Sukses


7 Cara Merawat Rambut Rontok, Antisipasi Kebotakan

Bola.com, Jakarta - Rambut rontok merupakan masalah yang kerap melanda. Sebagai orang yang peduli dengan penampilan, bagaimana cara merawat rambut rontok patut mendapat perhatian.

Salah perawatan dan penanganan dalam mengatasi rambut rontok bisa berakibat fatal. Selain rontok, rambut juga bisa rusak dan bercabang.

Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang wajar. Orang normal biasanya mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai.

Namun, jika terjadi terus menerus, risiko kebotakan akan makin tinggi.

Biasanya, masalah kerontokan pada rambut disebabkan oleh sinar matahari, polusi, efek styling rambut, stres, pola makan, dan lain sebagainya.

Jika rambut Anda terus menerus mengalami kerontokan, bisa mencoba menerapkan beberapa cara ini. Dengan catatan, apabila dalam beberapa minggu tidak ada perkembangan, segara berobat ke dokter spesialis.

Berikut cara merawat rambut rontok, dikutip dari Klikdoter dan Liputan6, Jumat (27/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Jaga kebersihan rambut

Pastikan untuk keramas secara rutin sehingga kulit kepala terbebas dari segala debu dan kotoran yang dapat menjadi penyebab rambut rontok.

Sebaiknya gunakan sampo dengan formula lembut sehingga tidak mengikis nutrisi alami pada rambut.

2. Menjaga asupan makanan

Pola makan dapat menjadi satu di antara penyebab rambut rontok. Diet secara berlebihan dapat memicu rambut rontok. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi protein, zat besi, zinc dan vitamin B 12.

Anda juga bisa mengonsumsi daging, sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, dan ikan. Jika ingin mendapatkan rambut sehat, usahakan untuk mengonsumsi makanan ini dalam menu harian Anda.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok

3. Hindari stres

Anda bisa stres karena rambut rontok. Sebaliknya, stres juga bisa menyebabkan rambut rontok, apalagi bila stres bertambah parah.

Jadi, bila sedang menghadapi masalah, cobalah untuk rileks dan mencari solusi dengan tenang.

4. Jangan gunakan alat styling terlalu panas

Rata-rata alat styling rambut mengandalkan hawa panas untuk menata rambut. Namun, bila terlalu panas, hal tersebut justru akan membuat rambut rusak.

Jadi, pastikan untuk memberi perlindungan dengan heat protector pada rambut sekaligus atur suhu alat styling agar tak terlalu panas agar rambut tetap sehat terjaga.

5. Hindari produk atau menata rambut berlebih

Penggunaan karet, pengering, pewarna, pengeriting, dan pelurus rambut dapat membuat rambut menipis. Rambut yang tipis akan lebih mudah rontok.

Hindari atau batasi penggunaan alat-alat tersebut agar rambut Anda terbebas dari produk kimia dan pemanas rambut.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Rontok

6. Penggunaan tonik atau obat khusus rambut

Obat topikal atau oles yang mengandung minoxidil dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut dan mencegah rambut rontok bertambah parah.

Namun, penggunaan obat ini memerlukan resep dan pengawasan dokter. Injeksi steroid di kulit kepala juga dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok.

7. Transplantasi rambut

Tindakan ini dapat dipilih untuk mengatasi kebotakan rambut yang parah. Transplantasi rambut merupakan tindakan bedah penanaman rambut dengan hasil yang lebih permanen.

Hanya, ada efek samping seperti nyeri dan risiko bekas luka. Selain itu, harganya pun terbilang tidak murah.

 

 

Sumber: Klikdokter, Liputan6.com (Reporter: Septika Shidqiyyah, Editor: Fadila Adelin. Published: 6/11/2018)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Bola Beli: Kelebihan dan Kekurangan Sepatu Sepak Bola Nike Mercurial

Video Populer

Foto Populer