Sukses


6 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan Aman

Bola.com, Jakarta - Dahak merupakan lendir yang biasa muncul saat Anda terkena penyakit batuk dan menganggu sistem pernapasan. Ketika cairan tersebut mulai mengganggu kita pun mencariĀ cara mengeluarkan dahak agar pernapasan menjadi lebih lega.

Warna pada dahak pun beraneka, mulai kuning kehijauan, merah muda, dan bening. Warna-warna tersebut menandakan seberapa parah penyakit yang Anda derita.

Warna kehijauan menandakan ada infeksi bakteri, warna merah muda menandakan ada cairan yang masuk ke paru-pau dan berkaitan dengan tanda masalah kesehatan jantung. Sementara dahak bening kerap disebabkan infeksi virus atau alergi pada sistem pernapasan.

Cara mengeluarkan dahak ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Namun, jika dalam beberapa hari kondisi tubuh makin memburuk, segara pergi ke dokter.

Berikut cara mengeluarkan dahak secara alami, disadur dari Liputan6, Selasa (24/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami

1. Air hangat

Tak hanya menjaga hidrasi tubuh, cairan hangat mampu mengatasi penumpukan lendir pada saluran pernapasan. Cara ini akan membantu dahak keluar bersama batuk.

Di samping memanfaatkan air putih hangat biasa, manfaat cairan hangat untuk mengatasi lendir di dada juga bisa dirasakan dengan mengonsumsi kuah kaldu, teh hitam atau hijau tanpa kafein, dan teh herbal.

2. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih tak hanya bisa menghangatkan, tetapi juga bisa diandalkan sebagai cara mengeluarkan dahak. Prosesnya akan dimulai dari dada kemudian menuju tenggorokan. Cara kerjanya adalah mengencerkan dahak. Jadi, banyak kayu putih yang dioleskan ke dada maka akan makin melegakan.

Jika tidak ingin mengoleskannya ke dada, bisa juga gunakan air panas yang beruap, lalu teteskan minyak. Jika sudah, hirup uapnya perlahan sampai masuk saluran pernapasan. Cara ini cukup efektif, tetapi membutuhkan kesabaran ekstra untuk hasil maksimalnya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami

3. Uap panas

Uap bisa diandalkan sebagai cara mengeluarkan dahak. Hal ini disebabkan karena udara uap yang lembap bisa mengecerkan dahak.

Siapkan baskom atau wadah, handuk, dan air mendidih. Tutupkan handuk di atas kepala, dekatkan wajah Anda ke permukaan air panas tersebut, dan hirup uap airnya.

Sedangkan jika menggunakan makanan dan minuman, pastikan keduanya masih panas atau hangat. Jadi, uap dan sifat hangatnya bisa sekaligus melegakan saluran pernapasan seperti paru-paru.

4. Air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam dapat menghilangkan dahak yang menempel di bagian belakang tenggorokan. Untuk merasakan manfaat tersebut, tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat.

Aduk hingga garam benar-benar larut, lalu berkumurlah selama beberapa detik. Setelah dirasa cukup, buang air bekas kumur yang mungkin telah bercampur dengan lendir tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami

5. Madu

Madu dikenal memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Tidak heran, madu kerap diandalkan sebagai cara mengeluarkan dahak. Sebuah studi pada 2007 menguji efek madu soba pada infeksi saluran pernapasan atas yang menyerang anak-anak. Dilaporkan, anak yang secara konsisten mengonsumsi madu mengalami perbaikan gejala yang signifikan.

Cobalah mengonsumsi satu sendok makan madu setiap tiga atau empat jam sekali. Lakukan hingga lendir di dada atau paru-paru terasa mereda. Hindari memberikan madu untuk anak di bawah satu tahun karena bisa membahayakannya.

Selain itu bisa juga mengonsumsi madu dengan campuran lemon. Campur keduanya dengan air hangat. Iritasi dan penumpukan dahak di tenggorokan bisa diatasi dengan mengonsumsinya. Saat meminumnya juga akan membuat saluran pernapasan menjadi lebih nyaman.

6. Rempah

Rempah-rempah juga bisa menjadi solusi untuk mengeluarkan dahak. Rempah ini adalah bawang putih, jahe, lemon, dan cabai rawit. Cara mengeluarkan dahak di paru-paru dengan rempah memang aman, tetapi diharapkan tetap melakukan konsultasi dengan dokter.

Rempah yang kerap digunakan adalah jahe. Jahe disebut sebagai dekongestan natural. Sedangkan mencampur jahe dengan kunyit akan membuat ramuan ini memiliki bersifat antiseptik. Jadi, bakteri jahat penyebab peradangan bisa segera disingkirkan.

Coba tambahkan jahe dan kunyit dalam teh hangat, jika perlu tambahkan juga madu agar rasanya lebih nikmat.

Ā 

Ā 

Disadur dari:Ā Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Risky Mandasari. Published: 28/7/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer