Sukses


Bola Beli: Mengamati Jajaran Produk Sepatu Futsal Nike, Berapa Harga Termurah?

Bola.com, Jakarta Mulai dari jersey, bola sepak, bola futsal, hingga sepatu di kedua jenis sepak bola itu Nike sangat dominan menguasai pasar dunia. Merek asal Amerika Serikat ini mulai merambah dunia sport lewat sepatu ketimbang jenis alat olahraga lainnya dan karena alasan itu jugalah mereka memiliki brand yang amat kuat di kategori sepatu futsal lantaran kualitasnya sudah teruji. Sayangnya harga sepatu futsal Nike, sebagai konsekuensi dari senarai fakta di atas, menjadi sangat mahal. Kini produk yang termurah saja sudah mendekati Rp 1 jutaan.  

Nilai ini relatif mahal bila menimbang sepatu merek lain dengan kualitas bangun yang sama namun tidak ditempeli merek beken. Produk kompetitor justru banyak yang nilainya di kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu saja. So, line up seri apa yang termurah di deretan harga sepatu futsal Nike sebenarnya? Seberapa bagus kualitasnya bila dibandingkan dengan kompetitor yang harganya hanya sepertiga Nike?

Nike Tiempo Legend 8 Academy IC saat ini dibanderol dengan harga normal tanpa diskon senilai Rp 999 ribu. Pilihan warna di model ini hanya satu saja yaitu abu-abu dengan outsoule warna merah muda. Bagian depan sepatu terbuat dari kulit anak sapi yang dibiarkan tanpa jahitan sehingga malah memberi kesan terlalu lembut.

Untuk mengimbangi tekstur yang soft, Nike melakukan cetak emboss di bagian ini dengan bentuk pola berlian, yang diharap menambah efek puntir saat mengenai bola dengan tendangan efek dan sekaligus untuk menambah kekuatan struktur kulit. Sedangkan bagian dalam Tiempo terbuat dari bahan foam yang efektif untuk menyerap kekuatan benturan. Bahan yang sama juga dipakai untuk bagian dalam lidah sepatu. 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Hasil Perbaikan dari Tiempo 7

Bagian sol Tiempo terbuat dari karet dengan pola tapak bawah simple yang kuat dan cocok untuk permukaan lapangan keras hingga permukaan aspal jalanan. Review dari Runrepeat menyebut keunggulan Tiempo adalah dalam kenyamanan bagian dalam, terutama di bagian tumit. Selain itu sepatu jenis ini juga punya gigitan dan traksi yang bagus untuk permukaan lapangan futsal keras yang setengah basah sekalipun. 

Sayangnya, dalam review ini tidak disebutkan seberapa kuat sambungan antara kulit bagian depan dengan sol karet setelah pemakaian satu minggu hingga tiga bulan pertama. Intensitas dan pola pemakaian rutin memang akan menentukan seberapa layak sepatu ini dianggap unggul dibanding produk pesaing. 

Bila dibandingkan dengan seri termurah seharga 300 ribuan buatan merek lokal di pasar daring dan offline Indonesia keunggulan Nike ada pada bagian atas sepatu yang terbuat dari kulit anak sapi. Pada sisi lain, merek-merek yang lebih murah, meski memiliki desain dan pilihan yang sama menariknya, nyatanya mereka tidak menggunakan bahan kulit melainkan material sintetik. 

Pada bagian sambungan bagian atas dan sol bawah sepatu futsal ini biasanya merek-merek pesaing menggunakan lem plus jahitan, sedangkan Nike hanya dilem dengan sistem pressing yang menggunakan suhu tinggi. Dari sejumlah pengguna diketahui bahwa biasanya pada bagian sambungan ini meski dijahit ternyata kulit sintetik cenderung mudah koyak dan justru kalah dari kekuatan benang yang mengiris bahan bagian atas. 

Pada Tiempo seri 7, faktor keunggulan kekuatan sambungan ini malahan mengurangi kenyamanan pemakai. Boothype menyebut Nike Tiempo Legend 7 memiliki bagian kulit depan yang terlalu tebal dan kaku dan saat tali sepatu diketatkan kulit ini justru menyakiti bagian tempurung kaki karena bagian sambungan dengan sol bawah menjadi kurang fleksibel.

 

 

3 dari 3 halaman

Digunakan Hanya untuk Bertanding

Keluhan yang sama sekarang tidak lagi muncul di seri 8 karena jenis calfskin yang digunakan sudah berbeda meski pola sambungan tetap sama. Selain itu di seri 7 bagian lidah sepatu dibuat dari bahan rajutan sedangkan sekarang terbuat dari bahan sintetik plus foam. Ada juga reviewer yang meragukan klaim Nike bahwa bagian depan atas sepatu terbuat dari kulit anak sapi dan mereka menyebut itu hanya kombinasi kulit kangguru yang dipadukan dengan bahan rajutan. Silakan dicek kembali ya soal ini saat akan melakukan pembelian.

Well, untuk user experience sharing yang lebih akurat sayangnya sedikit sekali pengguna di Jabodetabek yang bisa dimintai kesan mereka soal performa Nike Tiempo Legend 8. Kebanyakan pengguna serius mulai dari atlet hingga pemain amatir menyebut line up ini cenderung mereka pakai hanya untuk pertandingan sedangkan untuk berlatih mereka menggunakan merek lain yang lebih murah. 

Kesan umum yang didapatkan dari mereka soal sepatu futsal Nike termurah ini adalah sangat kokoh dan nyaman dipakai, bahkan saat baru dikeluarkan dari kotaknya. Biasanya untuk sepatu futsal merek lain bagian dalam baru terasa enak dipakai setelah pemakaian ketiga kali atau lebih karena bagian dalam terbuat dari bahan yang lebih murah sedangkan foam dan kulit Nike terasa lebih bersahabat dengan kaki. Bagaimana pembaca, berani naik tingkat dengan mencoba seri terendah sepatu futsal Nike ini atau sudah cukup puas dengan sepatu futsal yang lebih murah dan bisa lebih sering berganti-ganti sepatu di kelas harga yang murah saja?  

Topi Legenda Tinju Floyd Mayweather Tiba-tiba Diambil Youtuber Jake Paul, Gimmick Nih?

Video Populer

Foto Populer