Sukses


Bepergian Naik Pesawat, Ini 11 Tips Mencegah Terinfeksi Virus Corona COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pandemi virus corona SARS-CoV-2 mengubah perilaku kebanyakan masyarakat dunia. Satu di antaranya saat bepergian menggunakan pesawat di masa pandemi COVID-19.

Saat ini, bepergian ke luar kota dengan pesawat mengalami perubahan. Berbagai imbauan diberikan, terutama mengenai bagaimana cara membentengi diri dari paparan virus corona.

Di tengah pandemi corona, ada beberapa protokol kesehatan dan peraturan yang wajib dipenuhi sebelum bepergian.

Hal itu sebagai langkah antisipasi untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19. Protokol kesehatan yang harus diterapkan antara lain mengenakan masker, jaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun maupun memakai hand sanitizer.

Ada beberapa tips untuk mencegah terinfeksi COVID-19 saat bepergian atau traveling menggunakan pesawat.

Berikut ini beberapa tips praktis mencegah virus corona penyebab COVID-19 saat bepergian menggunakan pesawat, seperti dikutip dariĀ Boldsky, SeninĀ (23/11/2020).

2 dari 3 halaman

Tips Aman Naik Pesawat saat Pandemi COVID-19

1. Cuci tangan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat sangat merekomendasikan masyarakat untuk sering-sering mencuci tangan memakai sabun. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pencuci tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

2. Gunakan pembersih tangan

Saat berada di pesawat jangan lupa gunakan pembersih tangan. CDC merekomendasikan untuk menggunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol setidaknya 60 persen.

3. Pakai masker

Mengenakan masker saat berada di pesawat akan membuat Anda terlindung dari kuman di udara. Dengan adanya masker, hidung dan mulut Anda akan terlindungi dari cipratan tubuh orang lain.

4. Pilih kursi dekat jendela

Pilihlah tempat duduk di dekat jendela ketika Anda bepergian karena jika duduk di dekat lorong, memungkinkan Anda bersentuhan dengan penumpang yang lewat.

5. Jaga tubuh dari asupan air

Setiap bepergian memakai pesawat, jangan lupa membawa sebotol air untuk menjaga diri Anda terhidrasi. Jika Anda kekurangan cairan, hal ini akan meningkatkan kemungkinan tertular infeksi virus atau bakteri.

3 dari 3 halaman

Tips Aman Naik Pesawat saat Pandemi COVID-19

6. Bawalah bantal dan selimut sendiri

Beberapa maskapai menyediakan bantal dan selimut untuk para penumpang, yang kerap digunakan berulang kali. Jadi, untuk menghindari jatuh sakit, bawalah bantal dan selimut Anda sendiri saat bepergian dengan pesawat.

7. Kontrol aliran udara

Ventilasi udara overhead hanya menghilangkan kuman sampai batas tertentu. Jika Anda duduk di samping orang yang sedang sakit, gunakan ventilasi udara di atas dengan pengaturan rendah. Hal itu dilakukan untuk membuat aliran udara bisa menjauhkan kuman.

8. Hindari menyentuh hidung, mata, dan mulut

Kuman mudah menyebar ketika Anda menyentuh hidung, mata, dan mulut dengan jari yang terkontaminasi virus atau bakteri. Jadi, jauhkan tangan Anda dari area wajah untuk mencegah infeksi.

9. Gunakan obat tetes mata

Bawalah sebotol tetes mata karena bisa membantu meringankan mata yang kering dan gatal sehingga membuat Anda cenderung untuk tidak mengucek mata dengan jari yang mungkin terkontaminasi.

10. Gunakan semprotan hidung

Jika Anda merasa hidung Anda mengering, gunakan semprotan hidung karena efektif mencegah infeksi. Jika selaput lendir di hidung Anda mengering, itu meningkatkan risiko infeksi.

11. Bawa makan sendiri

Saat bepergian menggunakan pesawat, bawa makanan Anda sendiri. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan risiko infeksi dan jauh lebih sehat daripada makanan yang disajikan dalam pesawat.

Ā 

Sumber: Boldsky

Video Populer

Foto Populer