Sukses


9 Cara Merawat Kuku agar Tetap Bersih dan Sehat

Bola.com, Jakarta - Kuku merupakan satu di antara bagian tubuh yang sering menjadi perhatian, terutama bagi kaum hawa. Maka dari itu, cara merawat kuku agar terlihat bersih dan sehat penting sebagai pegangan.

Kuku bersih dan sehat bisa menambah rasa percaya diri. Apalagi, bagi orang yang gemar memanjangkan kuku.

Kuku bukan hanya sekadar penunjang penampilan semata. Bagian ini juga sebagai tanda apakah tubuhmu mengalami penyakit atau tidak.

Ciri-ciri kuku yang sehat adalah tampak mengilap, cantik, dan halus. Kuku yang sehat alami harus diperlakukan secara tepat.

Banyak orang akhirnya rela mengeluarkan biaya beratus-ratus ribu bahkan ada hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kuku yang bersih dan indah.

Jika kuku tidak dirawat dengan baik, bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan membuatnya terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.

Berikut cara merawat kuku agar tetap bersih dan sehat, dikutip dari Klikdokter dan Brilio, Jumat (27/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku

1. Jaga agar kuku tetap kering dan bersih

Kuku yang basah dapat menjadi sumber kuman. Atas dasar ini, Anda disarankan untuk menggunakan sarung tangan karet ketika mencuci piring atau baju untuk menghindari bahan kimia yang dapat merusak kuku.

Selain itu, Anda bisa menggunakan pelembap khusus untuk dioleskan di kuku dan kutikula (kulit paling luar). Dengan begini, kuku dan kulit di sekitarnya akan tetap terhidrasi sehingga kesehatannya lebih terjaga.

2. Potong kuku yang sudah panjang

Potong kuku yang panjang secara rutin, kemudian kikir ujungnya agar tidak terlalu tajam. Kuku yang panjang dapat menyimpan banyak kotoran dan berpotensi menyebabkan luka.

Hindari mengelupas atau memotong bagian kutikula karena berfungsi sebagai pelindung kuku. Celah yang terbuka antara kuku dan kutikula menjadi faktor risiko terhadap infeksi.

3. Hindari terlalu sering menggunakan kuteks

Penggunaan kuteks yang terlalu sering dapat menyebabkan kuku kering dan membuatnya lebih tipis. Hal ini terjadi karena kuku sebenarnya mudah menyerap bahan kimia, meski terlihat kuat dan tebal.

Oleh sebab itu, berilah jeda pada pemberian kuteks agar kuku bisa beristirahat. Anda pun sebaiknya menghindari penggunaan aseton sebagai pembersih kuteks. Aseton mengandung bahan kimia yang dapat membuat kuku menjadi lebih rapuh.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku

4. Rendam di perasan jeruk lemon

Rendam tangan Anda dengan air perasan jeruk lemon hangat atau air garam. Diamkan selama beberapa saat, kemudian berikan beberapa tetes tea tree oil atau lavender oil.

5. Jangan gigit kuku

Hindari mengigit kuku. Pasalnya, tindakan tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kuku dan gigi. Mengigit kuku juga berpotensi menyebabkan kuman berbahaya untuk masuk dan menginfeksi tubuh Anda.

6. Hindari kontak langsung dengan sabun cuci

Mencuci mungkin pekerjaan yang harus kita lakukan. Anda bisa melakukan dengan beberapa cara agar tidak bersentuhan langsung dengan sabun cuci.

Sebelum mencuci piring atau yang lainnya, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari air sabun.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Kuku

7. Konsumsi makanan sehat

Zat besi, seng, vitamin C, dan biotin telah terbukti secara klinis dapat menjaga kesehatan dan kekuatan kuku. Anda bisa menemukan kombinasi zat gizi tersebut pada telur, ikan, daging, biji-bijian, kacang-kacangan, salmon, dan ubi jalar.

8. Gunakan pelembap kuku

Pelembap yang dimaksud di sini bukanlah pelembap khusus kuku, melainkan pelembap untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula. Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri.

Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Rutin menggunakan pelembap akan membuat kuku Anda menjadi lebih sehat.

9. Merawat kuku dari dalam

Setelah melakukan semua perawatan dari luar, langkah berikutnya adalah dengan merawat kuku dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang baik bagi kuku.

Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang mengandung kalsium, seperti yoghurt, susu, keju, dan yang lainnya. Mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung zat besi dan vitamin A serta buah-buahan agar kuku Anda ternutrisi.

 

Sumber: Klikdokter, Brilio.net (Penulis: Lola Lolita. Published: 9/11/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Bola Beli: Kelebihan dan Kekurangan Sepatu Sepak Bola Nike Mercurial

Video Populer

Foto Populer