Sukses


10 Cara Menghilangkan Stres, Mudah dan Aman Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Dalam hidup pasti kita pernah mengalami rasa stres. Ketika gangguan ini terjadi, kita pasti akan mencari cara menghilangkan stres.

Dilansir laman Mental Health, stres adalah reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres dapat memicu respons tubuh, baik secara fisik atau mental.

Tekanan batin, frustrasi membuat seseorang lebih mudah mengalami stres. Stres berkepanjangan bisa mengganggu kesehatan tubuh, seperti serangan jantung, stroke, masalah pada memori, kesehatan mental, hingga berbagai masalah medis lainnya.

Stres juga membuat suasana hati menjadi kacau. Selain merugikan diri sendiri, stres bisa merugikan orang lain.

Mereka bisa menjadi pelampiasan kemarahanmu ketika stres. Padahal, orang lain yang berada di sekitarmu tak mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Cara menghilangkan stres bisa beraneka ragam, tergantung seperti apa tipe kamu dalam mengelola diri. Namun, jika bingung, kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan stres.

Berikut 10 cara menghilangkan stres, dikutip dari Klikdokter, Kamis (19/11/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Stres

1. Meditasi

Meditasi merupakan cara yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Ada tiga cara cepat untuk memulai meditasi yaitu:

  • Pergilah ke tempat yang tenang dan sepi,
  • Tutup mata
  • Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan pikiran Anda dari tubuh.

Dalam meditasi, Anda dapat secara bebas memikirikan atau membayangkan segala pikiran yang nyaman termasuk yang bukan realita. Tidak ada kecemasan di sini, tidak ada deadline, tidak ada tekanan atau kesakitan.

Selama proses relaksasi, Anda dapat menarik harapan baru dan melepaskan segala kecemasan dan rasa takut Anda.

2. Berolahraga

Olahraga memegang peran penting dalam segala elemen dalam tubuh, dari meningkatkan sirkulasi tubuh hingga memperkuat jantung. Namun, olahraga juga merupakan penghilang stres di mana saat kita bergerak, tubuh akan mengeluarkan hormon penenang yang dinamakan endorphin.

Selain itu, kosentrasi selama olahraga juga dapat mengalihkan pemikiran kita dari stres sehari-hari.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Stres

3. Musik

Berliburlah ke tempat yang tenang dan nyalakan musik. Coba mainkan musik yang tenang, lembut, dan menenangkan.

4. Memori

Mengingat-ingat memori yang indah dapat menjadi tiket cepat untuk seakan-akan pindah ke tempat yang indah. Saat sedang stres, coba ingat-ingat memori dengan keluarga dan teman yang indah yang terbukti dapat menghilangkan stres.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Stres

5. Kontak fisik

Sentuhan dapat menjadi penenang yang ampuh. Saat sedang stres, coba datangi pasangan atau keluarga atau binatang peliharaan Anda dan mintalah pelukan. Rasakan energi hangat mereka karena dengan demikian, dapat menghilangkan segala kecemasan.

6. Menulis dan melukis

Keluarkan kertas dan pulpen serta embuskan napas yang dalam. Tuliskan segala kecemasan Anda di kertas. Coba tulis mengenai dilema Anda dan segala bentuk frustrasi Anda ke kertas. Jika Anda gemar melukis dan menggambar, tuangkanlah perasaan Anda ke karya Anda.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Stres

7. Hobi

Cara mengatasi stres berikutnya adalah menyibukkan pikiran dengan hobi atau kegiatan yang dapat menyenangkan Anda. Coba latih sebuah kegiatan yang Anda senangi sehingga saat Anda stres, kegiatan tersebut dapat dilakukan.

8. Makan teratur

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang membantu Anda merasa lebih baik. Jenis makanan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah sayuran, buah, biji-bijian, dan makanan berprotein tanpa kandungan lemak.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Stres

9. Bercerita dengan orang yang dipercaya

Anda bisa membicarakan hal-hal yang membuat Anda stres dengan keluarga, teman, dokter atau terapis. Anda juga bisa mencoba berbicara dengan diri sendiri untuk mendengarkan apa yang ada di otak saat stres.

Cobalah untuk mengubah pikiran negatif menjadi positif. Dengan ini, stres akan hilang dan pikiran Anda pun akan tenang.

10. Jauhi pemicu stres

Cari tahu apa yang menyebabkan Anda stres. Apakah beban kerja, kisah asmara, perasaan dendam atau hal lainnya. Jika Anda sudah menemukannya, tentukan cara terbaik untuk menghindari, menghapus, atau setidaknya mengurangi paparan pemicu tersebut.

 

Sumber: Klikdokter, Mental Health

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer