Sukses


Tak Hanya Menambah Cita Rasa Masakan, ini 9 Manfaat Bawang Bombai untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Bawang bombai seringkali dijadikan sebagai bahan pokok penyedap rasa ketika dalam masakan. Bawang yang memiliki nama latin Allium Cepa ini, digemari karena memberikan cita rasa enak apabila dicampurkan ke dalam masakan.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat lain bawang bombai. Siapa menyangka, bawang yang berukuran besar dan memiliki aromanya yang kuat dan menyengat ini, mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan.

Kandungan bawang bombai sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk perawatan kulit dan rambut. Saudara bawang merah dan bawang putih termasuk jenis bawang yang rendah kalori, mengandung antioksidan tinggi, vitamin, mineral, kalsium, kalium, folat, magnesium, fosfor, sulfur, dan zat besi.

Kandungan tersebut dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari efek merusak sinar ultraviolet (UV).

Lantas, apa saja manfaat lain bawang bombai untuk kecantikan?

Berikut beragam manfaat yang didapat dari bawang bombai untuk kecantikan, dilansir dari Bollywoodshaadis dan Stylecraze, Jumat (20/11/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Bombai untuk Kecantikan

1. Kulit lebih cerah

Manfaat pertama dari bawang bombai untuk kecantikan adalah membuat kulit Anda cerah. Kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya berguna untuk membantu menyingkirkan kulit kusam.

Hal ini memberi manfaat kecantikan kulit yang signifikan serta menghasilkan kulit yang sehat dan bercahaya.

2. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit yang umum terjadi pada banyak orang. Masalah kulit ini dapat membuat penderitanya kurang nyaman dan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup memijat wajah Anda dengan jus bawang bombai segar. Hal ini berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat secara efisien.

Ambil satu sendok makan jus bawang bombai dan tambahkan satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond. Haluskan dan oleskan pada kulit Anda. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air dingin.

3. Mencegah penuaan

Mengaplikasikan ramuan bawang bombai ke area wajah dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh sel kulit sehingga bisa memberi Anda kulit lebih kencang dan awet muda.

Caranya, cukup haluskan bawang bombai dan celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan ke seluruh kulit Anda. Diketahui manfaat ini didukung karena bawang bombai memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta antioksidan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Bombai untuk Kecantikan

4. Bikin kulit glowing

Sudah dijelaskan sebelumnya, bawang bombai memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan. Kandungan ini berperan untuk menjaga kulit dari bahaya kusam akibat radikal bebas.

Bawang bombai diyakini mampu mencerahkan dan mengembalikan glowing alami kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup membuat masker wajah yang telah dicampur dengan tepung beras, susu, pala.

Semua bahan tersebut Anda haluskan, beri sedikit tambahan minyak esensial lavender untuk menyamarkan aroma bawang yang menyengat.

Sebelum menggunakannya, bersihkan wajah dan leher Anda, lalu aplikasikan secara merata. Biarkan selama 20 menit dan bersihkan dengan cara memijat kulit dengan lembut.

5. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam kerap muncul akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu panjang. Jangan biarkan masalah ini.

Untuk mengatasi flek hitam yang menghiasi wajah Anda, cukup gunakan ekstrak bawang bombai untuk menghilangkan hiperpigmentasi.

Bawang bombai memiliki kandungan itonutrien dan antioksidan yang tak hanya efektif menutrisi kulit, tetapi juga membantu regenerasi kulit.

6. Mengatasi ketombe

Tak hanya memiliki khasiat untuk kulit wajah Anda, bawang bombai dapat digunakan sebagai penyembuh ketombe dengan menghilangkan bakteri yang hidup di kulit kepala.

Caranya cukup mudah. Anda cukup mengoleskan bawang bombai yang telah dihaluskan ke area kulit kepala, yang telah ditambahkan satu sendok makan yoghurt dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bawang Bombai untuk Kecantikan

7. Membantu pertumbuhan rambut

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatology melaporkan bahwa mengoleskan jus bawang bombai dua kali sehari secara teratur selama dua minggu bisa membantu pertumbuhan rambut.

Kandungan yang ada di dalamnya mampu merangsang produksi kolagen dan berujung membantu produksi sel kulit yang sehat, memicu pertumbuhan rambut, dan mencegah rambut jadi berubah tipis.

Buat yang menginginkan rambut panjang dalam waktu yang lebih singkat, gunakan ekstrak bawang bombai yang kaya belerang.

8.Menjaga warna rambut

Anda dapat mengoleskan jus bawang bombai pada rambut Anda untuk menjaga warna serta membuat rambut Anda berkilau. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mencampurkan bawang bombai dengan minyak mustard secukupnya dan mengoleskannya ke rambut.

Minyak mustard akan menekan efek pencerah warna bawang.

9. Menghilangkan kutu rambut

Kandungan belerang yang ada dalam bawang bombai diyakini membantu menghilangkan kutu rambut. Cukup haluskan empat hingga lima bawang bombai dan saring untuk mengambil sarinya.

Pijatkan ke kulit kepala hingga rata, lalu tutup dengan shower cap selama dua jam. Lanjutkan dengan mencuci rambut dengan air hangat dan biarkan kering alami.

Ulangi perawatan ini setiap hari selama tiga hari beruntun, baru kurangi frekuensinya menjadi seminggu sekali selama dua bulan.

 

Sumber: Bollywoodshaadis, Stylecraze

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer