Sukses


5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak, Mudah dan Aman Digunakan

Bola.com, Jakarta - Cara mengatasi wajah berminyak sangat berguna agar mengurangi potensi munculnya jerawat. Pasalnya, wajah berminyak membuat pori-pori menjadi besar.

Kulit wajah berminyak sering kali menjadi masalah bagi pemiliknya. Sebab, kulit yang memproduksi minyak berlebih dapat menyebabkan mudahnya timbul jerawat. Selain itu, kulit juga rentan muncul komedo akibat pori-pori kulit yang tersumbat.

Hal ini terjadi akibat kelenjar keringat pada kulit memproduksi terlalu banyak sebum. yang harusnya melindungi dan melembabkan kulit. Namun, terlalu banyak sebum justru bisa menyebabkan kulit berminyak.

Selain itu, faktor makanan juga membuat minyak dalam wajah muncul berlebih. Makanan-makanan yang membuat minyak berlebih antara lain:

  • Produk susu seperti susu, keju, es krim, yoghurt
  • Makanan tinggi indeks glikemik seperti roti, sereal yang manis, sereal instan, pasta, nasi putih, kudapan, kentang, melon, nanas, dan lain sebagainya.

Agar wajah anda terhidar dari minyak berlebih, coba kurangi konsumsi beberapa makanan di atas. Selain itu, anda juga bisa menggunakan beberapa perawatan yang murah ini.

Berikut cara mengatasi kulit berminyak, dikutip dari Klikdokter, Sabtu (28/11/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

1. Cuci wajah secara teratur

Minyak pada kulit wajah dapat dikurangi dengan cara mencuci wajah secara teratur dua kali sehari. Gunakan sabun khusus kulit berminyak dan hindari menggunakan sabun dengan pewangi, pelembap, atau zat keras yang dapat membuat kulit lebih berminyak.

2. Lap muka dengan pelan

Setelah cuci wajah, hindari mengeringkannya dengan handuk kasar dan menggosok wajah. Hal ini dapat membuat wajah untuk memproduksi lebih banyak sebum. Keringkan muka dengan menepuk-nepuk wajah dengan handuk halus dan perlahan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

3. Gunakan kertas minyak

Kertas minyak khusus dibuat untuk menyerap minyak pada kulit wajah. Jangan salah, kertas ini tidak akan mengobati produksi sebum pada kulit. Kertas ini hanya membantu membuat kulit wajah tidak tampak kilap karena produksi minyak berlebihan.

4. Gunakan pelembap atau minyak jojoba

Kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembap atau minyak jojoba agar tubuh tidak memproduksi minyak berlebih. Keduanya dapat menjaga keseimbangan hidrasi kulit, sehingga kelenjar minyak pada kulit tidak memproduksi minyak berlebih.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

5. Perawatan kulit menggunakan masker

Terdapat masker wajah yang dapat mengatasi kulit berminyak. Biasanya masker tersebut memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Madu: Sudah terbukti baik untuk kulit dan luka bakar, madu bersifat antibakteri dan antiseptik. Sehingga, madu dapat menurunkan risiko jerawat, serta menjaga kulit dari produksi minyak berlebihan.
  • Tanah liat: Masker yang mengandung tanah liat dapat membantu meyerap minyak berlebih pada kulit. Gunakan masker jenis ini hanya sesekali agar terhindar dari kulit kering.
  • Oatmeal: Zat pada oatmeal dapat mengurangi peradangan dan meyerap minyak berlebih, serta mengangkat sel kulit mati.
  • Lemon dan telur putih:Kedua hal ini juga baik untuk kulit berminyak. Asam dari lemon dapat menyerap minyak dan memiliki sifat antibakteri. Bahan ini juga dapat mengencangkan pori-pori wajah.
  • Kacang almond: Zat pada almond dapat mengangkat sel kulit mati dan menyerap kotoran dan minyak berlebih.
  • Lidah buaya:Tak hanya terkenal dapat mengatasi peradangan atau luka bakar, lidah buaya juga baik untuk mengatasi kulit berminyak.
  • Tomat: Kandungan asam salisilat yang merupakan obat alami untuk jerawat dapat menyerap minyak berlebih dan membebaskan pori-pori yang tersumbat.

 

Sumber: Klikdokter

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer