Sukses


10 Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami agar Terlihat Tirus

Bola.com, Jakarta - Pipi yang tembem memang memberikan kesan menggemaskan. Namun, bagi sebagian orang, memiliki kondisi pipi seperti itu dapat menurunkan rasa percaya diri karena dianggap memberi kesan gemuk lantaran pipi merupakan bagian wajah yang berkaitan dengan kecantikan.

Pipi tembem dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor genetik, kelebihan berat badan atau obesitas, kurang tidur, serta penumpukan cairan tubuh (edema) akibat penyakit tertentu.

Bagi Anda yang merasa kurang percaya diri dengan pipi tembem, tak perlu khawatir. Ada beragam cara mengecilkan pipi tembem.

Sebagian kaum hawa memilih untuk menggunakan pulasan makeup demi menyamarkan pipi tembem. Ada pula yang memilih proses instan, yaitu menjalani operasi pipi. Tetapi, tentu saja, ada risiko jika Anda tak melakukannya dengan hati-hati.

Daripada Anda harus menanggung risiko-risiko tersebut, lebih baik Anda menggunakan cara mengecilkan pipi dengan alami.

Cara mengecilkan pipi sebenarnya bukan hal yang tidak mungkin. Hanya, mengecilkan pipi secara alami harus dilakukan secara konsisten guna mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Berikut beragam cara mengecilkan pipi tembem secara alami, dikutip dari Healthline dan Efm.net, Jumat (20/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

1. Senam wajah

Cara mengecilkan pipi tembem yang pertama adalah dengan senam wajah. Car ini mampu mengencangkan otot wajah, menyamarkan tanda penuaan, memperkuat otot wajah, serta membuat pipi tampak lebih tirus.

Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukan secara rutin. Cara melakukannya cukup mudah.

Mulailah dengan melakukan gerakan mulut seperti sedang mengucapkan huruf 'U' atau 'O' selama beberapa menit. Ulangi gerakan-gerakan ini selama 20-30 menit.

Efek pengecilan pada pipi biasanya baru terlihat setelah rutin melakukan senam wajah selama minimal 3-4 minggu.

2. Mengunyah permen karet

Cara kedua adalah mengunyah permen karet. Hal ini dapat membuat otot-otot wajah dan pipi lebih kencang sehingga pipi tampak lebih tirus.

3. Olahraga teratur

Cara selanjutnya untuk mengecilkan pipi secara alami ialah dengan melakukan olahraga secara rutin. Setidaknya, sempatkan waktu untuk berjalan kaki selama minumal 20 menit tiap hari untuk membakar kalori berlebih di tubuh.

Selain mendapati bentuk tubuh yang lebih ideal, rutin berolahraga juga bisa membuat pipi Anda menjadi lebih tirus.

3 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

4. Batasi konsumsi alkohol

Mengonsumsi minum minuman beralkohol secara berlebihan bisa menjadi satu di antara penyebab terbesar penumpukan lemak wajah. Perlu diketahui, minuman berlakohol memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Menjaga konsumsi alkohol Anda dalah cara terbaik untuk mengontrol lemak pada wajah dan penambahan berat badan.

5. Hindari mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan

Pola makan yang banyak mengonsumsi karbohidrat olahan dapat menyebabkan berat badan bertambah sehingga membuat wajah terlihat tembem.

Jadi, jika Anda ingin mengecilkan pipi, sebaiknya kurangi asupan karbohidrat olahan sebagai cara alami.

6. Minum air putih yang banyak

Selain dapat mencegah kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi, minum air putih dapat membantu mengecilkan pipi tembem agar tirus.

Air mineral penting bagi tubuh dan berguna sebagai cara mengecilkan pipi yang efektif.

4 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

7. Tidur cukup

Waktu tidur malam yang kurang dari lima jam sehari dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol, hormon stres yang memiliki banyak potensi efek samping, termasuk penambahan berat badan.

Itulah mengapa, tidur yang cukup dapat membantu Anda meningkatkan penurunan lemak wajah. Idealnya, usahakan untuk tidur setidaknya 8 jam per malam untuk membantu mengontrol berat badan dan menghilangkan pipi tembem.

8. Konsumsi makanan kaya serat

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah meningkatkan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat adalah senyawa dalam makanan nabati yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan Anda.

Meningkatkan asupan serat dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mendorong penurunan berat badan serta penurunan lemak, yang dapat membantu mengecilkan pipi.

Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah. Idealnya, Anda harus mengonsumsi setidaknya 25–38 gram serat per hari dari sumber makanan ini.

9. Meniup pipi

Dengan meniup pipi atau menggembungkan pipi selama 5 menit dan diulangi hingga 5 kali terbukti ampuh sebagai cara mengecilkan pipi tembem secara alami yang efektif.

10. Gerakan peregangan wajah

Meregangkan wajah bisa Anda lakukan untuk mengecilkan pipi. Merengangkan wajah diyakini dapat memberi sensasi rileks pada wajah.

Caranya adalah dengan menekan halus wajah memakai jari telunjuk dan jari tengah, mulai hidung digerakkan menuju telinga. Lakukan bersamaan dengan bibir yang membentuk duck face. Lakukan setiap hari.

 

Sumber: Healthline, Efm.net

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer