Sukses


10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Mudah dan Murah

Bola.com, Jakarta - Mempraktikkan cara mengobati gusi bengkak secara alami bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada mulut. Gusi bengkak adalah gangguan mulut yang cukup sering dialami.

Pembengkakan di gusi bisa menjadi tanda adanya masalah, seperti penyakit gusi atau infeksi. Gusi yang bengkak dapat menganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat menguyah makanan.

Bukan hanya gigi, kesehatan gusi juga berperan penting untuk menunjang kesehatan mulut. Gusi merupakan jaringan berwarna merah muda yang menutupi tulang rahang. Jaringan tersebut tebal, berserat, dan dipenuhi oleh pembuluh darah.

Menerapkan cara mengobati gusi bengkak secara alami akan membantu meredakan nyeri yang bisa timbul akibat pembengkakan. Bahan-bahan sederhana bisa digunakan dalam cara mengobati gusi bengkak secara alami.

Berikut cara mengobati gusi bengkak secara alami, disadur dari Liputan6, Selasa (24/11/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

1. Air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya yang hidup di gusi. Air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit di gusi.

Tambahkan satu sendok teh garam ke air hangat dan aduk rata. Berkumurlah dengan larutan garam ini setidaknya dua kali sehari sampai bengkak mereda.

2. Kompres

Kompres hangat atau dingin dapat menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan pada gusi. Untuk membuat kompres panas untuk gusi, celupkan kain bersih ke dalam air panas. Peras air yang berlebih, lalu tempelkan kain pada bagian pipi atau bibir yang menutupi bagian gusi yang sakit.

Untuk kompres dingin, bungkus es dengan kain bersih dan kompres dengan cara yang sama.

3 dari 6 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

3. Lidah buaya

Gel aloe vera memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Lidah buaya bisa meredakan pembengkakan dan membunuh bakteri berbahaya penyebab gusi bengkak. Gel lidah buaya segar bisa dioleskan langsung ke gusi.

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat kumur. Caranya dengan men-jus gel lidah buaya dan berkumur dengan jus lidah buaya tersebut dua hingga tiga kali sehari.

4. Teh

Tanin dapat mengurangi rasa sakit gusi dengan membunuh bakteri yang dapat mengiritasi gusi. Untuk mengurangi rasa sakit gusi, rendam kantong teh dalam air mendidih selama beberapa menit, lalu keluarkan, biarkan agak dingin.

Sementara teh masih hangat, oleskan langsung ke lokasi rasa sakit selama sekitar 5 menit.

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

5. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kunyit juga memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Kunyit dapat membantu menyembuhkan pendarahan dan memerahnya gusi.

Buat pasta kunyit dengan satu sendok teh bubuk kunyit, 1/2 sendok teh garam, dan 1/2 sendok teh air. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan cara berkumur menggunakan air bersih.

6. Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan. Rasa hangat jahe meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan merangsang aliran air liur. Senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol mencegah pertumbuhan bakteri mulut.

Herbal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gusi. Hancurkan atau parut jahe hingga halus. Tambahkan garam hingga membentuk pasta kasar. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan hingga 10 menit. Bilas dengan air bersih.

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

7. Daun jambu biji

Daun jambu telah lama menjadi pengobatan efektif untuk menjaga kebersihan mulut. Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang bisa membersihkan mulut. Obat kumur daun jambu biji juga memiliki efek positif pada pengendalian plak.

Berkumur dengan daun jambu biji bisa mengurangi peradangan gusi, meringankan nyeri, dan menyegarkan napas. Daun jambu biji bisa direbus dengan air, lalu digunakan untuk berkumur dua kali sehari.

8. Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antivirus dan antioksidan yang membantu mengatasi plak dan peradangan. Cengkeh juga bisa membantu meringankan rasa sakit.

Cengkeh bisa digunakan dengan menghaluskan satu sendok teh cengkeh, campur dengan sedikit air dan aplikasikan pada gusi yang bengkak dengan kapas. Biarkan selama sekitar satu menit lalu bilas dengan berkumur.

Cengkeh bisa pula digunakan dalam bentuk minyak. Aplikasikan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan berkumur.

6 dari 6 halaman

Cara Mengobati Gusi Bengkak

9. Minyak serai

Cara mengobati gusi bengkak secara alami selanjutnya adalah menggunakan minyak serai. Minyak serai dapat digunakan sebagai pembersih mulut untuk mencegah penumpukan bakteri. Minyak ini bisa membantu mengurangi plak dan gingivitis.

Minyak serai umumnya aman digunakan selama dilarutkan dengan benar. Larutkan dua sampai tiga tetes minyak serai dengan satu gelas air. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari.

10. Tea tree oil

Berkumur dengan tea tree oil bisa mengurangi bengkak dan pendarahan pada gusi. Tea tree oil sangat membantu dalam pengobatan sakit gigi, periodontitis, dan infeksi mulut. Sama seperti minyak serai, tea tree oil juga harus dilarutkan terlebih dahulu untuk menghindari iritasi.

Larutkan tig tetes tea tree oil dengan satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari. Larutan tea tree oil juga bisa diteteskan pada pasta gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 14/7/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer