Sukses


10 Cara Mengatasi Susah Tidur, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

Bola.com, Jakarta - Cara mengatasi susah tidur sangat pas bagi kamu yang memiliki masalah insomnia. Tidur bisa dibilang barang mahal bagi seseorang yang memiliki jadwal padat.

Tidur merupakan kebutuhan alamiah manusia karena baik untuk kesehatan tubuh, termasuk otak. Apabila seseorang mengalami insomnia, performa bisa menurun dan rentan terkena penyakit.

Itulah sebabnya tidur menjadi sangat penting. Banyak pula orang mengonsumsi obat tidur berbahan kimia demi memiliki kualitas tidur yang baik. Akan tetapi, cara tersebut cukup berbahaya dan dapat memberikan efek samping atau berdampak buruk terhadap kesehatan.

Penyebab susah tidur bisa karena berapa faktor. Mulai jadwal padat, kebiasaan tidur yang buruk, hingga makan terlalu banyak menjelang tidur.

Berikut cara mengatasi susah tidur, dikutip dari Klikdokter, Kamis (26/11/2020)

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur

1. Buat jadwal tidur yang teratur

Tidur yang tidak teratur bisa mengakibatkan Anda susah tidur. Oleh karena itu, mengatasi sulit tidur dapat dilakukan dengan tidur teratur. Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.

2. Ciptakan lingkungan tidur yang baik

Sebagai satu di antara cara mengatasi susah tidur, lingkungan tidur yang baik sangat diperlukan. Berikut beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda:

  • Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin.
  • Suhu kamar tidak boleh terlalu dingin atau panas.
  • Selain temperatur dan pencahayaan, suara juga sebaiknya terkontrol sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.
3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur

3. Pastikan tempat tidur nyaman

Selain memperhatikan lingkungan, cara agar bisa tidur cepat adalah dengan memastikan bahwa tempat tidur Anda sudah nyaman. Susah tidur bisa disebabkan oleh tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, serta ukuran tempat tidur yang terlalu kecil.

4. Berolahraga teratur

Olahraga sudah dikenal memiliki banyak manfaat, satu di antara untuk menjaga kualitas tidur Anda tetap baik. Itulah mengapa, berolahraga dapat menjadi cara menghilangkan susah tidur yang bisa Anda coba.

Lakukan olahraga secara teratur, meski hanya sekadar berenang atau berjalan. Namun, pastikan untuk tidak melakukan olahraga yang terlalu berat apabila jika sudah dekat dengan jam tidur Anda.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur

5. Kurangi konsumsi kafein

Solusi susah tidur berikutnya adalah mengurangi konsumsi stimulan, seperti kafein pada teh dan kopi, terutama di malam hari. Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam sehingga dapat mengganggu proses tidur, serta mencegah tidur malam. Minumlah susu hangat sebagai gantinya.

6. Hindari konsumsi alkohol berlebih pada malam hari

Alkohol dapat mengganggu waktu tidur malam. Oleh karena itu, untuk mengatasi susah tidur, Anda perlu menghindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol, terutama saat malam hari.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur

7. Jangan merokok

Agar memperoleh tidur yang berkualitas, cara mengatasi susah tidur dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini bukan tanpa alasan, perokok lebih sulit tidur, sering terbangun, dan sering mengalami gangguan tidur.

8. Coba rileks sebelum tidur

Bagi Anda yang mengalami susah tidur, satu di antara cara cepat tidur yang bisa dilakukan adalah merilekskan tubuh sebelum tidur. Untuk mendapatkan kondisi rileks, lakukan beberapa hal, seperti mandi dengan air hangat, mendengarkan musik pelan, dan melakukan yoga.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Susah Tidur

9. Buat daftar kegiatan untuk dilakukan keesokan hari

Ternyata, hal sederhana seperti membuat daftar kegiatan untuk dilakukan dapat menjadi solusi mengatasi sulit tidur. Apalagi jika Anda tidak memiliki aktivitas untuk dilakukan esok harinya.

Sebelum tidur, luangkan waktu untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada esok harinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda tetap di tempat tidur sehingga waktu tidur malam terganggu.

10. Jangan bertahan di tempat tidur

Jika mengalami kesulitan tidur malam, jangan terus-terusan bertahan di tempat tidur. Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai sampai rasa kantuk bisa kembali.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer