19, seperti suhu tubuh naik, demam, batuk, sakit tenggorokan, segera obati gejala tersebut. Jika masih mengalami gejala tersebut, segera hubungi rumah sakit terdekat.

3. Melindungi Paru-paru

Virus corona merupakan jenis virus yang menyerang paru-paru. Jadi, melindungi paru-paru penting dilakukan untuk memulihkan gejala virus corona. Adapun cara melindungi paru-paru ialah dengan berhenti merokok, menghindari asap rokok, dan berolah raga secara rutin.

4. Menjaga tubuh jangan sampai dehidarasi

Mengonsumsi air agar tubuh tidak dehidrasi juga penting dilakukan. Hal itu merupakan satu di antara cara efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk minum minimal 3 liter air dalam sehari.

5. Mengonsumsi suplemen kesehatan

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang mendukung penggunaan suplemen apa pun untuk melindungi tubuh dari COVID-19. Namun, pentingnya mengonsumsi suplemen kesehatan untuk membantu meningkatkan sistem imun.

Dalam mengonsumsi suplemen tersebut juga harus memperhatikan dosis. Jadi, jangan berlebihan agar tidak terjadi hal yang tidak diingankan.

 

Sumber: The Guardian

Video Populer

Foto Populer