Sukses


Bola Beli: Sepatu Futsal Adidas Jelas Bagus tapi Kurang Cocok untuk Jenis Kaki Lebar?

Bola.com, Jakarta Siapa bilang sepatu futsal Adidas selalu mahal? Bila pembaca beruntung mendapatkan diskon hingga 50% di periode tertentu cukup dengan Rp 300 ribu-an Anda sudah bisa memiliki sepasang sepatu futsal dengan kualitas yang top. Harga sepatu futsal Adidas termahal saat ini bisa mencapai Rp 1,3 juta, tapi memang untuk memastikan ukurannya cocok maka pembaca membelinya secara offline kecuali jika Anda sudah sudah pernah membeli dan tahu persis standard ukuran Adidas. 

Ya, pembelian online memang harus presisi dari sisi pemesanan nomor sepatu, terutama untuk mereka yang memiliki jenis kaki lebar. Lantaran Adidas adalah buatan Jerman, bisa dimaklumi bila tipe sepatu buatan mereka punya karakter langsing dan panjang seperti kebanyakan kaki orang Eropa. 

Hal ini memang sebuah kondisi yang khas untuk produk sepatu Adidas, yang jarang memiliki lebih dari satu ukuran lebar kaki dalam nomor yang sama. Sementara untuk sepatu futsal merek Lotto, misalnya, pembaca bisa mendapatkan beberapa opsi lebar sepatu.

Untuk nomor sepatu 42 untuk merek tertentu akan ada pilihan lebar standar dan extra wide. Imbasnya, seorang yang berkaki lebar tidak perlu terpaksa membeli nomor 43 dengan mengorbankan ketidakcocokan ukuran panjang sepatu pilihannya. 

 

2 dari 3 halaman

Harus Benar-Benar Pas

Hal ini menjadi krusial di dunia sepak bola dan futsal, karena sepatu yang terlalu panjang akan membuat bagian depan sepatu menjadi "kosong" sehingga efek transfer energi dari kaki ke bola saat melakukan tendangan tidak berlangsung mulus. Sepatu yang longgar di bagian depan pun akan membuat proses dribel tidak nyaman yang ujungnya pemain menjadi rentan cedera. 

Sebaliknya, bila dipaksakan pemain berkaki lebar tetap memakai nomor 42 yang ramping akan membuat telapak kaki bagian tengah akan terasa sakit dan sepatu pun lebih cepat jebol pada bagian sambungan sol dengan upper shoes.

Well, belakangan Adidas mengantisipasi keluhan konsumen soal sepatu-sepatu yang kurang lebar ini dengan memberikan ukuran unik standar Eropa yang lebih bervariasi panjang dan lebarnya seperti ukuran 39 1/3, 40 2/3, 42 2/3 hingga 43 1/3, di samping ukuran-ukuran normal yang sudah jamak di pasaran. 

Hal yang disayangkan adalah fakta bahwa tidak di semua rentang harga pilihan-pilihan ukuran alternatif ini tersedia. Pada rentang harga tinggi biasanya variasi nomor sepatu futsal Adidas dibuat lebih banyak, misalnya pada jenis Predator 20.3 Indoor Boots. Sepatu ini bernilai Rp 1,3 juta dengan ciri khas leher sepatu yang tinggi untuk melindungi mata kaki dan engkel pemain.  

 

3 dari 3 halaman

Jangan Bertaruh Soal Keselamatan Kaki

Sementara itu untuk sepatu futsal Adidas tipe X 19.4 Indoor Boots (Rp 325 ribu, dalam kondisi diskon 50%) ukuran yang tersedia standard saja alias untuk nomor-nomor itu hanya ada satu pilihan ukuran lebar kaki yang berpotensi mengurangi kenyamanan dan performa dalam bermain. 

Namun, satu hal yang sudah pasti tidak perlu diperdebatkan adalah soal daya tahan, desain yang maskulin dan kokoh ala Jerman, serta pilihan-pilihan warna yang macho sekaligus klasik. Jenis bahan sepatu futsal Adidas juga tersedia yang terbuat dari kulit asli dan tidak semuanya berbasis polyester atau lateks seperti kebanyakan sepatu futsal murah lainnya.

Well, dalam moda "rekomendasi" kita akan menemukan situs Adidas merekomendasikan sepatu futsal dengan warna biru muda yang menawan dengan nama jenis Copa 20.3 Sala Indoor Boots (Rp 1 juta). 

Nah mengingat harga sepatu futsal Adidas tidak murah, sebaiknya pembaca memastikan benar-benar membeli ukuran yang pas. Jangan lantaran kepincut dengan merek kondang akhirnya soal kenyamanan dan performa pun diabaikan, sebaiknya batalkan pembelian sepatu futsal Anda bila memang tidak ditemukan ukuran yang benar-benar pas karena risiko cedera engkel dan bagian depan kaki jadi taruhannya. Lebih baik cari merek lain saja bila memang Anda masih coba-coba.  

Video Populer

Foto Populer