Sukses


8 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda satu di antara orang yang menderita insomnia? Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan kualitas tidur.

Gangguan insomnia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai karena mengalami gangguan kesehatan, hingga punya masalah atau banyak pikiran.

Insomnia termasuk masalah yang sangat mengganggu karena akan memengaruhi aktivitas sepanjang hari. Padahal, tidur merupakan aktivitas penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan dan memperbaiki sel-sel yang rusak serta menjadikan tubuh pulih kembali.

Selain itu, kurang tidur bisa menyebabkan menurunnya fungsi tubuh, mulai konsentrasi yang rendah hingga daya tahan tubuh melemah.

Jika Anda mengalaminya, jangan terburu-buru konsumsi obat tidur. Obat tidur tergolong obat keras yang harus diresepkan oleh dokter. Lebih baik mengobati insomnia terlebih dulu tanpa obat dengan cara alami yang lebih aman.

Selain lebih aman, cara mengatasi insomnia secara alami ini juga mudah dilakukan.

Berikut ini rangkuman cara mengatasinya insomnia secara alami, dikutip dari Klikdokter dan Healthline, Selasa (17/11/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

1. Menghirup wewangian lavender

Menurut studi yang dipublikasikan di Iranian Red Crescent Medical Journal tahun 2015, sebanyak 159 wanita pasca melahirkan yang diberikan aromaterapi lavender selama 8 minggu melaporkan peningkatan kualitas tidur.

Para partisipan diminta menghirup aroma lavender (dengan jarak 20 cm) dan kemudian minyak tersebut juga diletakkan di samping bantal hingga pagi hari. Hasilnya, partisipan mengaku tidur lebih nyenyak.

2. Minum teh kamomil

Cara alami yang bisa digunakan selanjutnya untuk mengatasi insomnia dengan mengonsumsi teh jenis kamomil (chamomile). Teh jenis ini memiliki kandungan ekstrak yang memberikan efek sedatif dan membantu Anda lebih mudah tertidur.

Teh kamomil dinilai memiliki efek penenang dan dapat membantu Anda tertidur. Efek ini disebabkan oleh kandungan apigenin pada flavonoid yang dapat berikatan dengan reseptor benzodiazepin pada otak.

Selain dalam bentuk teh, kamomil tersedia dalam bentuk aromaterapi untuk membuat suasana Anda lebih santai.

3. Mencukupi asupan magnesium

Memiliki kadar magnesium yang rendah di dalam tubuh dapat membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba untuk mencukupi asupan magnesium yang bisa didapat dari makanan, seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Kadar magnesium yang cukup dapat meningkatkan tidur pada orang tua dan mereka yang mengalami sindrom restless legs. Perlu diketahui, pria membutuhkan 400-420 miligram nutrisi harian, sedangkan wanita butuh 310-320 milligram.

Bila ingin konsumsi suplemen magnesium, baiknya konsultasikan dengan dokter. Pasalnya, terlalu banyak magnesium bisa menyebabkan keram dan mual.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

4. Olahraga menjelang tidur

Cara lain yang disarankan untuk mengatasi insomnia adalah berolahraga menjelang waktu tidur. Hal ini mampu membantu menciptakan tidur yang nyenyak.

Anda dapat mencoba berolahraga pada sore hari atau beberapa jam sebelum waktu tidur.

5. Mandi air hangat

Mandi air hangat cukup efektif mengatasi insomnia secara alami. Cukup mandi air hangat sebelum tidur. Pasalnya, setelah mandi, badan akan menjadi rileks dan membuat Anda cepat mengantuk.

6. Minum susu

Minum susu bisa dijadikan obat tidur alami. Mengonsumsi segelas susu sebelum tidur dipercaya mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Minum susu sebelum tidur juga dapat membuat Anda lebih cepat mengantuk karena tubuh dan pikiran Anda dalam keadaan rileks.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

7. Mengonsumsi tomat

Sayuran ini mudah didapatkan di pasaran dan harganya cukup relatif murah. Tomat mampu memberikan manfaat bagi tubuh, satu di antaranya mengatasi insomnia. Kandungan melatonin yang tinggi dapat mengendalikan siklus tidur seseorang.

Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung atau mengolahnya menjadi jus maupun smoothie.

8. Lakukan yoga

Yoga juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus mental. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Upayakan setidaknya 20 menit melakukan yoga setiap hari.

 

Sumber: Klikdokter, Healthline

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer