Sukses


8 Cara Menghilangkan Stres Secara Alami, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Stres tidak pernah lepas dari kehidupan Anda. Stres sering kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah dalam keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan.

Stres adalah hal normal yang pernah dialami oleh setiap orang. Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan.

Anda akan menjadi kerap uring-uringan, sulit berkonsentrasi, dan sebagainya. Stres yang berkepanjangan bisa memicu Anda terkena penyakit.

Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga kesehatan secara umum. Penting untuk mengetahui cara menghilangkan stres agar tidak mengganggu kesehatan.

Itulah mengapa, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghilangkan stres dengan cepat dan praktis. Namun, Anda tidak perlu khawatir.

Ada berbagai cara menghilangkan stres yang bisa dilakukan dengan sederhana. Berikut beberapa cara menghilangkan stres yang patut Anda coba, dikutip dari Healthline, Selasa (24/11/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Stres Secara Alami

1. Olahraga

Tak hanya membuat tubuh Anda menjadi sehat, olahraga bisa menjadi solusi meredakan stres. Satu cara yang sederhana yang bisa Anda lakukan berupa jalan kaki atau bersepada.

Anda juga bisa mencoba olahraga yang intensitasnya lebih tinggi, misalnya kickboxing atau Muay Thai. Percayalah, perasaan Anda pasti jauh lebih baik.

2. Habiskan waktu dengan hewan peliharaan

Bermain dengan hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, bisa menjadi solusi menghilangkan stres. Membelai, memeluk, atau menyentuh hewan ini dapat dengan cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin.

Kedua hormon tersebut berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan otot. Dengan cara ini, Anda tak hanya menghilangkan stres, tetapi juga menjadi lebih rileks.

Selain itu, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan dapat meringankan rasa kesepian yang Anda alami. Hewan ini dapat meningkatkan mood, menekan depresi, serta menurunkan tekanan darah.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Stres Secara Alami

3. Berendam air hangat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan International Journal of Management Stress Swedia, menyebutkan berendam di air hangat dapat memicu respons relaksasi tubuh.

Hal ini sangat membantu menekan tingkat hormon pemicu stres. Anda bisa menambahkan minyak rempah atau aromaterapi saat berendam.

Penggunaan aromaterapi ini dapat menjadi cara menghilangkan stres yang mudah. Aroma tertentu, seperti lavender, telah secara konsisten terbukti mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang.

4. Menari

Cara selanjutnya untuk meredakan stres adalah dengan menari. Menggerakkan tubuh sambil bernyanyi dengan mengikuti irama menjadi cara menghilangkan stres yang cukup ampuh.

Menari berperan mengistirahatkan mental dan fisik. Sebab, hati Anda akan menjadi lebih senang dan pikiran Anda akan teralihkan dari segala masalah.

Selain itu, menari juga menjadi penyelamat dari suasana hati yang buruk.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Stres Secara Alami

5. Mengonsumsi jus jeruk

Tak hanya lezat dan bergizi, mengonsumsi minuman segar satu ini dapat membuat Anda menjadi lebih tenang. Jus jeruk kaya akan vitamin C mampu secara fisiologis mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres, termasuk kortisol.

Selain itu, vitamin yang terkandung di dalam jeruk dapat memerangi kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Mengonsumsi jus jeruk juga berguna sebagai bagian dari perawatan gangguan kecemasan atau stres.

6. Kunyah permen karet

Untuk pereda stres yang sangat mudah dan cepat, cobalah mengunyah permen karet. Sebuah penelitian tahun 2008 yang dilakukan oleh Andrew Scholey, Ph.D., peserta yang secara teratur mengunyah permen karet menunjukkan penurunan tingkat kecemasan, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi stres, dan meningkatkan kemajuan multi-tasking.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Stres secara Alami

7. Tertawa

Tertawa bisa menjadi cara menghilangkan stres. Tertawa bisa mengubah sistem dalam tubuh yang dapat mengurangi stres jangka panjang. Dalam jangka panjang, tertawa dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan suasana hati Anda.

Tertawa mengurangi kadar hormon stres di dalam tubuh, kortisol, dan sebagai gantinya melepaskan hormon bahagia, yaitu endorfin, sehingga dapat mengubah cara pandang Anda terhadap hal-hal yang membuat Anda stres.

8. Menarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam telah terbukti menurunkan kadar kortisol. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Menarik napas dalam-dalam dapat membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis Anda, yang mengontrol respons relaksasi. Ada beberapa jenis latihan pernapasan dalam, di antaranya pernapasan diafragma, pernapasan perut, pernapasan perut, dan pernapasan cepat.

 

Sumber: Healthline

 

Dapatkan kumpulan artikel cara kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer